Ekspresi Cinta Ayah kepada Anaknya

MuslimahZone.com – Anak adalah buah cinta yang merupakan titipan dari Allah ta’ala yang harus dijaga. Maka wajar jika setiap orangtua menunjukkan rasa cintanya dengan beragam cara. Ada yang mengungkapkan dengan memberikan segala sesuatu yang diinginkan anak, ada juga yang melakukannya dengan cara lain seperti memberikan belaian lembut, pelukan hangat, senyum menginspirasi, dan kecupan penuh sayang kepada anak-anaknya.

Seorang ayah harus menyadari bahwa untuk menunjukkan atau mengungkapkan rasa cinta, tidaklah cukup hanya dengan bekerja mencari nafkah. Anak juga harus mendapatkan bukti kasih sayang melalui hal-hal yang mungkin dianggap sepele seperti di atas.

Selain bisa menautkan hati, rupanya ekspresi cinta ini merupakan satu di antara sekian banyaknya sunnah Nabi yang amat mulia. Bahkan, bagi mereka yang tak pernah menunjukkan ekspresi ini, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengomentarinya secara langsung dalam bentuk nasihat.

Hari itu, Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mencium kedua cucunya, Hasan dan Husain bin ‘Ali bin Abi Thalib. Diriwayatkan oleh Abu Hurairah, al-Aqra’ bin Habis melihat apa yang dilakukan oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam itu. “Sesungguhnya,” ujar al-Aqra’, “aku memiliki sepuluh anak.” Lanjutnya jujur, “Dan, aku belum pernah mencium seorang pun di antara mereka.”

Mendengar penuturan jujur al-Aqra’, Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pun bersabda, “Barang siapa yang tidak menyayangi, maka dia tidak akan disayangi.”

Mencium anak merupakan salah satu wujud sayang orang tua kepada anaknya, dan mampu menumbuhkan kecintaan sang anak kepada orang tuanya. Sebaliknya, jika ekspresi itu tidak ada, maka kasih sayang pun tak sempurna antara orang tua dan anak-anaknya.

Diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari, suatu ketika Nabi didatangi oleh orang badui. Kepada tamunya itu, Nabi bertanya, “Pernahkah kamu mencium anak-anakmu?”

Jawab si badui, “Untuk apa aku mencium mereka?”

“Maukah kamu,” tanya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bernada ancaman, “Jika Allah Ta’ala mencabut kasih sayang dari hatimu?”

Dalam riwayat lain dari Ummul Mu’minin ‘Aisyah binti Abu Bakar ash-Shiddiq, setiap kali Fathimah az-Zahra berkunjung ke rumah Rasulullah, maka beliau langsung menyambut anaknya itu sembari berdiri, mendudukkannya di tempat duduk beliau, dan menciumnya. Bahkan, beliau tetap melakukan ini ketika Fathimah menjenguk Nabi yang sedang sakit menjelang wafatnya.

Maka tak heran, sebagaimana disebutkan dalam lanjutan hadits ini, Fathimah pun menyambut Nabi, mendudukkan beliau di tempat duduknya, dan menciumnya saat ayahnya itu datang bertamu ke rumahnya.

Sebuah teladan indah dan sarat hikmah yang mungkin jarang ditemui di kehidupan saat ini. Semoga kita dapat menjalankan sunnah ini dan mendapatkan kebaikan darinya. Aamiin …

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
MHTI Kembali Menyelenggarakan Kongres Ibu Nusantara (KIN)
Miris, Pasca Gempuran ke Aleppo Jokowi Malah Tanda Tangan Kerjasama dengan Iran
Keutamaan Ilmu
Tata Cara Mandi Haid dan Mandi Junub
Peran besar muslimah dalam dakwah Islam
Aroma Mewangi Minyak Kasturi
Neraka Jahannam Sepanjang Hidup, Surga Sepanjang Hidup
Rizki di Tangan Allah
Pada Suatu Titik
Mencari Jalan Pulang
Jodoh : Memilih Atau Dipilih ?
Ketika Istri Merasa Tidak Bisa Membahagiakan Suami
Pastikan Izin Suami Jika Ingin Menjalankan Shaum Sunnah
Satu-satunya Cinta yang Perlu Ada dalam Pernikahan bahkan dalam Kehidupan
Kenapa Anakku Susah Banget Sih Disuruh Sholat?
Aku Peduli Iman Anakku
Anak Sukses Bermula dari Bangun Pagi
Jangan Sia-Siakan “Masa SMA”
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
Kisah Si Kaya dan Si Miskin (Pemilik Dua Kebun: Surat Al-Kahfi 32-44)
Gubernur Al-Hajjaj dan Pelajaran untuk Penguasa Durja
Nilai Ketaatan Isteri pada Suami
Nenek Penjaga Wahyu Al-Qur’an
Cara Mengatasi Anak Susah Makan
Asam Lambung Naik, Coba Obat Alami Ini
Popok Bayi Sekali Pakai VS Popok Kain
Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?
Tips Merebus Telur yang Baik
Tips Meningkatkan Minat Membaca Buku
7 Tips Menyapih Anak
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
Tips Merebus Telur yang Baik
Resep Aneka Olahan Singkong
Nikmatnya Pangsit Kuah Hangat Buatan Sendiri
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga