Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Muslimahzone.com – Jika sebelumnya kita telah mengetahui penyebab mengapa anak susah makan, kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasinya.

Mengatasi balita susah makan memang merupakan salah satu dari sekian banyak tanggung jawab orang tua dalam menunjang proses pertumbuhan perkembangan serta menjaga kesehatan anak dan buah hati.

Usia balita adalah masa peralihan makanan dari makanan pendamping ASI ke makanan orang dewasa. Perhatikan porsi, jenis bahan makanannya serta kandungan gizi karena kemampuan sistem pencernaan anak belum sesempurna orang dewasa.

Pola makan harus berpedoman terhadap pola menu seimbang dan bahan makanan sebaiknya dipilih yang tidak memicu reaksi alergi. Hindari memberikan makanan dengan bumbu terlalu tajam karena bisa mengganggu pencernaan anak.

Beberapa tips dan cara mengatasi anak yang susah makan antara lain adalah sebagai berikut :

Mengetahui Penyebab Sulit Makan Anak

Jika anak susah makan, tentunya sebagai orangtua, ibu maupun ayah harus dan perlu tahu apa yang menyebabkan anak enggan untuk menelan makanan yang telah kita siapkan.

Apakah ia sedang sakit? Apakah selama ini respons orangtua yang salah dengan pola makan anak? Atau ada masalah psikologis yang membuat sang anak menjadi sulit makan. Penanganan yang terbaik sesuai dengan penyebabnya.

Dengan mengetahui akar penyebab masalah sulit makan balita ini, maka para orang tua baru memikirkan jalan dan solusi yang paling tepat dalam menangani permasalahan sulit makan pada anak-anak itu sendiri.

Jangan Memaksakan Anak

Yang juga kerap terlupakan, di usia balita ini rasa ingin tahu anak sudah semakin besar. Ia sudah punya selera tersendiri terhadap makanan. Apa cita rasa yang disukai anak, tugas orangtualah untuk menemukannya.

Yang perlu digarisbawahi adalah anak punya hak memilih kapan mau makan, seberapa banyak yang akan dikonsumsi olehnya. Jangan sampai orangtua mengambil langkah pemaksaan, karena sudah dipastikan anak akan semakin enggan dan kehilangan kepercayaannya terhadap orangtuanya sendiri.

Hal ini juga berakibat menghambat anak menentukan kapan waktu yang tepat untuk makan secara rutin.

Terapi Bermain dan Jadikan Saat Makan Menyenangkan

Biasanya cara ini dilakukan pada anak yang masih kecil hingga usia batita. Saat bermain, orangtua bisa mengamati dan menganalisis bagaimana pola bermain anak dari kisah-kisah yang diperlihatkan. Lewat terapi bermain, konflik permasalahan anak dapat ditelusuri, kemudian diatasi sesuai penyebabnya.

Hindari mengancam, menghukum, atau menakut-nakuti anak agar ia makan lebih banyak. Ini akan membuatnya merasa bahwa saat makan merupakan saat yang tidak menyenangkan. Dan bukan tak mungkin menimbulkan trauma psikologis baginya.

Mengajarkan Contoh Dan Perilaku Makan Yang Baik Dan Makan Teratur

Sediakan menu makanan yang bervariasi agar anak mengenal banyak rasa dan jenis makanan. Jadikanlah diri para orang tua ayah dan ibu untuk menjadi contoh yang baik dengan membiasakan makan bersama di meja makan.

Makan bersama merupakan ajang interaksi penting antara orangtua dan anak. Orangtua juga bisa menjadi teman menyenangkan di meja makan. Dengan begitu, hubungan orangtua dan anak semakin erat. Makan teratur atau sesuai dengan jadwal anak biasa makan adalah salah satu dari solusi mengatasi anak susah makan yang efektif.

Menjadwalkan waktu makan dengan teratur, agar si kecil terbiasa dengan waktu makannya. Sama halnya dengan waktu tidur, mandi dan sebagainya.

Beri Cemilan Sehat dan Menarik

Cemilan sehat

Setelah bisa berjalan, si kecil gemar bereksplorasi dengan lingkungannya. Apalagi ketika memasuki usia 2 tahun, aktivitasnya semakin banyak saja. Ini mungkin membuatnya sulit untuk duduk manis dan makan dengan tenang.

Untuk menyiasatinya, berikan ia cemilan sehat dalam porsi kecil namun beragam. Misalnya saja bola-bola kentang isi wortel dan daging cincang, sus mini isi fla coklat, donat tabur keju, dan sebagainya. Atau dengan variasi makanan camilan yang sehat yang bisa dibuat oleh para ibu di rumah untuk anak-anaknya.

Pentingnya Asupan Nutrisi Seimbang

Selain ibu mengetahui mengenai penyebab bayi yang susah makan serta cara mengatasinya, adakalanya para ibu harus tahu akan pentingnya nutrisi yang diperlukan oleh anak. Nutrisi yang cukup dan seimbang akan menentukan proses tumbuh kembang anak.

Asupan makanan pendamping ASI seperti bubur, sereal, biskuit serta sari buah dan sayur sangat diperlukan oleh bayi. Dalam hal ini pemilihan sumber nutrisi perlu diperhatikan dari nilai gizi yang terkandung di dalamnya hingga kebutuhan bayi akan nutrisinya.

Makanan yang masuk harus berpola seimbang dan bermanfaat bagi tubuh anak sebab akan mengurangi penyebab anak susah makan.

Demikian di antara cara untuk mengatasi anak yang susah makan. Semoga bermanfaat.

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
MHTI Kembali Menyelenggarakan Kongres Ibu Nusantara (KIN)
Menutup Aurat Hanya Musiman
Polemik Zakat Profesi Bulanan
Perbedaan Pendapat tentang Golongan yang Berhak Menerima Zakat Fithr
Ketika Mubahalah Telah Dipilih Sebagai Jalan Keluar
Ketika Tiga Kekuatan Menyatu di Bulan Ramadhan
Ada Keindahan Dibalik Ujian
Malam 1000 Bulan Pasti Hadir, Tidak Perlu Sibuk Mencari Tandanya
Sejauh Mana Kita Berbekal?
Adakah Rumah Tangga Ideal?
Kesederhanaan dalam Resepsi Pernikahan
Jodoh : Memilih Atau Dipilih ?
Ketika Istri Merasa Tidak Bisa Membahagiakan Suami
Nak, Silaturrahim Tak Hanya Saat Lebaran
Kunci Agar Anak Gemar Beribadah
Kunci Anak Agar Remaja Anda Jauh dari Kenakalan
Ma, Diperkosa Itu Diapain?
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Hindari Fitnah Wanita, Istri Shalihah Gantinya
Halal Buat Kami, Haram Buat Tuan…
Kisah Si Kaya dan Si Miskin (Pemilik Dua Kebun: Surat Al-Kahfi 32-44)
Gubernur Al-Hajjaj dan Pelajaran untuk Penguasa Durja
Dibalik Ketenaran Blewah di Bulan Ramadhan
Tetap Sehat Berpuasa Ketika Hamil
Cara Mengatasi Anak Susah Makan
Asam Lambung Naik, Coba Obat Alami Ini
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Tips Merebus Telur yang Baik
Tips Meningkatkan Minat Membaca Buku
7 Tips Menyapih Anak
Biji Ketapang Gurih dan Empuk
Renyah dan Gurihnya Kue Garpu
Menu Sahur : Pepes Tahu Teri Pedas
Es Cendol Segar untuk Keluarga Saat Berbuka