Gaya Hidup ‘Bermalasan’ Bisa Sebabkan Gangguan Tulang Belakang

MuslimahZone.com – Gaya hidup ‘bermalas-malasan’, kurang berolahraga, dan tidak tegap ketika mengemudi, menjadi penyebab utama orang menderita gangguan tulang belakang, kata para ahli bedah.

Banyak orang muda saat ini menderita gangguan bantalan (discs) tulang belakang, yang menekan urat saraf, sehingga menyebabkan banyak kasus nyeri punggung, leher, kaki, dan nyeri bahu,  kata Dr Abdul Karim Msaddi, Kepala Departemen Bedah Saraf dan Tulang Belakang di Rumah Sakit Syaraf  Tulang Belakang di Dubai, kepada Gulf News, Senin (21/4/2014), di sela-sela Kongres Ahli Tulang Belakang Negara-negara Arab di Emirates Towers.

“Ini bukan penyakit yang terkait dengan usia lagi,” katanya. Kurangnya latihan untuk memperkuat otot-otot perut, punggung, dan otot-otot leher, merupakan penyebab paling banyak gangguan tulang belakang.

Dokter bedah mengatakan, duduk dan berdiri dalam waktu yang lama di tempat kerja dan obesitas, membuat berat badan menumpu secara tidak merata pada tulang belakang.

“Ini harga yang kita bayar untuk gaya hidup kita,” katanya. “Peningkatan aktivitas fisik tidak menunda penuaan, namun melindungi sistem Anda.”

Dr Msaddi memperingatkan, wanita usia muda yang sudah terkena osteoporosis (penyakit tulang yang membuat tulang lemah dan rentan mudah pecah) disebabkan kurangnya cukup paparan matahari.

“Kekurangan vitamin D (yang tubuh menyerap dari sinar matahari ) mempengaruhi orang-orang muda, bahkan laki-laki, ” katanya.

Dia merekomendasikan agar orang-orang terpapar sinar matahari pagi guna menyerap vitamin D, serta sebaliknya menghindari terkena sinar ultraviolet saat tengah hari.

Dokter bedah mengatakan, cedera dalam olahraga dan aktivitas jet ski air bisa menimbulkan cedera tulang belakang akibat gelombang ombak besar.

“Pengemudi truk besar dan pekerja konstruksi adalah kategori lain dari orang-orang bisa menderita cedera tulang belakang,” katanya. Hal ini terkait dari getaran yang kuat dari mesin truk berat yang mempengaruhi tulang belakang. Sedang pada pekerja konstruksi terkait pada kegiatan menarik dan mendorong secara terus-menerus yang memberikan tekanan pada tulang belakang.

Dr Walid Othman, konsultan ahli bedah ortopedi tulang belakang, mengatakan, tidak bersandar ketika mengemudi akan meningkatkan jumlah pasien muda dengan trauma tulang belakang.

“Jika Anda tidak mengenakan sabuk pengaman, kecelakaan akan membuat tiga kali lebih banyak kerusakan pada tulang belakang, dibandingkan dengan mereka yang memakai ikat pinggang,” katanya.

“Tidak ada kesempatan tulang belakang seseorang dapat diselamatkan dalam kecelakaan kecepatan tinggi jika dia tidak mengenakan sabuk pengaman,” katanya.

Dokter bedah mengatakan, setelah tulang belakang mengalami gangguan buruk, orang akan kehilangan rasa pada lengan dan kaki. Buang air besar juga tidak dapat dikontrol.

Dia menyarankan semua orang untuk mengeratkan sabuk pengaman ketika mengemudi, bahkan untuk perjalanan singkat ke masjid atau ke toko terdekat. “Kecelakaan mungkin terjadi sekali, tetapi akan berpengaruh untuk seluruh hidup Anda,” katanya memperingatkan.

(fauziya/hidayatullah/muslimahzone.com)

Komentar Anda

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Menikah Muda Why Not ?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Anak-anak dan Membaca
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Wanita Muslimah yang Tangguh
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Tips Kecantikan ala Aisyah Istri Nabi
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk