Komunitas Suka Pendidikan Rumah (K’Super) Muslim Depok Sukses Menggelar Talk Show Bertema Homeschooling

DEPOK (Muslimahzone.com) – Satu Muharam kemarin, Komunitas Suka Pendidikan Rumah (K’Super) Muslim Depok menggelar talk show bertajuk Seru Sehari Bersama Praktisi Homeschooling. Talk show yang menghadirkan Kepala Bidang Pendidikan Formal dan Informal (Kabid PNFI) Dinas Pendidikan Kota Depok, tiga orangtua praktisi pendidikan rumah, dan anak-anak homeschooler dari K’Super Muslim ini, membahas serba-serbi homeschooling, mulai dari legalitas, kurikulum, kegiatan komunitas, dan lain sebagainya.

Acara yang diselenggarakan di Aula Gedung Perpustakaan Balai Kota Depok ini sukses mengambil perhatian para orangtua yang ingin tahu lebih jauh tentang homeschooling. Hal ini terbukti dari jumlah kuota yang terisi penuh, bahkan ada calon pendaftar yang akhirnya ditolak.

Dalam bincang santai yang dipandu oleh Ibu Gina Hendrawani -penulis buku Anakku Bukan Anakku- ini, Kabid PNFI Disdik Kota Depok, Bapak Dadang S., menjelaskan bahwa secara legalitas, homeschooling merupakan jalur pendidikan informal yang diakui sah secara hukum. Tiga narasumber lainnya, yakni Bapak Harry Santosa, Ibu Wulandari Ekasari, dan Ibu Ferani Ibrohim menjelaskan lebih jauh tentang apa itu homeschooling dan serba-serbinya.

Homeschooling bisa diartikan sebagai pendidikan berbasis keluarga, di mana visi misi pendidikan, kurikulum, tahapan, dan langkah-langkah yang ditempuh dikembalikan lagi kepada nilai-nilai pendidikan yang hendak dicapai oleh masing-masing keluarga. Jadi memang agak sulit untuk mendapatkan jawaban pasti dari pertanyaan, bagaimana sih homeschooling itu? Karena masing-masing keluarga homeschooler memiliki kekhasan sesuai dengan visi-misi pendidikan dan latar belakang keluarga tersebut.

Keluarga yang hendak menempuh jalur homeschooling, mau tidak mau harus mengerti dan menetapkan landasan pendidikan yang kokoh terlebih dahulu, sebab merekalah satu-satunya pihak yang akan bertanggung jawab dan melakukan evaluasi terhadap proses pendidikan anak-anaknya. Sementara komunitas, lebih bersifat mengokohkan nilai-nilai yang hendak dicapai tersebut, karena biasanya terbentuknya komunitas berangkat dari komitmen dan kedekatan nilai-nilai pendidikan yang hendak dicapai dari masing-masing keluarga homeschooler yang bergabung dalam komunitas itu. Yang kemudian terwujud dalam kegiatan-kegiatan bersama yang dilakukan.

Dalam acara ini, anak-anak homeschooler K ‘ Super Muslim juga dilibatkan dalam jalannya acara, ada Liv dan Kayyisa yang menjadi MC (Master of Ceremony), ada Danish yang mempresentasikan kegiatan-kegiatan K’Super Muslim, dan ada Basil yang mempresentasikan karya codingnya.

Acara juga dimeriahkan oleh Pasar Anak dari Komunitas Enterpreuneur Kids Indonesia yang biasa disingkat PAK EKI, penampilan gerak dan lagu oleh anak-anak kluster kecil K’Super Muslim, dan pertunjukan drama pendek Al Fatih oleh anak laki-laki kluster besar K’Super Muslim.

(esqiel/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk