Enggan Berhubungan Badan…Mengapa?

MuslimahZone.com – Pertanyaan: Assalammu’alaikum warahmatullah wabarakatuh, Aku adalah seorang laki-laki yang telah menikah tujuh tahun yang lalu. Aku sedang menghadapi satu masalah yaitu bahwa hasrat seksual istriku hampir saja tidak ada. Ia tidak merasakan kenikmatan senggama, kecuali dua atau tiga hari setelah terhentinya siklus haidnya, setelah itu ia pun kembali ke kondisi semula di mana hasra seksualnya tidak ada. Jika aku tidak meminta persenggamaan, maka dia tidak akan pernah memikirkan hal itu.

Untuk sekedar informasi, istriku adalah seorang wanita yang sangat taat menjalankan agama. Aku telah mencoba berbagai macam percmbuan, tetapi sepertinya hal itu sama sekali tidak bermanfaat. Aku pernah membaca pada salah satu jawaban sebelumnya, bahwa ada sebuah wewangian khusus untuk pria yang dapat membantu meningkatkan gairah seks pasangannya. Aku mohon diberitahukan tentang jenis wewangian tersebut. (M – Iran)

Konsultan: Dr. Ahmad ‘Abdullah

Jawaban: Saudaraku yang terhormat, keengganan untuk melakukan huungan seksual, baik pada diri laki-laki maupun wanita, dapat terjadi dari sejumlah faktor. Baik yang berhubungan dengan organ tubuh, faktor psikologis, maupun faktor sosial. Ada beberapa penyakit tertentu yang menyebabkan lesunya hasrat seksual, seperti ketika kelenjar gondok tidak berfungsi. Ada pula obat-obatan yang berefek menurunkan gairah seksual seperti obat-obatan untuk penyakit tekanan darah tinggi. Atau gangguan hormon karena faktor usia atau siklus bulanan.

Adapun faktor-faktor psikologis dan sosiologis, misalnya persepsi yang salah terhadap seks, seperti sebagian orang yang menganggap seks sebagai sesuatu yang tabu atau kotor, atau -paling tidak- tidak menganggap seks sebagai sesuatu yang mulia. Seperti pemahaman kaum Nasrani. Pemikiran seperti ini juga dapat bersumber dari sikap konservatif yang tidak benar dan rasa malu yang tidak ditempatkan secara proporsional.

Ada pula faktor-faktor sosiologis. Diantaranya berkaitan dengan diri Anda sendiri, seperti kurangnya persiapan (pendahuluan) Anda ketika melakukan hubungan seksual atau karena Anda kurang menghargainya sebagai seorang wanita, karena selain memiliki tubuh, ia pun memiliki ruh dan akal. Maafkan, saya mengatakan hal itu karena tidak sedikit suami yang menggauli istrinya tanpa adanya pendahuluan yang cukup. Ketahuilah, sikap seperti itu bertentangan dengan petunjuk Islam, fitrah manusia, dan juga kebutuhan-kebutuhan ruh.

Diantara faktor sosiologis lainnya adalah istri terlalu disibukkan dengan urusan rumahtangganya dan urusan anak-anaknya, dan hal ini menyebabkan ia harus menjadi seperti pembantu di siang hari dan permaisuri di malam hari. Ini merupakan suatu hal yang mustahil. Oleh karena itu, tugas-tugas yang diembannya harus diperingan, baik dengan bantuan pembantu ataupun suaminya sendiri bila suami tak mampu menyediakan orang yang akan membantu istrinya.

Diriwayatkan bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam ikut mengerjakan tugas-tugas keluarga beliau, lalu beliau bersabda:

“Orang yang paling baik di antara kalian adalah orang yang paling baik terhadap keluarganya, dan aku adalah orang yang paling baik terhadap keluargaku.” (HR. Tirmidzi)

Adapun faktor psikologis adalah tidak adanya pemilihan waktu dan tempat yang cocok dan situasi yang nyaman untuk berhubungan badan, seperti karena terlalu sempitnya rumah, tinggal bersama keluarga lain, pikiran yang terlalu sibuk, dan sebagainya.

Carilah hal-hal tersebut, karena pada hakikatnya hasrat seksual wanita sangat besar, bahkan bila memungkinkan ia ingin melakukan hubungan seksual setiap saat.  Berusahalah untuk tetap menjaga sikap saling mengerti di antara diri Anda dengan istri Anda, berdialoglah mengenai masalah ini dengan penuh kelembutan, saling terbuka, saling menghormati, dan berilah masukan kepada istri Anda.  Semua ini merupakan keahlian-keahlian yang tidak dimiliki oleh banyak orang, sementara ketidaktahuan tentangnya merajalela di kalangan masyarakat. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dari Allah Zat Yang Maha Tinggi dan Maha Agung.

Sumber: Menggairahkan Kembali Hubungan Seksual Suami Istri Problem dan Solusinya, Tim Rubrik islamonline.net, Bandung, Irsyad Baitus Salam, 2008

(esqiel/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Menikah Muda Why Not ?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Anak-anak dan Membaca
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Wanita Muslimah yang Tangguh
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Tips Kecantikan ala Aisyah Istri Nabi
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk