Inilah Pengaruh Nutrisi Ibu Hamil Terhadap DNA Janin

MuslimahZone.com – Mengkonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang dan kaya akan berbagai zat yang penting bagi bunda dan janin adalah salah satu cara untuk menjalani kehamilan yang sehat. Selain membantu bunda melewati 9 bulan masa kehamilan yang cukup berat, nutrisi yang baik juga akan mempengaruhi si kecil, bahkan cucu kita kelak.

Nutrisi ibu hamil vs kecerdasan anak

Bagaimana bisa? Penelitian terbaru mengindikasikan bahwa nutrisi yang kita asup sebelum dan selama kehamilan dapat mengubah gen janin yang kita kandung. Penelitian lain juga menyebutkan bahwa nutrisi akan mempengaruhi seluruh sel dari janin yang sedang berkembang, termasuk sel telur dan sperma. Hal ini membuktikan kaitan yang erat antara nutrisi yang diasup ibu dengan faktor genetik yang akan mempengaruhi kehidupan anak dan cucu kita di masa mendatang hingga 2 generasi.

Pada dasarnya, gen memang tidak dapat diubah, namun zat-zat kimia yang terkandung dalam makanan yang masuk ke tubuh kita bisa mempengaruhi cara kerja gen. Zat-zat tersebut dapat membuat gen tertentu bekerja sementara gen lain berhenti bekerja. Kira-kira sama seperti saklar yang bisa menghidupkan dan memadamkan bola lampu.

Penilitian seputar nutrisi ibu hamil dan kecerdasan anak

Pengaruh nutrisi yang diasup ibu sebelum kehamilan terhadap DNA janin telah dibuktikan dalam sebuah penelitian terhadap para wanita di pedesaan Gambia. Di sana, perubahan musim berpengaruh besar terhadap jenis makanan yang disantap. Penelitian dilakukan dengan mengambil sampel 84 wanita yang hamil pada saat musim hujan dan 80 wanita lainnya yang hamil pada saat musim kemarau mamuncak.

Tes DNA dilakukan pada bayi yang dilahirkan oleh para wanita ini pada 2 hingga 8 bulan setelah kelahiran. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa nutrisi ibu sebelum kehamilan mempengaruhi DNA bayi yang akan mempengaruhi kesehatannya di masa mendatang bahkan seumur hidup.

Sebelumnya, sebuah penelitian telah dilakukan untuk membuktikan pengaruh nutrisi selama kehamilan pada tikus dengan DNA anak-anak tikus yang dilahirkan. Hasil percobaan ini membuktikan bahwa nutrisi yang diasup induk tikus selama kehamilan mempengaruhi warna bulu anak-anaknya. Efek ini sering disebut dengan efek epigenetik atau efek perubahan gen. Pada manusia, ditemukan bahwa nutrisi saat hamil dapat mempengaruhi senyawa kimia di dalam DNA yang disebut metil. Akan tetapi, belum diketahui gen manusia yang mana saja yang bisa terpengaruh oleh kualitas nutrisi selama masa kehamilan.

Ram B. Singh, seorang ilmuwan dari Polandia menyebutkan bahwa konsumsi zat-zat tertentu selama masa kehamilan dan sebelum kehamilan oleh ibu maupun ayah bisa mempengaruhi tingkat kromatin dan mutasi gen. Zat-zat tersebut memiliki pengaruh positif yang dapat membuat bayi lebih sehat dan mencegah kecenderungan bayi menderita diabetes dan gangguan metabolisme. Zat-zat tersebut antara lain asam lemak omega-3, kolin, betain, asam folat, dan vitamin B12.

Oleh sebab itu, amatlah penting untuk menjaga asupan nutrisi kita demi tingkat kesehatan yang lebih baik bagi anak dan cucu kita. Selama kehamilan, perbanyak konsumsi sayuran, buah-buahan, gandum utuh, daging, dan kacang-kacangan yang banyak mengandung zat-zat yang penting bagi perkembangan DNA janin.

Sumber: Balitapedia.com

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
MHTI Kembali Menyelenggarakan Kongres Ibu Nusantara (KIN)
Miris, Pasca Gempuran ke Aleppo Jokowi Malah Tanda Tangan Kerjasama dengan Iran
Keutamaan Ilmu
Tata Cara Mandi Haid dan Mandi Junub
Peran besar muslimah dalam dakwah Islam
Aroma Mewangi Minyak Kasturi
Neraka Jahannam Sepanjang Hidup, Surga Sepanjang Hidup
Rizki di Tangan Allah
Pada Suatu Titik
Mencari Jalan Pulang
Jodoh : Memilih Atau Dipilih ?
Ketika Istri Merasa Tidak Bisa Membahagiakan Suami
Pastikan Izin Suami Jika Ingin Menjalankan Shaum Sunnah
Satu-satunya Cinta yang Perlu Ada dalam Pernikahan bahkan dalam Kehidupan
Kenapa Anakku Susah Banget Sih Disuruh Sholat?
Aku Peduli Iman Anakku
Anak Sukses Bermula dari Bangun Pagi
Jangan Sia-Siakan “Masa SMA”
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
Kisah Si Kaya dan Si Miskin (Pemilik Dua Kebun: Surat Al-Kahfi 32-44)
Gubernur Al-Hajjaj dan Pelajaran untuk Penguasa Durja
Nilai Ketaatan Isteri pada Suami
Nenek Penjaga Wahyu Al-Qur’an
Cara Mengatasi Anak Susah Makan
Asam Lambung Naik, Coba Obat Alami Ini
Popok Bayi Sekali Pakai VS Popok Kain
Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?
Tips Merebus Telur yang Baik
Tips Meningkatkan Minat Membaca Buku
7 Tips Menyapih Anak
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
Tips Merebus Telur yang Baik
Resep Aneka Olahan Singkong
Nikmatnya Pangsit Kuah Hangat Buatan Sendiri
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga