Islam Muncul, Kedudukan Wanita Terangkat

MuslimahZone.com – Seperti yang kita ketahui bahwa pada zaman jahiliyah kedudukan wanita itu sangat hina. Setiap keluarga yang melahirkan bayi perempuan akan merasa malu dan segera menguburnya hidup-hidup.

Diriwayatkan, seorang lelaki sahabat Rasulullah SAW nampak susah di hadapan beliau. Kemudian Rasulullah SAW bertanya kepadanya, “Mengapa engkau bersedih?”

Orang itu menjawab, “Ya Rasulullah, saya telah berbuat dosa di zaman jahiliyah, apakah Allah akan mengampuni jika saya masuk Islam?.”

Baginda berkata, “Ceritakanlah kepada saya tentang hal itu.”

Orang itu berkata, “Ya Rasulullah, saya termasuk antara orang-orang yang membunuh anak-anak perempuan. Tatkala saya mendapat anak perempuan, isteri saya memohon agar membiarkannya. Saya pun membiarkannya sampai besar dan menjadi wanita yang paling cantik. Orang-orang meminangnya. Timbul rasa bangga dalam diriku dan hatiku tidak mengizinkan untuk menikahkannya dan membiarkannya di rumah tanpa nikah.

Saya berkata kepada istri saya bahwa saya ingin pergi ke suku lain untuk mengunjungi para kerabat dan ingin membawa putri kami. Istri saya gembira mendengar hal itu dan menghiasinya dengan baju indah dan perhiasan. Ia minta agar saya berjanji untuk tidak mengkhianatinya.

Saya pergi bersamanya menuju tepi sebuah sumur. Kemudian saya memandang ke dalam sumur itu. Anak perempuan itu mengerti, saya akan melemparkannya ke dalam sumur. Ia pun memelukku dan mulai menangis seraya berkata, “Wahai ayahku, apakah yang akan engkau lakukan terhadapku?” Saya terus memandang ke dalam sumur dan memandangnya pula hingga syaitan mengalahkan saya, lalu ku pegang dia dan ku campakkan ke dalam sumur kemudian ia berteriak di dalam sumur, “Wahai ayah, engkau telah membunuhku!” Saya menunggu sampai suaranya hilang, kemudian pulang.

Mendengar itu menangislah Rasulullah SAW dan para sahabatnya. Lalu Rasulullah berkata “Seandainya saya disuruh menghukum seseorang lantaran perbuatan yang dilakukan pada zaman jahiliyah, pasti saya menghukummu.”

Setelah kedatangan Islam, martabat kaum wanita diangkat dan dimuliakan. Mereka mempunyai hak-hak tertentu di dalam kehidupan. Begitu adilnya Islam terhadap kaum wanita dan telah membebaskan mereka dari penindasan yang telah sekian lama membelenggu mereka.

Kedudukan wanita sama dengan pria dalam pandangan Allah SWT sebagaimana firmannya, “Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar,” (QS Al-Ahzab:35).

Kemudian dalam ayat lain dijelaskan, “Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi Para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui segala sesuatu,” (QS. An-Nisa : 32).

Ajaran islam sendiri memberi kedudukan dan penghormatan yang tinggi kepada wanita. Beberapa bukti yang menguatkan dalil bahwa ajaran Islam memberikan kedudukan tinggi kepada wanita, dapat dilihat pada banyaknya ayat Alquran yang berkenaan dengan wanita. Bahkan untuk menunjukkan betapa pentingnya kedudukan wanita, dalam Alquran terdapat surah bernama An-Nisa, artinya wanita.

(fauziya/islampos/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk