Duhai Istri, Janganlah Ketergantungan Pada Suami

MuslimahZone.com – Saya katakan pada para wanita yang sudah berstatus sebagai seorang istri dan ibu. Janganlah ketergantungan dengan suami. Berusahalah dengan kemampuan yang dipunya, kita sebagai wanita harus punya skill, bakat, kemampuan. Dan, kita harus punya aset pribadi. Sebisa mungkin punya harta simpanan yang tidak perlu suami ketahui.

Mengapa? Karena kita tidak selamanya berada di sisi suami. Barangkali, suatu saat nanti jika suami lebih dulu tiada… Kita harus siap melanjutkan kehidupan dengan skill, bakat dan kemampuan yang dipunya untuk bisa menghasilkan pundi-pundi keuangan.

Kita tidak akan kaget dengan kepergian suami yang mungkin membuat kaki kita jadi ‘pincang’ sebelah. Oleh karenanya, sedari sekarang.. tetaplah berusaha mencari penghasilan dengan cara halal.

Berpenghasilan tidak harus jadi wanita karir kok. Menjadi fulltime mother bukan berarti leyeh-leyeh aja di rumah lho. Kita bisa mengembangkan skill, bakat dan kemampuan diri meski hanya dari rumah saja.

Kemandirian seseorang terbentuk dari pola pikir yang positif dan tidak selalu bergantung pada orang lain sekalipun itu suami sendiri. Selalu siap menghadapi semua tantangan dan siap menerima resiko yang mungkin timbul dari sebuah pengambilan keputusan. Karena setiap keputusan tentu mengandung resiko tertentu, tergantung seberapa besar kita meminimalisir resiko tersebut.

Sebagai seorang istri, kita bisa mengembangkan potensi diri, mencari peluang yang bisa menghasilkan uang dengan cara yang baik misalnya saja berjualan online, bekerja part time, membuka warung di rumah, membuka catering, menjadi penjahit dan peluang lainnya. Kita harus buktikan bahwa kita bisa merintis masa depan yang gemilang, dan menata hidup agar menjadi lebih berarti, karena hidup cuma sekali. Betul kan?

Pasalnya.. Saya telah menemukan beberapa istri yang tidak bekerja, tapi tidak juga sebagai ibu rumah tangga. Why? Sebab sehari-hari mereka tidak kerja di kantor, tapi tidak juga bebenah rumah maupun berwirausaha. Lalu mereka ngapain aja? Waktunya dihabiskan dengan arisan, jalan-jalan ke mall, kumpul di rumah teman dan perkara lainnya yang kurang bermanfaat jika dilakukan rutinan. Padahal, mereka itu tidak punya aset, tidak punya investasi.. Karena mereka hanya tahu terima uang dari suaminya.

Tapi sampai kapan mereka akan menerima kucuran dana begitu? Siapa yang bisa jamin bahwa karir suaminya akan terus cemerlang dan sukses? Sungguh tidak ada yang  bisa menjaminnya.

Maka dari itu, mulailah dari sekarang jangan ketergantungan dengan suami. Sebisa mungkin berdirilah tegak di kaki sendiri. Sandaran para istri bukan pada suami melainkan hanya pada Allah. Maka kita hanya perlu berusaha untuk tetap bertahan hidup dengan kemampuan yang kita punya, bukan dengan mengandalkan orang lain sekalipun itu suami kita sendiri.

Sumber : dakwatuna.com

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
Secular Radicalism, The Real Blasphemy
Biasakanlah Anak Minta Izin Ketika Masuk Kamar Orangtua
Meraih Sifat Qana’ah
Hati-hati Terjebak Syirik Kecil
Babak Final Perjuangan Islam
Akhir Hidup Para Tiran
Jangan Sembarangan Menuduh Muslimah Sebagai Pelacur !
Memurnikan Keikhlasan
Ketika Istri Marah
Mengukur Kembali Rasa Cinta
Agar Bahagia, Sesuaikan Harapan Pernikahan Anda
Tips Menjalani LDM Bagi Suami Isteri
Mengapa Ayah Lebih Sabar daripada Ibu
Belajar Matematika Untuk Anak Usia Dini, Apa Dulu yang Diajarkan?
Pameran Kehebatan Anak
Apakah Pembicara Parenting Tak pernah Bermasalah dengan Anaknya?
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Mengenal Ulama Hadits Syu’bah bin Al-Hajjaj
Abdurrahman bin Auf ‘Manusia Bertangan Emas’
Ketika Bayi Menendang Perut Ibu
Menikmati Pengalaman Sebagai Ibu Menyusui
Dibalik Ketenaran Blewah di Bulan Ramadhan
Tetap Sehat Berpuasa Ketika Hamil
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Tips Merebus Telur yang Baik
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk