Cintanya Sudah Habis

Muslimahzone.comPertanyaan (S, 36 Tahun, Tanzania):

Aku telah berumah tangga selama 16 tahun. Aku berasal dari Tanzania. Aku kini tak mengerti apa yang sedang terjadi pada diri suamiku. Ia selalu bersikap kasar padaku; ia bahkan tidak tidur lagi bersamaku dan menolak untuk berhubungan suami-istri. Ia tidur sendiri di kamar yang berbeda. Cintanya sudah habis. Kami memang memiliki masalah, ibu mertuaku tinggal bersama kami. Beliau adalah seorang janda kaya raya. Beliau baru setahun menjanda. Tetangga-tetangga kami pun kerapkali seenaknya keluar masuk rumah kami, namun suami dan ibu mertuaku tak mempermasalahkannya. Alhasil, kondisi ini menciptakan masalah antaraku dengan suami dan ibu mertuaku. Meskipun demikian, aku tetap melaksanakan tanggung jawabku sebagai istri. Kami memiliki dua orang anak. Apa yang harus aku lakukan?

 

Jawaban (Aisha Mohammed-Swan):

Assalammu’alaikum,

Terimakasih atas pertanyaannya. Saya turut prihatin atas masalah yang tengah merundung Anda. Tentunya tak mudah menghadapi kondisi tersebut, terutama ketika ada orang lain yang keluar masuk rumah kita dan menyebabkan ketidaknyamanan. Mungkin, hidup dalam kondisi demikianlah yang mempengaruhi suami Anda sehingga ia melampiaskan kemelut jiwanya pada Anda, dan ini tentu tidak benar. Meskipun saya belum mengetahui pasti sudah berapa lama suami Anda berlaku buruk pada Anda dan tidak tidur bersama Anda, hal tersebut adalah hal yang melanggar syariat Islam.

Sementara Anda tidak memberikan informasi yang lebih detail, saya hanya dapat menyarankan Anda untuk berbicara dengan suami Anda, sampaikanlah bahwa Anda tidak bahagia dengan semua kondisi ini namun Anda ingin mempertahankan pernikahan kalian berdua jika memang memungkinkan. Mungkin, Anda, suami, dan anak-anak akan mendapatkan kembali fungsi keluarga yang sebagaimana mestinya jika tinggal di rumah sendiri, terpisah dari ibu mertua. Meski saya tidak mengetahui kemungkinannya, saya pikir tak ada salahnya saya menyarankan hal tersebut, karena pada banyak situasi, tinggal bersama mertua atau ipar memang dapat menyebabkan masalah dalam pernikahan.

Saya pun menyarankan agar Anda berdua berkonsultasi langsung dengan konselor pernikahan agar didapatkan akar permasalahan ini dengan jelas. Dari sana semoga didapatkan solusi agar keluarga Anda dapat bahagia bersama. Jika suami Anda menolak, atau Anda berdua tidak dapat menyatukan perbedaan pandang tersebut, Anda punya pilihan untuk bercerai. Allah menjadikan pernikahan sebagai jalan untuk berbahagia, kehidupan bersama yang menenangkan. Ketika masalah pernikahan muncul, kita berusaha menyelesaikannya secara Islami. Jika usaha tersebut gagal, perceraian dapat menjadi jalan, daripada terperangkap dalam kehidupan yang tidak bahagia. Jangan lupa untuk berdoa kepada Allah dan shalat istikharah untuk memutuskan langkah yang Anda tempuh. Jika Anda memerlukan konsultasi lebih lanjut, silakan hubungi kami. Doa kami untuk Anda.

Profil Konselor:

Aisha Mohammed-Swan, memperoleh gelar PhD dalam bidang psikologi pada tahun 2000 dari University of Integrative Learning. Aisha bekerja sebagai psikolog selama 12 tahun di Geneva B. Scruggs Community Health Care Center di New York, dengan fokus pada lini Depression, Anxiety, Marriage/Relationships, Community-Cultural Issues, and Life Stages.

Disklaimer:

Konsep dan rekomendasi yang diberikan dalam rubrik konsultasi ini bersifat sangat umum dan murni hanya berdasarkan informasi terbatas yang termuat dalam pertanyaan.

Diambil dari Rubrik Konsultasi situs Onislam.net

(esqiel/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk