Buah Alpukat: Membuat Sehat, Awet Muda dan Cegah Penuaan Dini

Muslimahzone.com – Penuaan dini merupakan hal yang paling ditakuti oleh sebagian orang terutama di kalangan wanita.

Biasanya berbagai produk kecantikan mereka pakai untuk menutupi keriput yang ada di wajahnya. Namun menggunakan make up bukanlah satu-satunya cara untuk menutupi penuaan dini.

Penuaan dini tidak hanya terjadi pada orang yang sudah berumur, tetapi terkadang orang yang masih muda pun mengalaminya. Hal tersebut terjadi karena beberapa faktor seperti, terlalu banyak berpikir, suka ikut-ikut mode, ganti-ganti alat kosmetik, dan jarang mengkonsumsi sayur dan buah.

Untuk mencegah terjadinya penuaan dini ada salah satu cara alami yang bisa dilakukan, yaitu dengan menggunakan buah alpukat. Buah alpukat diyakini kaya akan vitamin A,B,C dan E, serta mengandung karbohidrat, lemak, protein kalsium, fosfor, zat besi dan kaya akan serat. Maka tak heran bila alpukat juga berfungsi melembabkan kulit.

Untuk cara penggunaanya ambil daging alpukat sebanyak 2-3 sendok makan, haluskan dan sisihkan, bersihkan wajah Anda, setelah bersih oleskan alpukat pada wajah secara merata, diamkan selama 15 menit, kemudian bersihkan dengan air bersih. Usahakan lakukan hal tersebut seminggu 3 kali agar memperoleh hasil yang maksimal.

Sebuah studi membuktikan secara resmi bahwa alpukat merupakan senjata ampuh untuk melawan penuaan dan bermacam penyakit. Lebih khususnya, kandungan minyak pada alpukat mampu melawan radikal bebas yang mempercepat penuaan dan juga meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker.

Alpukat memang hampir sama seperti sayur dan buah lain seperti wortel dan tomat yang bisa mengusir radikal bebas dari dalam tubuh. Namun buah alpukat dinilai lebih ‘ampuh’ karena senyawa antioksidan alpukat mampu masuk ke dalam mitokondria yang merupakan tempat sel-sel tubuh manusia mengubah makanan menjadi energi.

“Radikal bebas bisa merusak mitokondria, menyebabkan produksi energi berhenti dan sel menjadi mati. Analoginya adalah jika ada minyak bocor dan kita hanya membersihkan bekas kebocoran itu, maka ikan akan tetap mati. Jadi kita harus mencari sumber kebocoran dan memperbaikinya,” terang salah satu peneliti dariUniversity Michoacana de San Nicolas de Hidalgo di Mexico, Christian Cortes-Rojo Daily Mail (24/4/12).

Radikal bebas berasal dari limbah yang tidak sehat, seperti polusi, tembakau, dan radiasi. Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh akan memicu reaksi kimia dan merusak membran sel, protein, bahkan DNA. Fenomena ini merupakan salah satu penyebab dari penuaan dini dan kerusakan arteri serta penyakit kanker.

Studi yang telah dilaporkan dalam konferensi tahunan American Society for Biochemistry and Molecular Biologyini pun menyebutkan bahwa alpukat mengandung minyak yang membuat sel-sel mampu bertahan dalam konsentrasi zat besi yang tinggi atau elemen pembentuk radikal bebas. Minyak alpukat memiliki komposisi yang hampir sama dengan minyak zaitun yang juga ampuh dalam mengurangi kadar kolesterol dalam darah, lemak jahat, dan risiko serangan penyakit diabetes.

Selain dengan cara menggunakan alpukat, cara paling mudah mencegah penuaan dini adalah dengan memperbanyak minum air putih, istirahat yang cukup dan mengonsumsi buah dan sayur. (merdeka/salam-online/muslimahzone.com)

Komentar Anda

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Menikah Muda Why Not ?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Anak-anak dan Membaca
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Wanita Muslimah yang Tangguh
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Tips Kecantikan ala Aisyah Istri Nabi
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk