Keputrian BKIM IPB Menyelenggarakan Seminar Nasional Perempuan

MuslimahZone.com –  Dalam rangka menyamakan persepsi tentang kesuksesan hidup bagi perempuan, Departemen Keputrian Badan Kerohanian Islam Mahasiswa (BKIM) Institut Pertanian Bogor menyelenggarakan acara Seminar Nasional Perempuan yang bertajuk “Perempuan Idaman : Sukses Berkarya Membangun Peradaban”. 

Acara yang bertempat di Auditorium Andi Hakim Nasoetion Institut Pertanian Bogor ini dihadiri oleh 270 orang perempuan yang berasal dari berbagai kampus di Kota Bogor. Bahkan peserta ada yang berasal dari Institut Teknologi Bandung (ITB). 

“ Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para perempuan bahwa standar kesuksesan bagi perempuan adalah ketika dirinya berhasil menjalankan peran dan kewajibannya sebagai ummu wa rabbatul bait, bukan dilihat dari bagusnya karir dan tingginya pendapatan dari hasil bekerja. Apalagi sampai harus menyamakan kedudukan dalam ranah publik dengan laki-laki. “ Kata Rika Novita Sari selaku ketua pelaksana acara kepada muslimahzone.com, Ahad (26/4/2015). 

“Perempuan sejatinya adalah pendidik yang akan melahirkan generasi-generasi yang kelak menjadi penerus bangsa. Maka harapannya setelah mengikuti acara seminar ini mereka bisa menyampaikan pemahaman yang di dapatkan dari acara ini kepada perempuan-perempun lain di luar sana”. Lanjutnya ketika ditemui seusai acara tersebut. 

Dalam acara ini, hadir Emeralda Noor Achni atau yang biasa dikenal dengan Benefiko, seorang visual grafis di Al-Fatih studio dan juga owner Hijab Alila sebagai pembicara pertama. Dedeh Wahidah Ahmad yang merupakan koordinator Lajnah Tsaqofiyah MHTI sebagai pembicara kedua dan seorang psikolog, Zulia Ilmawati sebagai pembicara ketiga. 

11160567_752389701544979_1634094903329435596_n

Dalam sesi talk show, Emeralda mengungkapkan bahwa orientasi kesuksesan adalah mendapatkan ridha Allah SWT. Jika kewajiban dan peran-peran manusia dijalankan maka pasti ridha Allah akan didapatkan. Bagi perempuan, mendapatkan pekerjaan yang sesuai keahlian pun tidak menjamin akan mendatangkan kebahagiaan. Karena pada kenyataannya fitrah perempuan adalah sebagai ummu wa rabbatul bait. Oleh karena itu, jika kita ingin menjadi wanita idaman surga, maka tetaplah istiqamah dalam kebaikan dan menyebarkan kebaikan. 

Dalam sesi seminar, Dedeh Wahidah Ahmad mengungkapkan bahwa kaum perempuan bukan sekedar perlu skill tetapi juga perubahan. Oleh karena itu, perempuan harus mencapai kesuksesan dunia dan akhirat. Sukses di dunia adalah hidup dalam ketaatan terhadap syariah sedangkan kesuksesan di akhirat adalah masuk surga.

Adapun Zulia IImawati mengungkapkan bahwa Perempuan bisa dilihat dari dua dimensi, dimensi pertama adalah sebagai hamba Allah yaitu perempuan diciptakan untuk beribadah, terikat kepada hukum syara dan wajib berdakwah. Adapun dimensi kedua adalah perempuan sebagai perempuan itu sendiri yaitu perempuan berperan sebagai anak, sebagai istri sholehah yang menjadi teman sekaligus sahabat yang menguatkan suami serta sebagai ibu bagi anak-anaknya. 

“Kesuksesan adalah dicapainya kebahagiaan. Menurutnya, kebahagiaan itu adalah ketika keinginan tercapai dan fitrah terpenuhi. Maka agar keinginan dan fitrah selaras, maka pastikan keinginan itu berada diatas fitrah,” lanjutnya dalam acara tersebut. 

Sebagai closing statement, Dedeh Wahidah dan Zulia Ilmawati mengungkapkan bahwa untuk menjadi wanita idaman, maka perempuan harus rajin ngaji, rajin dakwah dan rajin belajar. 

Acara ini menuai reaksi positif dari peserta. Beberapa testimoni dari peserta menyatakan bahwa mereka sangat termotivasi untuk menjadi wanita idaman, wanita yang dirindui surga.

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
Pesta Seks Bukan Nikmat Terbesar di Surga
Secular Radicalism, The Real Blasphemy
Biasakanlah Anak Minta Izin Ketika Masuk Kamar Orangtua
Meraih Sifat Qana’ah
Babak Final Perjuangan Islam
Akhir Hidup Para Tiran
Jangan Sembarangan Menuduh Muslimah Sebagai Pelacur !
Memurnikan Keikhlasan
Ketika Istri Marah
Mengukur Kembali Rasa Cinta
Agar Bahagia, Sesuaikan Harapan Pernikahan Anda
Tips Menjalani LDM Bagi Suami Isteri
Mengapa Ayah Lebih Sabar daripada Ibu
Belajar Matematika Untuk Anak Usia Dini, Apa Dulu yang Diajarkan?
Pameran Kehebatan Anak
Apakah Pembicara Parenting Tak pernah Bermasalah dengan Anaknya?
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Mengenal Ulama Hadits Syu’bah bin Al-Hajjaj
Abdurrahman bin Auf ‘Manusia Bertangan Emas’
Ketika Bayi Menendang Perut Ibu
Menikmati Pengalaman Sebagai Ibu Menyusui
Dibalik Ketenaran Blewah di Bulan Ramadhan
Tetap Sehat Berpuasa Ketika Hamil
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Tips Merebus Telur yang Baik
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk