Ibu Hamil Minum Air Kelapa Muda, Bolehkah?

Muslimahzone.com – Di masa kehamilan, ibu hamil memang dituntut untuk menjaga asupan makanannya sehingga ibu dan bayi yang dikandung senantiasa terpenuhi nutrisinya.

Di tengah cuaca panas, memang segar rasanya mengonsumsi air kelapa muda segar. Namun, ada sebagian mitos yang menganggap bahwa air kelapa tidak boleh diminum oleh ibu hamil. Lalu bagaimana sebenarnya, bolehkah ibu hamil minum air kelapa?

Berikut penjelasan yang dikutip dari bidanku :

Sebuah riset mengungkapkan bahwa konsumsi air kelapa muda tidak memberikan pengaruh buruk baik untuk ibu hamil atau janin yang tengah dikandungnya. Sebaliknya air dengan rasa manis alami ini memiliki banyak manfaat untuk kehamilan terutama untuk mencukupi kebutuhan air harian dan sebagai penghilang racun dalam tubuh untuk ibu hamil.

Selain itu, konsumsi air kelapa muda selama masa kehamilan juga dapat dilakukan guna mencegah dehidrasi pasca kehamilan. Hal ini dikarenakan pada saat hamil seorang wanita membutuhkan air dalam tubuhnya untuk menghindari kondisi dehidrasi tersebut.

Jadi demikian menyoal pertanyaan boleh atau tidaknya ibu hamil mengkosumsi air kelapa muda maka jawabannya tentu saja boleh. Asalkan tidak dilakukan dalam jumlah yang berlebihan. Bahkan konsumsi ini sangat dianjurkan bagi ibu hamil karena manfaatnya yang cukup banyak.

Nah, untuk mengetahui apa saja manfaat konsumsi air kelapa muda selama masa kehamilan. Mari kita simak dibawah ini.

Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

Ada cukup banyak kebaikan yang dapat dirasakan dari mengkonsumsi air kelapa dalam jumlah yang wajar selama masa kehamilan. Beberapa diantaranya adalah:

  • Berperan Sebagai Elektrolit yang Alami

Manfaat yang pertama yang bisa didapatkan dari konsumi air kepala selama masa kehamilan adalah cairan ini dapat dijadikan sebagai eletrolit alami.

Kondisi kehamilan memang meningkatkan kemungkinan seorang wanita untuk mudah lelah. Salah satu penyebabnya adalah karena banyak cairan tubuh terbuang dan tak sebanding dengan jumlah yang dipasoknya. Untuk itulah, dalam kondisi ini ibu hamil akan lebih rentan mengalami dehidrasi.

Perlu diketahui dehidrasi yang terjadi selama masa kehamilan akan dapat menyebabkan timbulnya masalah kesehatan lain yang cukup berbahaya seperti timbulnya diare, kram, sakit kepala dan bahkan dapat berujung pada kontraksi dan persalinan prematur. Untuk itulah, konsumsi air kelapa akan dapat mencegah timbulnya dehidrasi.

Sebagai isotonik alami air kelapa kaya akan mineral. Di dalam air kelapa terkandung elektrolit alami yang bentuknya sama dengan elektrolit dalam tubuh. Untuk itulah, konsumsi air kelapa akan dapat mengganti cairan elektrolit yang hilang dengan keringat.

  • Memperlancar Sitem Pencernaan

Pada masa kehamilan salah satu hormon progesteron yang dihasilkan oleh placenta akan mungkin memperlambat kinerja lambung sehingga pencernaan menjadi melambat. Untuk itu ibu hamil dalam kondisi ini akan mungkin menyebabkan sembelit. Kondisi ini tentu saja akan sangat menganggu mengingat dampaknya yang cukup menyakitkan. Nah, konsumsi air kelapa akan dapat menjadi solusi yang alami guna membantu memperlancar sistem pencernaan sehingga sembelit bisa diatasi dengan baik.

  • Membantu Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

Dalam air kelapa muda terkandung senyawa yang dinamakan dengan asam laurat. Fungsi dari senyawa ini adalah membantu tubuh melawan berbagai penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, senyawa ini sendiri memiliki kesamaan dengan ASI. Maksudnya kesamaan disini adalah sebagai antibakteri, antivirus dan juga antijamur.

Jadi demikian konsumsi air kelapa muda akan dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil dan janin yang tengah dikandungnya. Terutama dari beberapa ancaman penyakit mematikan seperti HIV dan juga herpes.

Demikianlah beberapa hal yang dapat disampaikan dari bolehkah ibu hamil minum air kepala muda. Semoga bermanfaat dan memberikan informasi yang anda butuhkan.

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Pesta Seks Bukan Nikmat Terbesar di Surga
Secular Radicalism, The Real Blasphemy
Biasakanlah Anak Minta Izin Ketika Masuk Kamar Orangtua
Meraih Sifat Qana’ah
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Hati-hati Merusak Kebahagiaan Orang Lain Tanpa Sadar
Berhenti Menghujat Saudara Sendiri di Sosial Media
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Nasehat Tere Liye Seputar Jodoh
Tepuk Anak Sholeh dan Benih Radikalisme
Kerap Terlupakan Orangtua Mendidik Adab Anak
Mengapa Ayah Lebih Sabar daripada Ibu
Belajar Matematika Untuk Anak Usia Dini, Apa Dulu yang Diajarkan?
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Jika Telah Caesar 3x, Apakah Boleh Steril/Tubektomi?
Sharing : Melahirkan Hanya 3 Kali Mengejan
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk