Inilah Keutamaan Lainnya Untuk Penghafal Al Qur’an

MuslimahZone.com – Sebelumnya telah disampaikan beberapa keutamaan dari penghafal Al Qur’an. Berikut adalah keutamaan-keutamaan lainnya:

–          Penghafal Al Qur’an adalah keluarga Allah Azza wa Jalla. Dari Anas ra. ia berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda “Sesungguhnya Allah itu mempunyai keluarga yang terdiri dari manusia.” Kemudian Anas berkata lagi, “Siapakah mereka itu wahai Rasulullah?”, Rasul Saw menjawab, “Ia itu ahli Al Qur’an (orang yang membaca atau menghafal Al Qur’an kemudian mengamalkan isinya). Mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang yang istimewa bagi Allah SWT.

–          Menjadi orang yang arif di syurga Allah Azza wa Jalla. Dari Anas ra, bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Para pembaca Al Qur’an itu adalah orang-orang yang arif di antara penghuni syurga.”

–          Memperoleh penghormatan dari manusia. Dari Abu Musa Al Asya’ari ra, ia berkata bahwa Rasul Saw bersabda, “Di antara perbuatan mengagungkan Allah adalah menghormati orang Islam yang sudah tua, menghormati orang yang menghafal Al Qur’an yang tidak berlebih-lebihan dalam mengamalkan isinya dan tidak membiarkan Al Qur’an tidak diamalkan, serta menghormati penguasa yang adil.

–          Hatinya terbebas dari siksa Allah Azza wa Jalla. Dari Abdullah bin Mas’ud ra, Nabi Saw bersabda, “Bacalah Al Qur’an karena Allah tidak akan menyiksa hati orang yang hafal Al Qur’an. Sesungguhnya Al Qur’an ini adalah hidangan Allah, siapa yang memasukkannya ia akan aman, dan barang siapa mencintai Al Qur’an maka hendaklah ia bergembira.

–          Mereka (bagi pria) lebih berhak menjadi imam dalam shalat. Dari Ibnu Mas’ud ra, Beliau Saw bersabda, “Yang menjadi imam dalam shalat suatu kaum hendaknya yang paling pandai membaca (hafalan) Al Qur’an.

–          Disayangi oleh Rasulullah Saw. Dari Jabir bin Abdullah ra, bahwa Nabi Saw menyatukan 2 orang dari orang-orang yang gugur dalam perang Uhud dalam satu liang lahad. Kemudian Rasul Saw bertanya, “Dari mereka berdua siapa yang paling banyak hafalan Qur’annya. Bila ada yang dapat menunjukkan salah satunya, maka Rasul memasukkan mayat itu lebih dulu ke liang lahad.

–          Dapat memberi syafaat kepada keluarga. Dari Ali bin Abi Thalib ra, “Barangsiapa membaca Al Qur’an dan menghafalnya, maka Allah akan memasukkannya ke dalam syurga dan memberikan hak syafa’at untuk sepuluh anggota keluarganya dimana mereka semuanya telah ditetapkan untuk masuk neraka.

–          Merupakan bekal yang terbaik. Dari Jabir bin Nufair, bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya kamu tidak akan kembali menghadap Allah dengan membawa sesuatu yang paling baik daripada sesuatu yang berasal dari-Nya yaitu Al Qur’an.

–          Al Qur’an akan menjadi penolong (syafa’at) bagi penghafalnya. Dari Abi Umamah ra, ia berkata, aku mendengar Rasulullah Saw bersabda, “Bacalah olehmu Al Qur’an sesungguhnya ia akan menjadi pemberi syafa’at pada hari kiamat bagi para pembacanya (penghafalnya). (Riwayat Muslim)

Semoga setelah menyimak beberapa keutamaan menghafal Al Qur’an, kita selalu termotivasi untuk menghafalnya. Selama kita masih diberi kesempatan dan kesehatan oleh Allah SWT maka selama itu pula kita akan terus berupaya untuk menghafalkan kitab termulia ini meski sedikit demi sedikit. Semoga bermanfaat.

(fauziya/muslimahzone.com)

Komentar Anda

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Menikah Muda Why Not ?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Anak-anak dan Membaca
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Wanita Muslimah yang Tangguh
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Tips Kecantikan ala Aisyah Istri Nabi
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk