Ketika Ibu Merasa Sendiri Mendidik Anak

Muslimahzone.com – Merasa sendiri mendidik anak tanpa kerjasama ayah akan mematikan akal ibu. Perasaan ini akan melemahkan jiwa dan menambah sulit dalam mendidik dan membuat interaksi ayah bunda dan anak semakin rumit. Bisa jadi ayah punya banyak alasan untuk tidak terlibat dalam mendidik anak, terkesan kurang peduli dan dukungan. Bisa juga karena alasan lainnya yang membuat ibu serasa beban sendiri padahal anak adalah anak berdua.

Misalkan karena alasan capek bekerja seharian ayah ingin istirahat bahkan ingin dilayani keperluannya sehingga tidak mau lagi dibebani dengan urusan anak-anak.

Ada juga karena anak-anak memang tidak mau belajar sama ayah karena pendekatan ayah memang kurang, melihat anak-anaknya tetap memilih ibu sebagai guru menjadi alasan bagi ayah untuk tidak mengambil bagian mendidik.

Bisa jadi ayah tidak mau direpotkan dengan kerewelan anak-anak karena itu akan mengganggu konsentrasi kerjanya bahkan istirahatnya. Apalagi bila dihadapkan pada masalah mendidik yang meminta kurasan pikiran, waktu dan tenaga ayah.

Boleh jadi ayah memang belum memahami akan tanggung jawab agung ini dan cenderung menganggap itu tugas ibu saja, nafkah tugas ayah jangan libatkan ayah dalam mendidik karena ayah di kantor juga sudah stress jangan dibebani lagi. Dan banyak lagi alasan lainnya.

Bagaimana seorang ibu jika merasa berat sendiri menanggung pendidikan anak? Maka keluarkanlah sebesar-besarnya motivasi ruhiyyah, motivasi dimana ada sebuah kesadaran berhubungan dengan Allah bahwa anak adalah amanah yang agung, dipertanggungjawabkan dan jalan ke surga ‘Adn.

Jadikan pendidikan terbaik yang diberikan pada anak dapat dilihat nyata oleh ayahnya dan dapat dirasakan sehingga ayahpun dapat merasakan kebahagiaan melihat anak-anaknya yang tangguh.

Jangan merusak keikhlasan walau setitik dengan selalu menekan ayah terlibat dalam pendidikan anak-anak bila mana ayah belum memiliki kesadaran sendiri, memaksanya akan membuat suasana tambah tidak nyaman.

Carilah strategi-strategi cerdas untuk berdiskusi dengan ayah tentang pendidikan dan bujukan-bujukan yang menyentuh akal dan rasanya dalam suasana bahagia agar ayah dapat terseret dalam proyek besar mendidik anak yang ibu buat.

Lakukan saja apa yang sudah ibu program untuk anak-anak dan buatkan bagian khusus untuk ayah dimana saat-saat ayah memang bisa menyediakan waktu dan kesempatan untuk itu. Misal saat shalat di mesjid, saat bisa kuliah subuh, saat bercerita dll.

Seiring dan sejalan dengan pendidikan yang bunda realisasikan, jangan segan minta saran dan pendapat pada ayah dengan memposisikannya sebagai pemimpin dalam rumah tangga.

Sejatinya ketangguhan seorang ibu terpancar di saat berhadapan dengan stiuasi seperti ini. Jadilah pribadi tangguh di mata sang ayah.

Yanti Tanjung, Penulis buku parenting ‘Menjadi Ibu Tangguh’

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk