Ketika Minuman Bersoda Menjadi Bumerang

Muslimahzone.com – Seorang wanita di New Zealand memiliki kebiasaan meminum Coca-Cola 10 liter per hari menjadi penyebab utama kematiannya, menurut seorang petugas yang memeriksa sebab kematian.

Memang, kematian adalah sesuatu yang telah ditakdirkan oleh Allah. Meskipun seseorang sehat-sehat saja, tetapi bila ajalnya telah datang ia tak bisa menolak kematian. Sebagai manusia, kita hanya dapat melihat sebab musababnya. Dan selama hidup berusaha untuk menjaga kesehatan.

Natasha Harris (30), seorang ibu dari delapan anak yang berasal dari Ivercargill di selatan New Zealand, meminum porsi besar minuman bersoda tersebut selama bertahun-tahun sebelum kematiannya pada 2010, kata David Crerar yang bekerja memeriksa sebab kematian orang, dilansir news.com.au.

Crerar mengungkapkan bahwa Harris menderita sejumlah gangguan kesehatan yang bisa terkait dengan jumlah “ekstrem” Coca-Cola yang ia teguk, yang ambil bagian dalam Aritmia Jantung (cardiac arrhythmia) yang dideritanya yang akhirnya “membunuh”nya.

Crerar mengatakan bahwa kebiasan Harris meminum Coca-Cola dalam jumlah banyak “adalah faktor besar yang berkontribusi terhadap perkembangan ketidakseimbangan metabolik yang menyebabkan aritmia.”

Seorang ahli patologi menemukan bahwa Harris, yang tidak mengkonsumsi alkohol, memiliki hati yang membesar akibat timbunan lemak yang disebabkan oleh kelebihan konsumsi gula dan tingkat potassium yang rendah pada darahnya, yang dapat mempengaruhi fungsi jantung.

Keluarga Harris mengatakan bahwa Harris mengeluhkan detak jantungnya yang cepat sebelum kematiannnya dan mereka menganggap penyebabnya adalah kecanduannya pada Coca-Cola, yang biasanya ia minum setiap hari saat terjaga.

“(Dia akan) gila jika kehabisan… dia akan gemetar, marah, gelisah…,” kata ibu mertuanya Vivien Hodgkisnon kepada pemeriksa kematian menantunya tahun lalu.

Keluarga Harris mengatakan kepada pemeriksa penyebab kematian bahwa semua gigi Harris telah tiada karena membusuk akibat konsumsi soft drink yang berlebihan dan setidaknya satu anaknya terlahir tanpa email pada giginya.

Crerar mengatakan keluarga Harris tidak menganggap kebiasan meminum Coca-Cola nya berbahaya bagi kesehatan, karena produk minuman bersoda yang terkenal di seluruh dunia itu tidak mencantumkan peringatakan kesehatan.

Dia menyarankan seharusnya “bahwa Coca-Cola memberikan pertimbangan dicantumkannya sarat kuantitas kafein pada label (dalam) produknya dan… menambahkan peringatan tepat terkait bahaya mengkonsumsi produk ini dalam jumlah berlebihan.”

Dia juga mengatakan pihak berwenang harus memeriksa apakah peringatan kesehatan dibutuhkan dan mempertimbangkan jumlah maksimum kafein yang dibolehkan dalam minuman berkarbonasi ini.

Namun Crerar tidak menyalahkan Coca-Cola atas konsumsi berlebihan yang diminum pelanggannya.

Bagaimanapun, minuman bersoda mengandung kafein. Zat ini sejak dulu dikenal sebagai zat yang mampu membuat orang ketergantungan. Meskipun kafein mempunyai efek positif terhadap tubuh, efek negatif kafein ternyata lebih banyak. Misalnya, membuat jantung berdebar, insomnia, tekanan darah rendah, dan lain-lain. (1)

Catatatan kaki: (1) https://doktersehat.com

(zafaran/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Menikah Muda Why Not ?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Anak-anak dan Membaca
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Wanita Muslimah yang Tangguh
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Tips Kecantikan ala Aisyah Istri Nabi
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk