Kulit Sehat dengan Scrub Gula Pasir

MuslimahZone.com – Gula Pasir, bahan dapur yang satu ini tidak hanya bisa membuat minuman dan makanan lebih enak. Meski banyak orang yang menghindarinya karena khawatir berat badan meningkat. Gula memang bisa membuat obesitas dan menimbulkan selulit. Pengaruhnya pada tekanan darah pun tak baik. Namun masih bisa dimanfaatkan untuk merawat kulit. Disamping mudah di dapat dan tidak terlalu membutuhkan biaya mahal, sama sekali scrub alami ini tidak menimbulkan efek samping. Tidak perlu repot bukan? Harus membeli scrub buatan pabrik kalau ada bahan alami yang bisa di manfaatkan yang sangat berguna untuk melembutkan dan membersihkan kulit.

Butiran gula yang tidak terlalu besar, tidak terlalu kecil, dengan tambahan cairan tertentu akan membuatnya menjadi halus. Butiran tersebut dapat membersihkan kulit tanpa menyebabkan iritasi. Berbeda dengan scrub garam yang sering meninggalkan ruam merah bahkan rasa kesemutan, gula lebih bersahabat dengan kulit. Kulit bersih dan halus adalah hasil akhirnya, itulah sebabnya jika gula pasir sangat cocok untuk dijadikan scrub.

Bagaimana cara membuat scrub gula? Caranya sangat mudah , cukup sediakan bahan, dua sendok makan gula pasir dan satu sendok minyak zaitun yang dicampur menjadi satu, kemudian basahi tubuh, lalu aplikasikan scrub di seluruh bagian tubuh. Gosok perlahan, terutama di daerah siku dan lutut. Bilas tubuh dengan air hingga sisa gula bersih, dan tidak perlu lagi memakai sabun. Keringkan tubuh dengan handuk bersih, bisa menggunakan scrub alami ini seminggu sekali. InsyaAllah bermanfaat.

Berikut beberapa manfaat  gula bagi kulit:

1. Mengangkat sel kulit mati

Gula dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Caranya, gunakan gula pasir sebagai scrub kulit. Untuk hasil lebih efektif, bisa ditambahkan air perasan lemon dan madu. Hasilnya, kulit bersih sempurna dan terlihat lebih kencang.
 
2. Melembutkan kulit

Scrub gula juga bisa menjaga kulit tetap lembut dan kenyal. Campurkan minyak zaitun ke dalamnya. Kandungan vitamin E dan asam lemak omega 3-nya secara alami mampu melembabkan kulit. Sedangkan gula, efektif membersihkan kulit hingga ke dalam pori-pori.

3. Menyeimbangkan kadar minyak

Gula mengandung dua komponen penting: asam glikolat dan asam alpha hidroksi. Komponen ini membantu menjaga keseimbangan kadar minyak di kulit. Hasilnya, kulit tidak terlalu kering atau terlalu berminyak.

4. Melindungi dari racun

Gula juga bisa digunakan sebagai bahan anti-penuaan alami. Menggosok kulit dengan gula pasir akan melindunginya dari racun yang merusak sel-sel kulit. Manfaat jangka panjangnya, memperlambat proses penuaan dan membantu menjaga kulit sehat serta awet muda.

Catatan dari Spesialis Kulit

Penggunaan gula pasir sebagai scrub ternyata dikritisi oleh dr. Ratna Komala Dewi, SpKK, MKes. Scrub gula pasir menurut Spesialis Kulit dan Kelamin ini bukan pilihan yang baik. Bahkan bisa menyakiti kulit.

“Menggunakan gula sebagai scrub tubuh atau muka bukanlah pilihan yang baik dan tepat, karena bentuk gula tidak homogen sedangkan scrub yang baik yang bentuknya bulat (homogen),” ujar dr. Ratna Komala Dewi SpKK, MKes saat diwawancarai Liputan6.com usai acara Launching of Sumber Ayu Lulur Mandi, di Commune Cafe and Bistro Jakarta, ditulis Jumat (30/8/2013).

Bentuk gula pasir yang kotak menurut dr. Ratna justru membuat guratan-guratan pada kulit serta dapat membuat rusaknya jaringan kulit. Dokter yang berpraktik di RKD’s Clinic ini mengatakan untuk melakukan scrubbing sebaiknya pilih scrub yang memang ukuran dan bentuknya tidak melukai kulit.

“Gula itu memang terlihat seperti bulat namun bentuknya itu kotak sehingga untuk dibuat scrub justru malah membuat tampilan kulit menjadi rusak,” jelasnya.

Untuk itu, pembuatan scrub gula pasir harus menggunakan gula yang halus. Bila perlu gunakan campuran minyak zaitun atau madu.

(esqiel/muslimahzone.com)

Komentar Anda

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Menikah Muda Why Not ?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Anak-anak dan Membaca
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Wanita Muslimah yang Tangguh
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Tips Kecantikan ala Aisyah Istri Nabi
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk