Kisah Keluarga Bergaya Hidup Sehat dan Ramah Lingkungan : Keramas tanpa Sampo? Banyak Manfaatnya Lho! (Bag.III-habis)

Muslimahzone.com – Kali ini MuslimahZone akan berbagi tentang pengalaman Mbak Angelin Rike Mahendra yang sudah berhasil meninggalkan sampo kesayangannya, sampo yang menurutnya masih menghasilkan residu kimia sintetis. Berdasarkan yang ia alami dan rasakan, banyak lho manfaat berkeramas tanpa sampo. Apa sajakah itu?

  1. Terbebas setidaknya dengan zat-zat kimia buatan yang terkandung dalam sampo yang kabarnya akan masuk juga ke pembuluh darah kita dan punya efek negatif untuk kesehatan.
  2. Berperan dalam mengurangi limbah deterjen untuk bumi ini.
  3. Berperan mengurangi sampah plastik (botol sampo).
  4. Tak ada lagi cerita mata pedih kelilipan sampo :).
  5. Lebih hemat, bahkan air sisa keramas dapat ditampung untuk mengepel lantai.
  6. Rambut pun tidak pernah lepek sama sekali.
  7. Kalau masalah ketombe, sampai sekarang beliau akui pun masih ada tapi sedikit sekali (ini karena tipe rambut beliau yang memang sejak dulu berketombe dan berminyak). Ketombe itu pun muncul jika proses keramas dengan air yang beliau lakukan tidak optimal, misal karena terburu-buru, tidak dipijit-pijit sebagaimana keramas dengan sampo. Menurut beliau, paling nyaman memang keramas dengan shower, jadi tangan bebas memijat kepala sambil air mengaliri rambut.
  8. Jika anda punya anak, akan lebih gampang mengajarinya untuk mandi sendiri, karena simpel, hanya menggunakan air.
  9. Bagaimana dengan masalah bau kepala? Dari pengalaman beliau, kepala menjadi bau dan gatal hebat cuma di dua pekan awal-awal saja, setelah itu hilanglah bau itu.

Dan apakah Mbak Ike pernah terpikir untuk kembali menggunakan sampo? Bliau bilang, sampai detik ini ia tidak pernah berpikir untuk kembali ke sampo. Hatinya sudah terpatri pada keramas hanya dengan air.

Kemudian menurut beliau, jika sudah memulai gerakan ini dan ternyata setelah berbulan-bulan rambut masih terasa tidak nyaman, lantas apakah harus balik lagi ke sampo? tentu tidak, banyak sekali alternatif natural lainnya untuk benar-benar menghilangkan posisi sampo dalam kamar mandi kita. Beliau sendiri sudah mencobanya dan memang hasilnya jauh lebih baik daripada keramas hanya pakai air saja. Berikut alternatif lainnya yang sudah pernah  beliau coba :

  1. Baking soda kira-kira 1 sdt dicampur sedikit air sehingga membentuk pasta lalu jadikanlah itu sebagai ‘sampo’. Hasilnya, rambut terasa mengembang dan tidak lepek.
  2. Cuka apel kira-kira 1 sdm dicampur 2 sdm air, jadikanlah campuran ini sebagai ‘sampo’. Cuka apel seperti kondisioner rambut, menjadikan rambut lembut.
  3. Jika rambut cenderung berketombe, silahkan pakai minyak kelapa murni alias VCO (Virgin Coconut Oil) dengan cara pijat-pijat kulit kepala kurang lebih 3 menit supaya minyak kelapa meresap dan juga dapat merangsang pertumbuhan rambut. Menurut pengalaman beliau, VCO ampuh dalam memberantas ketombe. Beliau sudah mencobanya ketika anak beliau yang kecil Nah l, tiba-tiba garuk-garuk kepala. Ketika dilihat ada kerak putih dikulit kepalanya, lalu beliau pijat pakai VCO dan dilanjutkan keramas hanya pakai air dan voila! ketombe lenyap sama sekali alhamdulillah.

Lantas dimanakah kita bisa mendapatkan baking soda, cuka apel, dan VCO? Beliau memberikan saran, bahwa baking soda bisa didapatkan di toko bahan-bahan kue atau toko bahan kimia. Namun, pastikan baking soda yang kita beli merupakan baking soda murni yang belum dicampur bahan anti-kempal, seperti silicon dioksida. Sebagai muslim kita juga bisa bertanya tentang sertifikat halal dari baking soda yang kita beli kepada pedagangnya. Untuk cuka apel dan VCO, dapat dicari di apotik, pastikan pula agar cuka apel dan VCO yang kita sudah berlabel halal.

Kisah hidup sehat dan ramah lingkungan keluarga Mbak Ike bisa diikuti lebih lengkap dalam blog pribadi beliau https://rikemahendra.blogspot.com/

(esqiel/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
Secular Radicalism, The Real Blasphemy
Biasakanlah Anak Minta Izin Ketika Masuk Kamar Orangtua
Meraih Sifat Qana’ah
Hati-hati Terjebak Syirik Kecil
Babak Final Perjuangan Islam
Akhir Hidup Para Tiran
Jangan Sembarangan Menuduh Muslimah Sebagai Pelacur !
Memurnikan Keikhlasan
Ketika Istri Marah
Mengukur Kembali Rasa Cinta
Agar Bahagia, Sesuaikan Harapan Pernikahan Anda
Tips Menjalani LDM Bagi Suami Isteri
Mengapa Ayah Lebih Sabar daripada Ibu
Belajar Matematika Untuk Anak Usia Dini, Apa Dulu yang Diajarkan?
Pameran Kehebatan Anak
Apakah Pembicara Parenting Tak pernah Bermasalah dengan Anaknya?
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Mengenal Ulama Hadits Syu’bah bin Al-Hajjaj
Abdurrahman bin Auf ‘Manusia Bertangan Emas’
Ketika Bayi Menendang Perut Ibu
Menikmati Pengalaman Sebagai Ibu Menyusui
Dibalik Ketenaran Blewah di Bulan Ramadhan
Tetap Sehat Berpuasa Ketika Hamil
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Tips Merebus Telur yang Baik
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk