Ketika Libur Lebaran Tiba

MuslimahZone.com – Musim liburan tiba. Masyarakat padat mengunjungi tempat-tempat wisata. Taman hiburan, kebun binatang, air terjun juga pantai menjadi tempat favorit walaupun hanya sekedar berkumpul dan makan bersama dalam mengisi liburan. Namun, banyak kita temui liburan yang diniatkan untuk menikmati kebersamaan dan bersenang-senang ternyata malah berbalik menjadi sebuah kesedihan.

Tidak asing lagi, setiap tahun kita disuguhkan berita di media terkait korban-korban yang jatuh ketika liburan tiba. Ada yang menjadi korban kecelakaan di jalan raya, kriminalitas, bahkan hilang karena terbawa ombak pantai. Keluarga yang ditinggalkan akhirnya menangis pilu di momen yang seharusnya menjadi kebahagiaan tersendiri bagi keluarga.

Memang tidak ada salahnya menikmati liburan, apalagi bersama keluarga. Berkumpul bersama karena mungkin di hari-hari biasa sulit karena kesibukan masing-masing anggota. Namun, sebelum pergi berlibur ke tempat-tempat wisata, apalagi yang memang selalu ramai oleh pengunjung, ada baiknya kita pikirkan terlebih dahulu manfaat dan mudharatnya.

Tempat ramai tentunya dikunjungi banyak orang dengan bermacam keperluan. Ada yang mempunyai niat baik, tentunya tidak terlepas juga dari yang mempunyai niat buruk. Oleh karena itu, kita harus benar-benar tahu tempat seperti apa yang akan kita kunjungi. Jangan sampai kita salah memilih tempat, apalagi jika tanpa sadar kita mengunjungi tempat wisata yang ternyata dilarang oleh agama. Misalnya, candi, kuil atau tempat-tempat ibadah umat agama lain.

Kemudian, kita juga harus mengetahui tentang kondisi jalan yang akan kita lalui. Jika perjalanan malah memakan waktu kita dikarenakan kemacetan yang panjang, bukankah sayang waktu yang terbuang. Padahal jika dimanfaatkan untuk kegiatan lain maka akan lebih bernilai.

Kita juga harus memikirkan tentang biaya yang akan dikeluarkan untuk liburan. Ongkos, bensin, tiket masuk misalnya dan biaya-biaya perbekalan lainnya. Jika memang sudah ada alokasi dana untuk itu maka tidak masalah, namun jika akhirnya malah memaksakan tetap pergi padahal kebutuhan lain yang lebih penting sudah menunggu, itu malah akan mempengaruhi anggaran ekonomi keluarga.

Liburan sebenarnya tidak harus pergi ke tempat-tempat wisata popular. Banyak aktifitas yang bisa kita manfaatkan saat liburan, yang penting kebersamaan yang tetap terjalin. Kalaupun memang harus pergi, kunjungilah tempat-tempat yang nyaman dan tidak terlalu ramai. Yang terpenting ketika berkunjung ada manfaat yang bisa dipetik, misalnya tempat yang bisa kita jadikan untuk tafakur alam. Menyelami keagungan Sang Pencipta atas alam semesta.

Lagipula, libur lebaran juga bukan satu-satunya hari libur. Jika memang sulit menikmati liburan di luar saat ini, insyaAllah masih ada waktu lain dimana suasananya lebih kondusif, tanpa kemacetan, tanpa keramaian yang justru membuat stress, bukankah tujuan berlibur adalah mencari ketenangan.

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
Secular Radicalism, The Real Blasphemy
Biasakanlah Anak Minta Izin Ketika Masuk Kamar Orangtua
Meraih Sifat Qana’ah
Hati-hati Terjebak Syirik Kecil
Babak Final Perjuangan Islam
Akhir Hidup Para Tiran
Jangan Sembarangan Menuduh Muslimah Sebagai Pelacur !
Memurnikan Keikhlasan
Ketika Istri Marah
Mengukur Kembali Rasa Cinta
Agar Bahagia, Sesuaikan Harapan Pernikahan Anda
Tips Menjalani LDM Bagi Suami Isteri
Mengapa Ayah Lebih Sabar daripada Ibu
Belajar Matematika Untuk Anak Usia Dini, Apa Dulu yang Diajarkan?
Pameran Kehebatan Anak
Apakah Pembicara Parenting Tak pernah Bermasalah dengan Anaknya?
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Mengenal Ulama Hadits Syu’bah bin Al-Hajjaj
Abdurrahman bin Auf ‘Manusia Bertangan Emas’
Ketika Bayi Menendang Perut Ibu
Menikmati Pengalaman Sebagai Ibu Menyusui
Dibalik Ketenaran Blewah di Bulan Ramadhan
Tetap Sehat Berpuasa Ketika Hamil
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Tips Merebus Telur yang Baik
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk