Kegiatan Ramadhan Untuk Seorang Ibu

MuslimahZone.com – Seorang Ibu sering merasa putus asa dari tujuan yang mereka tetapkan di bulan Ramadhan karena mereka sering menetapkan tujuan yang tinggi dalam ibadah. Seringkali pula tujuan yang ditetapkan, akhirnya tidak benar-benar terpenuhi. Jika memang Anda telah menetapkan tujuan maka jangan berkecil hati, sesuatu yang normal jika Anda tidak dapat melakukannya karena gangguan. Perempuan mungkin akan menyaksikan laki-laki berangkat tarawih, mereka juga akan menyaksikan perempuan lain tanpa anak dapat membaca Al Quran lebih banyak daripada mereka sendiri. Semua ini memang dapat mengecewakan dan membuat mereka ingat saat mereka tidak memiliki anak-anak.

Pengorbanan seorang ibu untuk membesarkan anak-anaknya adalah pekerjaan yang begitu mulia dan tidak ada ibadah lain yang menyamainya. Asma ra. pernah bertanya kepada Nabi shalallahu alaihi wasallam. : ‘Ya Rasulullah, semua orang telah mengambil manfaat dari setiap ibadah berjamaah sementara perempuan terbatas di rumah mengurus anak-anak mereka.’ Lalu Nabi menjawab bahwa mengurus rumah dan suami adalah setara pahalanya dengan semua perbuatan tersebut.

Membesarkan anak-anak untuk ummat adalah berkah besar bagi seorang ibu. Oleh karena itu, dia harus memperbaharui niatnya setiap hari bahwa perjuangannya adalah demi Allah subhanahu wa ta’ala dan berdasarkan tujuan ini ia akan mendapatkan pahala yang besar.

Ketika ibu tidak dapat memenuhi target, Setan mempengaruhi mereka dan membuat mereka merasa tidak mampu. Trik ini menyebabkan kurangnya Barakah di bulan Ramadhan. Ingatlah, Sunnah adalah untuk tetap konsisten bahkan dengan upaya kecil sekalipun. Misalnya, jika anak-anak tidur siang, bacalah Al Quran dan lakukan nawafil tambahan atau meng-qada ibadah fardhu yang terlewat. Menghafal Al Quran juga dapat dilakukan karena membawa berkah yang luar biasa dan dapat meningkatkan hubungan kita dengan Al-Quran. Ampunan Allah bagi orang yang mendengarkan, sehingga tetaplah dekat dengan Al Quran di bulan Ramadhan bahkan ketika sibuk dengan tugas-tugas lainnya sekalipun.

Di antara hal-hal lain yang dapat dilakukan seorang ibu yaitu sebagai berikut:

– Tetap sibuk dzikir.

Allah SWT berfirman: ‘ Ingatlah Aku, maka Aku akan mengingatmu.’ Semakin banyak seorang ibu mengingat Allah SWT saat memasak, membersihkan rumah, makan dan bekerja maka semakin Allah akan memberkahi mereka dengan Rahmat-Nya.

– Tambahkan sunnah-sunnah kecil dalam kehidupan sehari-hari seperti melakukan miswak, mengucapkan salam, dan sebagainya.

– Tingkatkan do’a.

Iftar dan sahur waktu yang baik untuk berdo’a. Salah satu doa misalnya, ‘Ya Allah, ini adalah bulan ketika pintu neraka ditutup dan begitu pula jalan menuju itu. Aku mohon ya Allah hapuslah jalan dalam hidupku yang dapat mengarahkanku ke api neraka .

– Sertakanlah setiap tindakan dengan niat yang baik dan tingkatkanlah perbuatan baik itu. Lebih banyak tersenyum, lebih banyak ibadah dengan anak-anak, shalat tahajud bersama keluarga dan amalan baik lainnya.

– Kurangi waktu di dapur, terlalu banyak memasak kurang meningkatkan ibadah. Ramadhan adalah waktu untuk memberi makan jiwa, bukan tubuh.

– Selalu tetap dalam keadaan wudhu. Menurut Hadis, 70.000 malaikat bersama orang yang selalu dalam keadaan wudhu.

– Menjadi orang yang lebih baik dan melakukan apa yang Anda sukai apakah itu membaca Al Quran, berdoa atau melakukan dakwah sehingga dapat meningkatkan produktifitas diri Anda sendiri.

– Menjalin kedekatan sebagai sebuah keluarga. Anak-anak meniru tindakan orang tua yang menciptakan pengaruh positif bagi perilaku mereka.

Kegiatan di bulan Ramadhan untuk anak-anak:

–  Menggunakan cerita dalam Al quran. Anda dapat menulis cerita dan membacanya bersama.

– Anak-anak dapat membuat jurnal kegiatan Ramadhan mereka.

– Mengajak anak-anak untuk mengikuti program Ramadhan.

– Pergi ke perpustakaan dan biarkan anak-anak sibuk sendiri dengan buku-buku dan Anda dapat sibuk dengan Al Quran.

– Menghidupkan kembali Sunnah. Mengajak anak tidur di tengah hari.

Terakhir, berbicara tentang cinta Allah ta’ala. Tunjukkan juga rasa cinta dan kasih sayang kepada keluarga. Menghargai tindakan-tindakan kecil dari kebaikan yang dilakukan oleh anak-anak dan meningkatkan juga perbuatan baik bagi Anda sendiri walaupun kecil seperti memberikan sedekah kepada orang miskin, berbagi dengan tetangga dan lainnya.

Semoga Allah subhanahu wa ta’ala memudahkan semua ibu untuk memanfaatkan sebagian besar bulan Ramadhan dengan kebaikan. Ingat, ini bukan tentang kuantitas, melainkan kualitas.

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
Secular Radicalism, The Real Blasphemy
Biasakanlah Anak Minta Izin Ketika Masuk Kamar Orangtua
Meraih Sifat Qana’ah
Hati-hati Terjebak Syirik Kecil
Babak Final Perjuangan Islam
Akhir Hidup Para Tiran
Jangan Sembarangan Menuduh Muslimah Sebagai Pelacur !
Memurnikan Keikhlasan
Ketika Istri Marah
Mengukur Kembali Rasa Cinta
Agar Bahagia, Sesuaikan Harapan Pernikahan Anda
Tips Menjalani LDM Bagi Suami Isteri
Mengapa Ayah Lebih Sabar daripada Ibu
Belajar Matematika Untuk Anak Usia Dini, Apa Dulu yang Diajarkan?
Pameran Kehebatan Anak
Apakah Pembicara Parenting Tak pernah Bermasalah dengan Anaknya?
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Mengenal Ulama Hadits Syu’bah bin Al-Hajjaj
Abdurrahman bin Auf ‘Manusia Bertangan Emas’
Ketika Bayi Menendang Perut Ibu
Menikmati Pengalaman Sebagai Ibu Menyusui
Dibalik Ketenaran Blewah di Bulan Ramadhan
Tetap Sehat Berpuasa Ketika Hamil
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Tips Merebus Telur yang Baik
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk