Ketika Libur Lebaran Tiba

MuslimahZone.com – Musim liburan tiba. Masyarakat padat mengunjungi tempat-tempat wisata. Taman hiburan, kebun binatang, air terjun juga pantai menjadi tempat favorit walaupun hanya sekedar berkumpul dan makan bersama dalam mengisi liburan. Namun, banyak kita temui liburan yang diniatkan untuk menikmati kebersamaan dan bersenang-senang ternyata malah berbalik menjadi sebuah kesedihan.

Tidak asing lagi, setiap tahun kita disuguhkan berita di media terkait korban-korban yang jatuh ketika liburan tiba. Ada yang menjadi korban kecelakaan di jalan raya, kriminalitas, bahkan hilang karena terbawa ombak pantai. Keluarga yang ditinggalkan akhirnya menangis pilu di momen yang seharusnya menjadi kebahagiaan tersendiri bagi keluarga.

Memang tidak ada salahnya menikmati liburan, apalagi bersama keluarga. Berkumpul bersama karena mungkin di hari-hari biasa sulit karena kesibukan masing-masing anggota. Namun, sebelum pergi berlibur ke tempat-tempat wisata, apalagi yang memang selalu ramai oleh pengunjung, ada baiknya kita pikirkan terlebih dahulu manfaat dan mudharatnya.

Tempat ramai tentunya dikunjungi banyak orang dengan bermacam keperluan. Ada yang mempunyai niat baik, tentunya tidak terlepas juga dari yang mempunyai niat buruk. Oleh karena itu, kita harus benar-benar tahu tempat seperti apa yang akan kita kunjungi. Jangan sampai kita salah memilih tempat, apalagi jika tanpa sadar kita mengunjungi tempat wisata yang ternyata dilarang oleh agama. Misalnya, candi, kuil atau tempat-tempat ibadah umat agama lain.

Kemudian, kita juga harus mengetahui tentang kondisi jalan yang akan kita lalui. Jika perjalanan malah memakan waktu kita dikarenakan kemacetan yang panjang, bukankah sayang waktu yang terbuang. Padahal jika dimanfaatkan untuk kegiatan lain maka akan lebih bernilai.

Kita juga harus memikirkan tentang biaya yang akan dikeluarkan untuk liburan. Ongkos, bensin, tiket masuk misalnya dan biaya-biaya perbekalan lainnya. Jika memang sudah ada alokasi dana untuk itu maka tidak masalah, namun jika akhirnya malah memaksakan tetap pergi padahal kebutuhan lain yang lebih penting sudah menunggu, itu malah akan mempengaruhi anggaran ekonomi keluarga.

Liburan sebenarnya tidak harus pergi ke tempat-tempat wisata popular. Banyak aktifitas yang bisa kita manfaatkan saat liburan, yang penting kebersamaan yang tetap terjalin. Kalaupun memang harus pergi, kunjungilah tempat-tempat yang nyaman dan tidak terlalu ramai. Yang terpenting ketika berkunjung ada manfaat yang bisa dipetik, misalnya tempat yang bisa kita jadikan untuk tafakur alam. Menyelami keagungan Sang Pencipta atas alam semesta.

Lagipula, libur lebaran juga bukan satu-satunya hari libur. Jika memang sulit menikmati liburan di luar saat ini, insyaAllah masih ada waktu lain dimana suasananya lebih kondusif, tanpa kemacetan, tanpa keramaian yang justru membuat stress, bukankah tujuan berlibur adalah mencari ketenangan.

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
MHTI Kembali Menyelenggarakan Kongres Ibu Nusantara (KIN)
Miris, Pasca Gempuran ke Aleppo Jokowi Malah Tanda Tangan Kerjasama dengan Iran
Keutamaan Ilmu
Tata Cara Mandi Haid dan Mandi Junub
Peran besar muslimah dalam dakwah Islam
Aroma Mewangi Minyak Kasturi
Neraka Jahannam Sepanjang Hidup, Surga Sepanjang Hidup
Rizki di Tangan Allah
Pada Suatu Titik
Mencari Jalan Pulang
Jodoh : Memilih Atau Dipilih ?
Ketika Istri Merasa Tidak Bisa Membahagiakan Suami
Pastikan Izin Suami Jika Ingin Menjalankan Shaum Sunnah
Satu-satunya Cinta yang Perlu Ada dalam Pernikahan bahkan dalam Kehidupan
Kenapa Anakku Susah Banget Sih Disuruh Sholat?
Aku Peduli Iman Anakku
Anak Sukses Bermula dari Bangun Pagi
Jangan Sia-Siakan “Masa SMA”
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
Kisah Si Kaya dan Si Miskin (Pemilik Dua Kebun: Surat Al-Kahfi 32-44)
Gubernur Al-Hajjaj dan Pelajaran untuk Penguasa Durja
Nilai Ketaatan Isteri pada Suami
Nenek Penjaga Wahyu Al-Qur’an
Cara Mengatasi Anak Susah Makan
Asam Lambung Naik, Coba Obat Alami Ini
Popok Bayi Sekali Pakai VS Popok Kain
Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?
Tips Merebus Telur yang Baik
Tips Meningkatkan Minat Membaca Buku
7 Tips Menyapih Anak
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
Tips Merebus Telur yang Baik
Resep Aneka Olahan Singkong
Nikmatnya Pangsit Kuah Hangat Buatan Sendiri
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga