Budaya Unik Menempuhi Masa Golden Age Anak

MuslimahZone.comGolden Age atau Usia Emas anak memang tak mungkin terulang. Jika seorang manusia diibaratkan sebuah bangunan, maka masa golden age adalah fondasi dari bangunan itu. Kuat lemahnya bangunan tersebut sangat bergantung pada kerapihan dan kekuatan anyaman juga kualitas bahan baku yang digunakan untuk membentuk fondasi tersebut. Jika fondasi tersebut disusun dengan bahan-bahan yang baik dan teranyam kuat, bangunan setinggi apapun yang dibangun diatasnya akan berdiri kukuh. Tak terguncang karena angin dan tak roboh karena gempa.

Tentu dari kesadaran akan hal ini, orangtua tak akan menyia-nyiakan kesempatan untuk menempuhi masa golden age anak mereka dengan sebaik-baik upaya. Demikian kiranya yang dilakukan oleh para orangtua dan berbagai pihak di negeri Sakura sana dan di sebuah negara yang paling maju kualitas pendidikannya, Finlandia.

Budaya Berhenti Kerja bagi Ibu Hamil di Jepang

Seorang konsultan pendidikan terkemuka, Bapak Munif Chatib, penulis buku Orangtuanya Manusia, bercerita dalam bukunya bahwa seorang sahabatnya semasa SMA punya kesempatan belajar S-2, S-3, dan bekerja di Tokyo. Dia cukup kaget melihat suatu budaya kerja yang berkaitan dengan karyawati yang sedang hamil. Lewat email, sahabat ini menceritakan teman sekantornya, seorang perempuan berpendidikan tinggi yang telah menikah dan hamil.

Sesuai budaya di Jepang untuk ibu hamil, si ibu muda itu segera menulis surat pengunduran diri. Lalu, pemimpin perusahaan mengadakan semacam upacara perpisahan sederhana. Pada acara tersebut, berkumpullah semua karyawan dan sang pemimpin untuk melepas ibu muda yang sedang mengandung tadi. Kemudian, sang ibu hamil ini berpidato: “Maaf Teman-Teman, hari ini adalah hari yang paling penting dalam hidupku. Aku tengah mengandung anak pertamaku. Janin di perutku ini sekarang adalah proyek besarku. Jadi, izinkan aku untuk sementara waktu meninggalkan kalian, berhenti sebentar untuk perkembangan janinku.”

Kebanyakan ibu hamil akan mengikuti kursus dan pendidikan ibu hamil pada lembaga yang biasa disebut prenatal school. Biasanya, wanita di Jepang akan bekerja dan berkarier kembali ketika anaknya sudah berusia 8 tahun ke atas atau setelah melewati usia golden age.

Finlandian Baby Box

Ada budaya luar biasa di Finlandia. Secara resmi, pemerintah Finlandia akan memberikan hadiah kepada setiap bayi yang baru lahir berupa baby box secara cuma-cuma. Bingkisan itu berisi pakaian untuk bayi berbagai musim, selimut, handuk, kantong tidur, kasur, sikat rambut, gunting kuku, buku gambar, dan beberapa mainan bayi yang dapat digunakan sampai bayi berusia 2 tahun. Isi baby box tersebut dapat berubah-ubah, tergantung kepada kebutuhan dan perkembangan pengetahuan kesehatan dan teknologi tentang bayi.

(esqiel/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Menikah Muda Why Not ?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Anak-anak dan Membaca
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Wanita Muslimah yang Tangguh
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Tips Kecantikan ala Aisyah Istri Nabi
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk