Ketahuilah Kesiapan Dia!

MuslimahZone.com – Meski hasrat berkeluarga sudah begitu menggebu. Meski dia sangat menginginkanmu. Namun, jangan sekali-kali memasuki kehidupan yang baru bersamanya jika tak ada kesiapan yang matang padanya.  Syaikh Muhammad Barakat memberikan beberapa indikator kesiapan seorang pria untuk menikah. Berikut ini syarat-syarat yang dipaparkan pada buku ‘Pria & Wanita dalam Satu Gerbong’:

  1. Jika pria benar-benar bertekad untuk mengatur pola hidupnya sebaik-baiknya, sehingga ia memiliki kehidupan yang teratur, memiliki prioritas amal dan kehidupan yang berkualitas.
  2. Jika pria siap melepas sebagian kebebasannya demi memperoleh berbagai kesenangan dan kegembiraan, serta apa-apa yang akan diberikan istrinya dalam upaya istri membahagiakan dirinya.
  3. Jika pria telah melatih dirinya untuk bermurah hati dan berlapang dada dan siap mendengar pendapat yang berbeda dengan pendapatnya.
  4. Jika pria merasa sangat memerlukan orang lain yang sangat istimewa dari teman-temannya yang lain, orang yang akan menjadi tempat mencurahakan isi hatinya dan apa-apa yang tersembunyi dalam dadanya.
  5. Jika pria siap mengahdapi rasa cemburu istrinya kelak, dan bagaimanapun tetap bekerja sama dengannya. Dan siap pula mengatasi rasa cemburunya terhadap istrinya.
  6. Jika pria telah memutus hubungan di masa lalu yang tidak patut dilanjutkan, demi menghormati kesucian pernikahannya dan kesucian istinya.
  7. Jika pria mencintai anak-anak dan ingin memiliki mereka serta memikul tanggung jawab pendidikan mereka, dengan sikap ridha menerima kehadiran mereka, dan siap menjadi kepala keluarga.
  8. Jika pria rela menerima keluarga istrinya, dan menganggap sebagai keluarga keduanya. Ia rela pula mempererat jalinan-jalinan cinta dan persaudaraan antara keluarga istrinya dengan keluarga asalnya.
  9. Jika pria siap tidak egois, bahkan memberikan pengobanan apapun, meski ia meyakini adanya perbedaan anta keluarga baru yang akan ia bangun dengan keluarga dimana ia tumbuh.
  10. Jika pria percaya diri mampu hidup sepanjang hayatnya dengan wanita yang sudah dipilihnya. Ia rela bergaul dan ikhlas berteman dengannya.
  11. Jika pria telah terbebas dari semua hal yang menjadi kesukaan buruknya, seperti mabuk-mabukkan, perjudian, atau permainan apa saja yang berdosa dan melalaikan.
  12. Jika pria siap mempercayai bahwa istirnya adalah manusia biasa. Oleh karena itu, lumrah saja jika ada beberapa aib menempel padanya, dan ia tetap mampu bergaul dengannya serta berusaha memperbaikinya dengan sabar.
  13. Jika pria siap menghadapi berbagai duri pernikahan, yang berkaitan dengan teman dan kerabat. Ini memang termasuk hal-hal yang bisa mengancam ketentraman rumah tangga, terutama jika mereka ada keinginan uantuk mencampuri urusan rumah tangga orang lain, sedang sang pria ingin mempertahankan rumah tangganya.

Setelah itu semua, yakni apabila pria tersebut telah memenuhi syarat-syarat di atas, maka dengan bertawakal kepada Allah, menikahlah dengannya. Dan, percayalah bahwa atas izin Allah ia akan bisa menjadi suami yang sangat akan membahagiakanmu. Wallahua’lam.

(esqiel/muslimahzone.com)

Komentar Anda

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Menikah Muda Why Not ?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Anak-anak dan Membaca
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Wanita Muslimah yang Tangguh
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Tips Kecantikan ala Aisyah Istri Nabi
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk