Impetigo (Bag.1-2)

MuslimahZone.com– Impetigo merupakan infeksi kulit yang sangat menular yang biasa menyerang bayi dan anak-anak.  Impetigo biasanya muncul sebagai luka merah pada wajah, terutama di sekitar hidung dan mulut anak, pada lengan dan tungkai. Impetigo juga menyebabkan terbentuknya lepuhan-lepuhan kecil berisi nanah (pustula).

Pada dewasa, impetigo bisa terjadi setelah penyakit kulit lainnya. Impetigo bisa juga terjadi setelah suatu infeksi saluran pernapasan atas (misalnya flu atau infeksi virus lainnya).

Impetigo disebabkan oleh bakteri. Ada dua jenis bakteri penyebab impetigo – Staphylococcus aureus (Staph), yang paling umum, dan Streptococcus pyogenes (strep). Kedua jenis bakteri dapat hidup tanpa berbahaya pada kulit Anda sampai mereka masuk melalui luka atau luka lainnya dan menyebabkan infeksi. Namun, dapat pula menyerang kulit yang sehat.

Impetigo jarang serius, dan biasanya pulih sendiri dalam dua sampai tiga minggu. Tapi karena impetigo kadang-kadang dapat menyebabkan komplikasi, dokter biasanya memilih untuk mengobati impetigo dengan salep antibiotik atau antibiotik oral.

Anak Anda biasanya dapat beraktivitas kembali segera setelah ia tidak menular – seringkali dalam waktu 24 jam dari mulai terapi antibiotik.

Tanda dan Gejala Impetigo

Berikut ini adalah tanda-tanda dan gejala impetigo:

• Luka merah berisi cairan yang mudah pecah selama beberapa hari dan kemudian membentuk kerak coklat kekuningan
• Gatal
• Tidak terlalu menyakitkan, lepuh berisi cairan
• Dalam bentuk yang lebih serius, luka akan terasa menyakitkan dan berisi nanah, kemudian luka dapat berubah menjadi borok yang mendalam.

Jenis-Jenis Impetigo

Impetigo contagiosa, juga dikenal sebagai impetigo nonbullous. Bentuk yang paling umum dari impetigo adalah impetigo contagiosa, yang biasanya dimulai sebagai  merah di wajah anak, paling sering di sekitar hidung dan mulut. Yang sakit pecah dengan cepat, mengeluarkan cairan atau nanah yang membentuk kerak berwarna madu. Akhirnya kerak menghilang, meninggalkan tanda merah yang sembuh tanpa bekas luka. Luka Impetigo mungkin gatal, tetapi mereka tidak menyakitkan.

Anak Anda tidak mungkin mengalami demam dengan jenis impetigo tetapi mungkin memiliki pembengkakan kelenjar getah bening di daerah yang terkena. Dan karena itu sangat menular, hanya menyentuh atau menggaruk luka dapat menyebarkan infeksi ke bagian lain dari tubuh.

Bulosa Impetigo. Jenis ini terutama mempengaruhi bayi dan anak-anak. Impetigo jenis ini tidak menyebabkan rasa sakit, lepuh berisi cairan – biasanya pada lengan, dan kaki. Kulit di sekitar melepuh biasanya merah dan gatal tapi tidak sakit. Lepuh akan pecah dan berkeropeng dengan kerak berwarna kuning, mungkin besar atau kecil, dan dapat berlangsung lebih lama dari luka dari jenis impetigo yang lain.

Ecthyma. Jenis ini merupakan bentuk yang lebih serius dari impetigo yang menyerang lebih dalam ke lapisan kedua kulit (dermis). Tanda dan gejala termasuk cairan atau menyakitkan berisi nanah luka yang berubah menjadi borok yang dalam, biasanya di kaki dan kaki. Luka pecah dan berkeropeng dengan kerak keras tebal, abu-abu-kuning. Guratan dapat tetap setelah luka sembuh. Ecthyma juga dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening di daerah yang terkena.

Sumber:

1.https://www.mayoclinic.com/health/impetigo

2.https://id.wikipedia.org/wiki/Impetigo

(esqiel/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Menikah Muda Why Not ?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Anak-anak dan Membaca
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Wanita Muslimah yang Tangguh
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Tips Kecantikan ala Aisyah Istri Nabi
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk