Kontes muslimah untuk siapa?

Muslimahzone.com – Bagi kita kaum muslimin tentu tahu kewajiban kita masing-masing. Mulai dari Syahadat, Shalat, Puasa, Zakat, dan Ibadah Haji, dan lain-lain. Salah satu dari kewajiban yang harus dilakukan adalah menutup aurat bagi para muslimah. Kewajiban menutup aurat tertuang dalam QS. Annuur : 31 dan QS. Al Ahzab : 59. Pada ayat-ayat tersebut, Allah SWT sudah tegas menjelaskan kewajiban para muslimah untuk memakai jilbab. Tutup aurat sesuai dengan Syariat Islam!.

Di tengah semangat para muslimah menutup aurat, marak kontes kecantikan khusus muslimah. Seperti Hijab Hunt 2012 yang diselenggarakan sebuah portal berita ternama bekerjasama dengan beberapa kosmetik dan desainer. Lalu World Muslimah Beauty 2012 yang akan dihelat 9-16 September ini di Jakarta.

Pemilihan duta muslimah tersebut digelar bersamaan dengan pertemuan para pengusaha bisnis syariah dunia bertajuk The 3rd Muslim World Biz 2012, yang akan dihadiri oleh delegasi negara anggota Organisasi Konferensi Islam serta para pelaku bisnis syariah dunia, pada 12-16 September di Jakarta.

Pada waktu bersamaan, Majalah Aulia mengupas edisi khusus jilbab (kerudung/busana muslimah), pembahasan dari sisi fikih (syarat busana muslimah), motivasi berbusana muslimah, lifestyle dan kritik terhadap penggunaan busana muslimah yang tidak memenuhi syarat fiqhiyah.

Kontes kecantikan muslimah bertujuan mencari ikon untuk dunia fashion muslimah. Pastinya tidak beda dengan kontes kecantikan pada umumnya, yang menjadi pemenang akan menjadi foto model, peragawati atau bintang iklan produk-produk muslimah seperti busana atau kosmetik. Si pemenang bak menjadi selebritis.

Fenomena menutup aurat di kalangan muslimah dijadikan ajang bisnis industri fashion yang memang menggiurkan. Kontes ini juga menguatkan opini yang selama ini dijadikan motto kalangan hijaber; “menutup aurat tapi tetap modis dan fashionable“. Akhirnya para muslimah juga cenderung konsumtif, karena berburu busana muslimah keluaran terbaru, yang up to date dan brandedkeluaran desainer/butik-butik ternama. Seolah menjadi modis dan trendy adalah kewajiban agar dikatakan tidak ketinggalan trend mode.

Relakah para muslimah jika dirimu dijadikan korban budak mode oleh musuh Islam, yang bisa menghancurkan agamamu dengan mengatasnamakan fashion?

Para muslimah harusnya menyadari bahwa mereka telah dieksploitasi oleh industri fashion, sehingga merasa wajib modis dan trendy. Menutup aurat yang paling utama adalah syarí. Sementara busana muslimah yang dijajakan industri fashion saat ini banyak yang tidak syarí. Berbusana muslimah tak hanya karena trend tapi mengerti hukum fikihnya, bagaimana pengertian jilbab dan kerudung yang sesungguhnya sesuai syariah?

Wallâhu a’lam bish-shawâb

Oleh: Henny (Ummu Ghiyas Faris)

(arrahmah.com/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk