Ketika Ramadhan Memanggilmu Kembali

MuslimahZone.com – Ramadhan bersambut, iman pun terasa tergugah mengikuti panggilannya. Tak terasa, Ramadhan akan kembali datang menghampiri kita. Bulan yang akan menggugah rasa, memurnikan ibadah dan menggelorakan kembali keimanan yang layu seiring terpaan kesalahan dan kekhilafan.

Bulan Ramadhan adalah momentum penting bagi kita untuk kembali memahami hakikat kehidupan, bahwa Allah SWT sejatinya memberikan kesempatan pada hambanya untuk memenuhi seruan kebaikan, memetik amal dan memeroleh ampunan dari-Nya.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang didalamnya terdapat spirit kebaikan yang tak bisa kita dapatkan kesannya di bulan-bulan lainnya. Bukan hanya karena bulan ini merupakan bulan yang ALLAH berikan keutamaan didalamnya, melainkan di Bulan ini umat islam dari seluruh penjuru dunia juga sedang berlomba-lomba meraup amal kebajikan. Sehingga dari hari ke hari semangat beribadah menjadi lebih merasuk dan juga ternuansakan disekitar kita.

Bulan Ramadhan juga menjadi bulan yang sejatinya ditunggu-tunggu kehadirannya. Seperti halnya Nabi dan para sahabat terdahulu, yang semakin gencar beribadah ketika Ramadhan menjelang. Sehingga Ramadhan disambut dengan persiapan maksimal dan daya tahan yang tinggi. Ramadhan ketika itu, tidak sekedar dimaknai sebagai ladang ibadah dan ampunan saja, namun pemaknaannya juga sebagai penguat komitmen keimanan serta ketakwaan.

Berangkat dari hal tersebut, maka pemaknaan atas datangnya bulan Ramadhan tak berarti hanya menyambutnya dengan penuh kesenangan dan kebahagiaan, sebab yang tak kalah penting adalah persiapan.

Ramadhan yang berkualitas, sesungguhnya berangkat dari kesadaran dan juga persiapan yang matang dalam menjalaninya. Tak semua orang yang mendapatkan panggilan Ramadhan memaknainya dengan persiapan yang baik. Sebab banyak diantara kita yang bahkan tak melakukan persiapan apa-apa menjelang Ramadhan. Sehingga Ramadhan pun terlewat dengan begitu singkat dan tak bermakna.

Ramadhan yang baik adalah Ramadhan dengan persiapan. Pepatah mengatakan “Gagal merencanakan berarti merencanakan kegagalan”. Perumpamaan singkat yang akan menggambarkan bagaimana Ramadhan kita jikalau tanpa persiapan. Tak perlu dimaknai dengan hal yang berat, persiapan Ramadhan bahkan dapat kita lakukan sedari sekarang sembari mengisi waktu luang.

Sejatinya ibadah yang kemudian di biasakan akan menjadi bagian yang tak terlepaskan dari keseharian kita. Maka mari tingkatkan ibadah kita, menyambut Ramadhan bulan yang mulia. Dengan harapan, ketika Ramadhan menghampiri kita kembali di tahun ini, kita sudah bersiap dengan kesiapan yang baik sehingga Ramadhan yang kita lalui menjadi bulan Ramadhan yang optimal dengan amalan-amalan yang berkualitas.

Oleh: Nurfahmi Islami Kaffah

Sumber: fimadani.com

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk