Bolehkah Ibu Hamil Makan Bakso ?

Muslimahzone.com – Ibu hamil perlu menjaga asupan makanan yang dikonsumsinya dengan baik. Hal ini dikarenakan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh si janin dalam rahim ibu akan erat kaitannya dengan apa yang dikonsumsi oleh si ibu selama masa kehamilan. Seperti yang kita ketahui tercukupinya kebutuhan gizi dan nutrisi ibu hamil akan dapat menunjang tumbuh kembang si janin menjadi lebih lancar dan tidak terkendala.

Sebaliknya, asupan gizi yang terhalang atau datang dari sumber yang tidak baik akan dapat menimbulkan masalah bagi tumbuh kembang buah hati ibu dalam kandungan. Selain itu, bukan tidak mungkin kondisi ini akan dapat menimbulkan masalah serupa pada ibu hamil.

Saat dinyatakan hamil oleh dokter, seorang ibu wajib untuk mulai memperhatikan asupan makanan yang ia konsumsi sehari-hari demi menjaga kandungannya tetap berkualitas. Akan tetapi, proses inilah yang seringkali mengundang kekhawatiran dan kegelisahan pada sebagian besar ibu hamil yang berusaha dengan baik memilah jenis makanan yang akan mereka konsumsi.

Pada akhrinya hal ini membuat mereka enggan mengkonsumsi jenis makanan yang seringkali menjadi kontroversi. Padahal sebenarnya, belum tentu makanan yang selama ini menjadi kontroversi tersebut adalah makanan berbahaya yang dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Bisa jadi jenis makanan tersebut adalah makanan yang memiliki kandungan yang justru baik untuk kesehatan ibu dan perkembangan si janin dalam kandungan.

Bisa dibayangkan berapa banyak manfaat dan kandungan gizi yang ibu lewatkan dari tidak mengkonsumsi jenis makanan tersebut karena takut makanan tersebut akan menjadi sumber masalah untuk kesehatan dan perkembangan si buah hati.

Nah, dari sinilah penting sekali mengetahui dan menggali lebih dalam informasi mengenai jenis makanan dan kandungan pada makanan yang akan dikonsumsi. Karena ini akan menjadi dasar pengetahuan bunda dalam memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dan si kecil dalam kandungan dengan lebih baik.

Tidak ada salahnya mulai bertanya pada orang lain yang sudah berpengalaman dan dapat dipercaya mengenai jenis makanan yang akan anda konsumsi. Selain itu, mulai rajinlah berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter terdekat bila anda mulai mengalami keluhan dan masalah dengan kehamilan anda saat ini. Dengan begini maka kegiatan makan dan menyantap hidangan makanan akan dapat dirasakan dengan lebih baik.

Ya, memang penting mendapatkan informasi terpercaya dari sumber yang bisa dipertanggung jawabkan, apalagi bila kaitannya dengan makanan yang akan anda santap. Hal ini dikarenakan saat ini tidak sedikit jenis makanan yang tersebar di masyarakat memiliki kandungan berbahaya yang amat dipantang dikonsumsi oleh ibu hamil.

Beberapa jenis makanan ini akan dapat mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan perkembangan si buah hati dalam kandungan apabila ibu hamil baik secara sengaja atau tidak sengaja mengkonsumsi jenis-jenis makanan tersebut dengan waktu yang lama, seperti halnya dengan bakso.

Bakso adalah salah satu jenis kuliner yang cukup digilai masyarakat Indonesia. Bahkan bisa dibilang ini adalah salah satu menu hidangan makanan yang menyeluruh. Mulai dari anak-anak, kaum remaja, orang dewasa sampai dengan orangtua sekalipun semua suka dengan hidangan yang satu ini.

Penyantapannya pun tak perlu menunggu waktu-waktu tertentu sebab kapan saja hidangan ini bisa anda konsumsi, baik saat pagi hari, siang hari, sore hari atau pada saat malam hari kuliner dari olahan daging yang dibuat dengan bentuk bulat-bulat yang begitu khas ini memang nikmat disantap kapan saja dan dimana saja.

Hampir semua tempat ditanah air ini memiliki sajian bakso yang berbeda-beda disesuaikan dengan selera masyarakatnya. Hanya saja, yang jadi pertanyaan disini apakah konsumsi bakso aman untuk ibu hamil? Apakah bahaya? Nah, untuk lebih dalamnya lagi mari kita kupas lebih dalam apakah ibu hamil boleh atau tidak mengkonsumsi bakso?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Bakso?

Pertayaan ini tentu menjadi dilema untuk seorang ibu hamil, terutama jika sebelum masa kehamilan anda adalah seorang penggemar berat dari hidangan kuliner yang satu ini. Akan tetapi saat ini banyak rumor yang beredar ibu hamil dilarang mengkonsumsi jenis makanan ini. Namun sebagian lain berpendapat sah-sah saja ibu hamil menikmati sajian bakso. Nah, untuk anda yang memang seorang penggemar berat bakso dengan mendengar rumor ini anda tentu akan dibuat bingung dan tak karuan. Lalu benarkah demikian?

Kelezatan olahan kuliner yang dibuat dari olahan daging dan dipadu dengan campuran bahan lainnya seperti mie, sayuran dan juga kuah yang gurih menjadikan sajian ini sulit untuk ditolak.

Akan tetapi untuk ibu hamil yang ingin melakukan konsumsi terhadap makanan yang satu ini sebenarnya boleh-boleh saja selama ibu hamil memperhatikan betul rambu-rambu dalam mengkonsumsi bakso dan terutama adalah porsi yang dikonsumsi dari menikmati bakso tidak dilakukan secara berlebihan sebab hal ini akan berbahaya.

Selain itu, tentunya penting sekali untuk ibu hamil yang ingin menikmati bakso sebaiknya pengolahan bakso itu sendiri diperhatikan dengan baik dan bakso tentunya harus dibuat dari daging yang berkualitas dan bebas dari campuran berbahaya guna memastikan keamanannya dengan baik.

Kapan Bakso Dilarang Untuk Ibu Hamil?

Banyak orang yang tidak menganjurkan kuliner yang satu ini disantap oleh ibu hamil. Akan tetapi rupanya larangan yang satu ini pun tidak sembarang dinyatakan begitu saja tanpa hal yang mendasarinya. Konsumsi bakso pada ibu hamil bisa sangat menakutkan apabila ibu hamil mengkonsumsi bakso dengan kondisi:

  • Terdapat Kandungan MSG yang Tinggi Pada Bakso

Dalam bakso yang dijual di pasaran dengan bebas seringkali ditemukan jenis bakso yang mengandung beberapa zat yang tidak baik untuk tubuh, salah satunya adalah kandungan MSG (monosodium glutamate). Kandungan yang satu ini tentu tidak akan baik apabila dikonsumsi oleh ibu hamil sebab akan dapat menganggu perkembangan sel otak pada janin anda.

Bahkan bahaya MSG lain pada ibu hamil bisa sampai menghidupkan atau mengaktifkan dan membantu pembelahan sel kanker dalam tubuh. Bahkan beberapa orang yang telah terbiasa mengkonsumsi MSG memiliki resiko terkena kanker payudara lebih besar dibandingkan mereka yang tidak terlalu banyak mengkonsumsi MSG.

  • Terdapat Kandungan Pengawet

Selain bahan di atas, bahan lain yang juga dikhawatirkan dalam konsumsi bakso pada ibu hamil adalah adanya kandungan pengawet yang tidak baik untuk tubuh seperti kandungan natrium. Pengawet ini menjadi pantangan makanan untuk ibu hamil dan sebaiknya tidak dikonsumsi. Hal ini dikarenakan konsumsi terhadap zat jenis ini akan dapat merusak sel yang ada dalam tubuh sehingga ibu hamil rentan terkena serangan berbagai penyakit dalam tubuhnya.

  • Olahan Daging yang Tidak Baik

Daging dalam bakso yang dimasak dikhawatirkan tidak benar-benar dimasak dengan matang atau masih dalam keadaan mentah. Padahal zat-zat seperti mikroorganisme toksoplasma yang terdapat pada daging dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Salah satunya kondisi ini akan dapat mempengaruhi perkembangan fisik si janin. Beberapa resiko kelahiran cacat pada janin pun akan menjadi hal yang cukup menakutkan dalam hal ini.

Demikianlah beberapa ulasan dari bolehkah ibu hamil makan bakso? Pada dasarnya ibu hamil boleh mengkonsumsi jenis makanan ini selama kualitas dari bakso tersebut dapat diperhatikan dengan baik.

(bidanku/muslimahzone.com)

 

No Responses

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk