Kurikulum Pendidikan Berbasis Akidah Islam: Bunda dan Sang Buah Hati (Part 2)

MuslimahZone.com – Dalam tulisan sebelumnya kita sudah membahas tentang pentingnya mendidik anak dengan basis akidah Islam. Maka inilah kurikulum yang dapat menjadi referensi dalam menerapkan pendidikan berbasis akidah Islam tersebut bagi anak usia dini dalam rentang usia 4- 5 tahun. Selamat membaca …

KEMAMPUAN SYAKHSIYAH DAN TSAQOFAH ISLAM

Bidang Pengembangan

  1. Aqidah;
    B. Fiqh (Akhlak, sosial dan kemandirian);
    C. Bahasa Arab;
    D. Al Qur’an;
    E. As Sunnah;
    F. Siroh Rasul;
    G. Sejarah Kaum Muslimin.
  2. Bidang Pengembangan Aqidah

Kemampuan Dasar

  • Anak dapat mengenal aspek rukun iman;
  • Anak dapat mengenal 5 aspek rukun islam dan cara beramal sholeh.

Hasil Belajar

  1. Anak Dapat Mengenal Aspek Rukun Iman
  • Anak dapat menyebutkan ciptaan Allah dan sifat-sifat-Nya;
  • Anak dapat menyebutkan nama malaikat dan tugas-tugas-Nya;
  • Anak dapat menyebutkan beberapa nama nabi dan rosul;
  • Anak dapat menyebutkan nama kitab suci umat islam;
  • Anak dapat mempercayai adanya hari akhir dan taqdir.

Indikator Perkembangan

  • Anak Dapat Menyebutkan Ciptaan Allah dan Sifat-sifat-Nya.
  • Anak mengenal dan percaya adanya Allah sebagai Al Khaliq (pencipta);
  • Anak mampu menyebutkan beberapa ciptaan Allah;
  • Anak dapat melafadzkan dan hafidz kalimat tauhid;
  • Anak mengenal beberapa sifat Allah (Asmaul husna);
  • Anak tertarik dalam beraktifitas untuk mendapat keridoan Allah;
  • Anak biasa bersyukur kepada Allah ketika mendapatkan banyaknya kenikmatan yang Allah berikan.
  • Anak Dapat Menyebutkan Nama Malaikat dan Tugas-tugasnya
  • Anak mampu menyebutkan 10 nama malaikat dan tugas-tugasnya.
  • Anak Dapat Menyebutkan Beberapa Nama Nabi dan Rasul
  • Anak mengenal nama beberapa nabi dan rosul;
  • Anak mengenal dan percaya Muhammad Saw sebagai nabi dan rasul terakhir.
  • Anak Dapat Menyebutkan Nama Kitab Suci Umat Islam
  • Anak mengenal Al Qur’an sebagai kitab suci umat islam.
  • Anak Dapat Mempercayai Adanya Hari Akhir dan Taqdir
  • Mengenal adanya hari kiamat serta mengenal dan percaya adanya taqdir.

 

  1. Hasil Belajar Anak Dapat Mengenal 5 Aspek Rukun Islam dan Cara Beramal Shaleh
  • Anak dapat mengucapkan dua kalimah syahadat;
  • Anak dapat melakukan gerakan shalat 5 waktu;
  • Anak dapat mengenal arti zakat, shodaqoh dan puasa.

Indikator Perkembangan

  • Anak Dapat Mengucapkan Dua Kalimah Syahadat
  • Anak mampu mengucapkan syahadat bagi Allah dan syahadat bagi rasul.
  • Anak Dapat Melakukan Gerakan Shalat 5 Waktu
  • Anak mengenal tahapan gerakan dalam shalat, mengenal waktu shalat dan jumlah rakaatnya dan mengenal bacaan shalat.
  • Anak Dapat Mengenal Arti Zakat, Shodaqoh dan Puasa
  • Anak mengenal praktek zakat fitrah;
  • Anak terbiasa melakukan shodaqoh;
  • Anak mengenal arti puasa secara benar;
  • Anak mengenal praktek berpuasa sampai pukul 10.00.
  1. Bidang Pengembangan Fiqh (Akhlaq, Sosial dan kemandirian)

Kemampuan Dasar

  • Anak memiliki akhlaqul karimah dalam aktivitas sehari-hari.

Hasil Belajar

  • Anak dapat mengenal tata cara berakhlaqul karimah kepada Allah;
  • Anak dapat mengenal tata cara berakhlaq/ berperilaku terhadap sesama;
  • Anak dapat mengenal tata cara berakhlaq/ berperilaku terhadap binatang dan alam;
  • Anak dapat mengurus diri sendiri;
  • Anak dapat menunjukkan rasa percaya diri dan bertanggung jawab, disiplin dan berani;
  • Anak mulai menunjukkan kepedulian terhadap orang lain.

Indikator Perkembangan

  • Anak Dapat Mengenal Tata Cara Berakhlaqul Karimah kepada Allah
  • Anak mampu menirukan suara adzan dan iqomah;
  • Anak berdo’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan;
  • Anak mengucapkan kalimat thoyyibah setelah mendengar, melakukan dan melihat sesuatu.
  • Anak Dapat Mengenal Tata Cara Berakhlaq/ Berperilaku terhadap Sesama
  • Anak berdo’a untuk kedua orang tua;
  • Anak mengucap maaf, minta tolong dan terima kasih;
  • Anak mampu menyatakan bersalah;
  • Anak mengekspresikan emosi secara wajar;
  • Anak tidak mengganggu teman yang sedang melakukan kegiatan;
  • Anak selalu bersikap ramah dan sopan;
  • Anak tidak cepat marah;
  • Anak mau saling membantu sesama teman;
  • Anak sabar menunggu giliran;
  • Anak senang memberi makan binatang;
  • Anak senang menyiram tanaman;
  • Anak senang menggunakan air seperlunya.
  • Anak Dapat Mengurus Diri Sendiri
  • Anak mencuci dan mengeringkan tangan sendiri;
  • Anak makan sendiri, ke kamar mandi sendiri dan minum sendiri dengan gelas;
  • Anak membuka pintu sendiri;
  • Anak menutup pintu sendiri;
  • Anak memilih pakaian sendiri;
  • Anak membuka dan memasang pakaian sendiri;
  • Anak menyisir rambut sendiri;
  • Anak membersihkan kotoran sendiri;
  • Anak menggosok gigi sendiri;
  • Anak memakai sepatu sendiri;
  • Anak pergi main ke rumah teman sendiri;
  • Anak pergi tidur sendiri;
  • Anak bangun tidur sendiri;
  • Anak membersihkan tempat tidur sendiri;
  • Anak melipat selimut sendiri;
  • Anak merapihkan mainan sendiri;
  • Anak menyimpan sepatu dan pakaian di tempatnya dengan rapi.
  • Anak Dapat Menunjukkan Rasa Percaya Diri dan Bertanggung Jawab, Disiplin dan Berani
  • Anak mengerjakan tugas sendiri;
  • Anak menunjukkan kebanggaan terhadap hasil kerjanya;
  • Anak mengerjakan tugas yang diberikan guru;
  • Anak mengerjakan tugas sampai tuntas;
  • Anak mengetahui barang milik sendiri dan orang lain;
  • Anak melaksanakan tata tertib yang ada di sekolah;
  • Anak mengikuti aturan permainan;
  • Anak mengembalikan mainan pada tempatnya;
  • Anak membuang sampah pada tempatnya;
  • Anak tepat waktu saat berangkat sekolah.
  • Anak Mulai Menunjukkan Kepedulian terhadap Orang Lain
  • Anak menggunakan barang milik orang lain dengan hati-hati;
  • Anak mau berbagi miliknya, misalnya mau berbagi makanan dan minuman;
  • Anak mau meminjamkan miliknya dengan senang hati;
  • Menunjukkan rasa empati terhadap orang lain.
  1. Bidang Pengembangan Bahasa Arab

Kemampuan Dasar

  • Anak dapat mengenal huruf hijaiyah dan kata dalam bahasa arab.

Hasil Belajar

  • Anak dapat mengenal huruf hijaiyah;
  • Anak dapat mengenal bahasa arab sederhana.

Indikator Perkembangan

  • Anak Dapat Mengenal Huruf Hijaiyah
  • Anak mengenal huruf hijaiyah;
  • Anak mampu menyebutkan huruf hijaiyah sesuai dengan makhrojnya;
  • Anak dapat menebalkan/menulis huruf hijaiyah;
  • Anak iqro/qiroati.
  • Anak Dapat Mengenal bahasa Arab Sederhana
  • Anak dapat mengenal beberapa kata dalam Bahasa Arab.

(bersambung)

Oleh : Ni’mah Sakinah

Profil Penulis: Beliau adalah Ibu Rumah Tangga (Ibu dari 4 orang anak); Pendidik di Home Schooling Group Khoiru Ummah 38 (HSG KU 38) Kota Sukabumi -Setingkat SD-; Pendidik di Madrasah Ibtida’iyah Mesjid Jami Sa’adatul Ummah; Pengisi Tetap Radio Siaran Pemerintah Daerah Sukabumi Citra Lestari 102,8 FM acara Kajian Islam Remaja (Kisra) On The Sky.

(fauziya/muslimahzone.com)

One Response

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk