Hindarkan Kulit Indahmu Dari Kekeringan

Muslimahzone.com – Para muslimah, rata-rata (sejauh yang kita ketahui) ingin untuk memiliki kulit yang lembab dan tidak kering. Masalahnya, kondisi kulit yang kering seringkali tidak sehat dan juga tidak nyaman karena mudah luka dan juga sering gatal, bahkan kadang mengelupas.

Tentunya bukan hal yang nyaman untuk dirasakan, bukan?

Sayangnya banyak dari kaum muslimah yang tidak tahu tentang berbagai penyebab dan solusi dari masalah ini, selain dari cuaca yang panas. Padahal, bukan itu saja. Karenanya, ada baiknya jika kita mengetahui apa saja penyebab dan solusi dari masalah ini.

Usia dan Faktor Genetis

Salah satu penyebab kulit kering ternyata bukan hanya cuaca panas, melainkan karena faktor usia dan genetis. Hal ini dikarenakan seiring bertambahnya usia, maka kulit kita secara alami akan memproduksi minyak lebih sedikit dan juga keringan lebih sedikit. Jika kondisi ini terjadi, maka kulit akan menjadi kering.

Jika sudah sampai pada tahap seperti ini, ada baiknya untuk selalu memakai krim/lotion untuk melembabkan kulit. Dan akan lebih baik lagi jika ditambah dengan sunscreen/sunblock untuk muslimah yang wajahnya sering terpapar sinar matahari.

Sabun dan Kosmetik Kulit

Sebab lainnya yang dapat membuat kulit muslimah menjadi kering adalah pemakaian kosmetik wanita dan sabun yang tidak tepat. Hal ini dapat terjadi karena biasanya sabun dan kosmetik yang ada di pasaran, terutama kosmetik yang mengandung alkohol, akan menyerap minyak alami yang ada di kulit.

Karenanya, saran kami, pakailah kosmetik dan sabun yang tidak membuat kulit menjadi kering. Lebih baik lagi pastikan bahwa sabun dan kosmetik yang dipakai tidak mengandung alkohol yang sangat menyerap kelembaban alami kulit.

Sebagai gantinya, gunakan pembersih kulit yang bebas dari sabun, dan kosmetik berbasis herbal yang memiliki sifat mengandung pelembab bagi kulit (biasanya produk ini mengandung gamat, madu, minyak zaitun).

Lingkungan Kerja

Bagi wanita yang terpaksa untuk bekerja di luar rumah (karena sebaik-baik tempat bagi muslimah adalah di dalam rumah), seringkali pekerjaan yang dilakukan memaksa kulit untuk menjadi kering sepanjang hari, seperti misalnya pekerjaan tulis-menulis (basah = kotor) dan pekerjaan mengetik (basah = rusak). Apalagi bagi muslimah yang bekerja di ruangan ber-AC, maka kulit akan menjadi lebih kering lagi.

Bagi Anda yang berada di dalam kondisi seperti ini, solusinya adalah, coba untuk menggunakan moisturizer lotion pada kulit supaya kelembaban alaminya tetap terjaga. Terutama setelah Anda mencuci tangan, ada baiknya langsung “ditimpa” oleh moisturizer, sebab sabun sangat membuat kulit menjadi kering.

Paparan Air

Air memang terasa menyegarkan, tapi sebenarnya banyak terpapar air juga merupakan salah satu penyebab kulit menjadi kering.  Hal tersebut dikarenakan banyaknya minyak alami di kulit banyak yang terbawa oleh air, apalagi air panas.

Karenanya ada baiknya untuk menghindari penggunaan air panas untuk mandi/membersihkan kulit karena minyak akan sangat mudah terbawa. Sebaliknya, gunakan air yang tidak terlalu panas (hangat saja) dan jangan terlalu lama terkena air, supaya tidak banyak minyak alami kulit yang terbuang.

Selanjutnya, setelah kulit Anda terpapar air dalam waktu yang lama, apalagi jika air tersebut mengandung bahan kimia yang mampu melunturkan minyak (misalnya pada air kolam renang),  usahakan untuk membalur kulit Anda dengan moisturizer secepat mungkin. 

Penyakit Kulit

Salah satu sebab lain yang membuat kulit menjadi kering adalah karena penyakit. Cek kulit Anda apakah ada bercak-bercak berwarna merah yang timbul di daerah kulit yang kering, terutama pada daerah lipatan leher, wajah, siku, lutut, lengan dan persendian. Jika Anda menemukan kulit yang sangat kering dan rusak, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter kulit muslimah yang Anda percayai.

Demikian tips kali ini, semoga bermanfaat.

Referensi :

  • University of Wisconsin, uhs.wisc.edu/health-topics/skin/dry-skin.shtml
  • Mayo Clinic, mayoclinic.com/health/dry-skin/DS00560/DSECTION=causes
  • Face and Skin Center, University of Missisipi Health Care, otolaryngology.umc.edu/documents/handouts/DrySkinCare_001.pdf
  • American Academy of Dermatology, aad.org/skin-conditions/dermatology-a-to-z/dry-skin/who-gets-causes/dry-skin-who-gets-and-causes
  • Harvard Medical School, health.harvard.edu/healthbeat/9-ways-to-banish-dry-skin

Penulis : Bledaone @ Ahli Herbal Com, divisi edukasi herbal nabawi.

Leave a Reply

Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
MHTI Kembali Menyelenggarakan Kongres Ibu Nusantara (KIN)
Miris, Pasca Gempuran ke Aleppo Jokowi Malah Tanda Tangan Kerjasama dengan Iran
Keutamaan Ilmu
Tata Cara Mandi Haid dan Mandi Junub
Peran besar muslimah dalam dakwah Islam
Aroma Mewangi Minyak Kasturi
Neraka Jahannam Sepanjang Hidup, Surga Sepanjang Hidup
Rizki di Tangan Allah
Pada Suatu Titik
Mencari Jalan Pulang
Jodoh : Memilih Atau Dipilih ?
Ketika Istri Merasa Tidak Bisa Membahagiakan Suami
Pastikan Izin Suami Jika Ingin Menjalankan Shaum Sunnah
Satu-satunya Cinta yang Perlu Ada dalam Pernikahan bahkan dalam Kehidupan
Kenapa Anakku Susah Banget Sih Disuruh Sholat?
Aku Peduli Iman Anakku
Anak Sukses Bermula dari Bangun Pagi
Jangan Sia-Siakan “Masa SMA”
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
Kisah Si Kaya dan Si Miskin (Pemilik Dua Kebun: Surat Al-Kahfi 32-44)
Gubernur Al-Hajjaj dan Pelajaran untuk Penguasa Durja
Nilai Ketaatan Isteri pada Suami
Nenek Penjaga Wahyu Al-Qur’an
Cara Mengatasi Anak Susah Makan
Asam Lambung Naik, Coba Obat Alami Ini
Popok Bayi Sekali Pakai VS Popok Kain
Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?
Tips Merebus Telur yang Baik
Tips Meningkatkan Minat Membaca Buku
7 Tips Menyapih Anak
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
Tips Merebus Telur yang Baik
Resep Aneka Olahan Singkong
Nikmatnya Pangsit Kuah Hangat Buatan Sendiri
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga