Cara Alami Mengatasi Susah BAB pada Balita

MuslimahZone.com – Saat si kecil susah buang air besar (BAB) mungkin ini adalah salah satu yang dikhawatirkan ayah bunda karena tak tega saat melihat mereka mengeluhkan sakit perut atau sakit saat sedang BAB. Umumnya susah buang air besar pada anak-anak disebabkan oleh pola makan yang tidak berimbang, meski demikian ayah bunda harus waspada dan segera menemui dokter jika gangguan pencernaan ini disertai dengan demam atau nampak ada bercak darah dikotoran si kecil.

Berikut adalah lima langkah yang dapat dilakukan ayah bunda agar si kecil BAB dengan teratur dan lancar.

1. Cukup minum. Banyak orang tua menganggap sepele perihal asupan cairan si kecil dibanding pemberian zat nutrisi pada makanan, padahal peran air bagi tubuh si kecil sangatlah vital. Setiap harinya anak balita rata-rata membutuhkan 1 – 1.5 liter cairan dan sumber terbaik dari cairan adalah air putih. Kurang cairan tidak hanya menyebabkan dehidrasi namun juga dapat menyebabkan konstipasi yang gejala-gejala umumnya berupa BAB tidak teratur, perut sakit, dan kotoran menjadi keras sehingga susah dikeluarkan.

2. Cukup serat. Meski serat (tak larut) ini tidak dicerna tubuh namun perannya sangat penting bagi kesehatan pencernaan si buah hati. Jika BAB mereka tidak teratur atau sering mengeluhkan sakit saat BAB, cek kembali apakah menu harian mereka sudah mengandung serat yang cukup? Beberapa jenis makanan yang terkenal akan kandungan seratnya yang tinggi adalah kacang-kacangan, jagung, beras merah, apel, brokoli, alpukat, dan oatmeal.

3. Posisi BAB. Saat si kecil mengeluhkan sakit perut dan mau BAB, posisikan dia untuk jongkok ditoilet, karena posisi ini dinilai lebih mudah untuk mengeluarkan kotoran daripada berdiri atau jongkok. Jika si kecil menggunakan pampers dan menolak dibawa ke toilet, posisikan dia tengkurap diatas paha ayah bunda sehingga bagian perutnya tertekan. Posisi ini akan memudahkan si kecil untuk BAB.

4. Gunakan ‘pelumas’. Saat kotoran si kecil menggumpal cukup besar dan keras, umumnya akan susah dikeluarkan dan menyebabkan sakit saat BAB. Jika kondisinya cukup parah hingga si kecil menangis, ayah bunda dapat menggunakan pelumas khusus untuk susah buang air besar. Pilih jenis yang betul betul pelumas tanpa obat, ayah bunda dapat memperolehnya di apotek terdekat yang biasanya di jual dalam bentuk gel dalam kemasan sekali pakai. Sebagai alternatif, dapat juga digunakan minyak kelapa yang dioleskan pada bagian anus si kecil agar BAB nya menjadi lebih mudah.

5. Air hangat. Untuk meredakan sakit perutnya, ayah bunda dapat memberikan kompres hangat atau air suam-suam kuku yang dimasukan kedalam botol atau plastik kemudian ditempelkan di perut si kecil sambil dipijat dengan gerakan melingkat searah jarum jam. Rasa hangat dari air tersebut dapat mengurangi sakit perut akibat sembelit.

(fauziya/balitapedia/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk