Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis

Muslimahzone.com – Maag memang menjadi salah satu gangguan kesehatan yang kerap muncul dan cukup mengganggu. Maag akut bahkan bisa menyebabkan kematian pada penderitanya.

Walaupun apa yang diderita manusia adalah qadha dari Allah, namun manusia juga diperintahkan untuk berikhtiar dalam menjaga kesehatannya.

Di antara bentuk ikhtiar dalam kasus maag ini adalah dengan mengetahui penyebab-penyebabnya. Dan ternyata menurut Dr Imam Susilo ada beberapa kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh penderita maag. Berikut pembahasannya :

***

Sakit Maag is a Silent Killer.

Si pembunuh diam-diam dan ‘pencabut nyawa’ yang kita anggap enteng.

Saya juga mempunyai Sakit Maag karena golongan darah saya O yang tingkat keasamannya tinggi. Penderita sakit maag terbanyak adalah golongan darah O. Golongan darah O umumnya tidak direkomendasikan untuk menjadi Vegetarian.

Salah satu kesalahan terbesar para penderita Maag adalah :

1.Minum obat maag dengan air

Jika anda perhatikan dengan baik, pada kemasan obat Maag (yang Tablet atau Bubuk, bukan yang Liquid), selalu tertulis : OBAT KUNYAH bukan OBAT MINUM

Karena itu, paling tidak Satu jam SEBELUM dan SESUDAH mengkonsumsi obat Maag, Anda Tidak Boleh Makan & Minum APAPUN supaya obat tersebut bisa bekerja dengan baik. Jika anda mengkonsumsi obat Maag dengan menelannya pake air putih, maka obat itu jadi TIDAK BERGUNA. Cuman ikut larut dalam air dan malah menyebabkan mencret.

Kalo gak tahan dengan obat kunyah (Promag), bisa coba obat bubuk (Waisan) yang rasanya  manis kayak permen apple peppermint, atau yang Liquid seperti Mylanta.

Yang penting, Satu jam SEBELUM & SESUDAH makan obat maag, jangan makan & minum APAPUN.

Kesalahan berikutnya adalah :

2. Menunda-nunda makan obat maag

Banyak penderita Maag berpikir bahwa mereka tidak ingin tergantung pada obat. Mereka pikir Asam dalam lambung akan hilang saat diberi makanan atau minuman manis, atau akan hilang dengan berlalunya waktu, dsb. Itu pemikiran yang keliru.

Asam lambung bersifat KOROSIF yang membantu proses cerna. Tapi sangat merusak jika berlebih & jika dibiarkan berlarut-larut maka Lambungmu pasti Hancur, bahkan bisa menyerang organ lain seperti Liver misalnya. Oleh karena itu saat Maag mulai menyerang, maka jangan tunda, segera konsumsi obat Maag secepat mungkin sebelum terjadi hal-hal lebih parah, seperti inflamasi/peradangan, infeksi lambung, dsb.

Kesalahan ketiga, adalah :

3. Tidak sadar penyebabnya 

Banyak penderita Maag berpikir bahwa sakit Maag itu disebabkan karena TELAT MAKAN, MINUM KOPI, MAKAN ASAM, PEDAS, BERAS KETAN, atau BERSANTAN, dsb. Bukan!!! Penyebab utamanya bukan itu. Telat makan, kopi, asam & pedas, ketan & santan, dsb itu hanya penyebab sekunder. Penyebab utama sakit maag yang paling banyak adalah justru :

STRESS dan KURANG GERAK

STRESS menduduki tempat paling utama penyebab tukak lambung. Konsentrasi asam lambung meningkat beberapa kali lipat jauh lebih tinggi justru saat Stress dibanding saat telat makan.

Kurangnya gerak tubuh membuat gerak peristaltic pada usus dan lambung melemah sehingga asam lambung tidak terproses dengan baik dan menumpuk. Misalnya abis makan langsung tidur-tiduran, akan membuat usus tidak mencerna dengan baik, akibatnya bisa memicu asam lambung keluar lebih banyak karena lambung “berpikir” bahwa makanan tersebut kurang terlumat dengan baik pada proses-prosed cerna sebelumnya.

Untuk mencegah maag kambuh, Anda perlu menghindari faktor pencetus seperti di atas dan sebaiknya makan dalam porsi kecil namun lebih sering. 

Bila keluhan maag Anda disertai rasa terbakar dari ulu hati menjalar hingga leher dan pangkal lidah, disertai mulut terasa pahit, gigi mudah berlubang, bau mulut, maka kemungkinan Anda mengalami GERD (gastroesofagal refluks) yaitu bentuk maag yang lebih berat karena terjadi aliran balik asam lambung dan menyebabkan iritasi sepanjang saluran pencernaan atas.

Kesalahan yg lain adalah :

4. Konsumsi yang keliru 

Banyak mereka yang sakit Maag mengira bahwa konsumsi sayur dan buah bisa membantu mengurangi gejala sakit maag. SALAH BESAR!!! Konsumsi daging yang lebih banyak justru sangat membantu penderita sakit Maag karena daging lebih lama proses cernanya daripada sayur atau buah sehingga asam lambung bekerja maximal menghancurkan daging yang anda makan, bukan menghancurkan tubuh anda.

Kesalahan lainnya yang kurang diperhatikan adalah :

5. Sakit maag karena bakteri helicobacterpylori

Ada salah satu penyebab sakit Maag yang disebabkan karena serangan bakteri, jika parah hal ini perlu penanganan medis khusus.

Kalo gak percaya, anda coba test sendiri, tidak usah sikat gigi sebelum tidur, maka besoknya jika sakit maag anda kambuh maka kemungkinan sakit maag anda disebabkan oleh bakteri Helicobacterpylori yang sebenarnya bakteri yang penting juga untuk proses cerna & umumnya bersarang di mulut, tapi jika berlebih karena tidak sikat gigi & kemudian tertelan hingga ke lambung, akan menyebabkan tukak lambung. 

Kalo y9g jenis ini, obatnya gampang. Rajin-rajinlah sikat gigi sebelum tidur, bangun tidur & setelah makan.

Oh iya….Sakit Maag itu

6. Tidak bisa sembuh seumur hidup

Karena sebenarnya itu bukan penyakit, tapi udah mekanisme alami tubuh. Kayak anda makan terus diproses & dibuang oleh anus ke jamban. Kebelet BAB itu Natural. Demikian pula Asam Lambung itu wajar bahkan berperan penting bagi proses cerna.

Karena itu, biasanya sesekali tetap akan muncul tukak lambung tersebut. Yang penting adalah menjaganya untuk tidak berlebih dan menyebabkan sakit & komplikasi yang lebih parah.

Asam lambung itu normal & penting bagi proses cerna dalam tubuh. Tapi jika berlebih & tidak dikelola dengan baik bisa melumpuh.

***

Demikianlah penjelasan tentang maag. Jadi alangkah lebih baiknya kita menjaga kesehatan kita lebih baik sebelum maag menyerang. Bukankah kesehatan adalah titipan Allah yang berharga. Semoga bermanfaat.

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk