Beberapa Jenis Makanan Sehat Bagi Ibu Hamil

MuslimahZone.com – Kehamilan adalah masa yang sangat ditunggu-tunggu oleh pasangan yang baru menikah. Pasangan yang sedang mengalami masa kehamilah biasanya sangat antusias, namun juga diselingi dengan rasa harap-harap cemas. Hal ini dikarenakan masa kehamilan juga bisa dikatakan sebagai masa dimana berbagai hal harus diperhatikan dengan cermat sehingga kehamilan dapat tetap dalam kondisi yang sehat. Disamping menjaga kesehatan kehamilan, ibu hamil juga sebaiknya menjaga kesehatannya sendiri. Dengan menjaga kesehatan dengan baik, maka resiko keguguran atau gangguan pada kehamilan dapat diminimalkan.

Salah satu cara yang biasa diterapkan ibu hamil untuk menjaga kesehatan kehamilannya dan juga dirinya sendiri adalah dengan menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Hal ini tentu dirasa wajar. Makanan yang dimakan ibu hamil akan dapat memberikan asupan energy dan gizi yang baik bagi tubuh, dan juga sekaligus akan menjadi asupan yang dikonsumsi oleh janin di dalam kandungan untuk terus bertumbuh dengan sehat. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang sehat untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Jenis makanan pertama adalah telur, sebuah bahan makanan yang sangat mudah didapat dan sering dikonsumsi oleh banyak orang. Telur memiliki berbagai kandungan sehat seperti protein, vitamin, dan mineral. Disamping itu, kandungan kolin pada telur dapat membantu pertumbuhan bayi dan kecerdasan otak bagi bayi yang ada di dalam kandungan.

Jenis makanan berikutnya adalah kacang-kacangan, jenis makanan ini banyak ditemukan di Indonesia, dari kacang merah, kacang tanah, kacang hijau, kacang polong, dan lain sebagainya. Kacang kaya akan protein yang baik untuk ibu hamil. Kacang juga kaya akan serat yang baik untuk metabolism tubuh.

Jenis makanan berikutnya yang mudah didapatkan adalah ubi jalar dan biji-bijian. Ubi jalar kaya akan vitamin A dan C. Selain itu ubi jalar juga kaya akan serat yang baik untuk tubuh. Untuk jenis biji-bijian, ibu hamil bisa mengkonsumsi popcorn yang kaya akan vitamin E yang dapat membantu menjaga kesehatan kehamilan.

Ikan Salmon juga dapat dikonsumsi oleh ibu hamil. Ikan ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Ikan salmon juga kaya akan kandungan Omega 3 yang akan sangat berguna bagi perkembangan kecerdasan otak pada bayi yang ada di dalam kandungan.

Dan yang tidak kalah penting adalah sayur-sayuran dan buah-buahan yang merupakan  sumber makanan yang memiliki kandungan gizi dan serat yang baik.

Sumber: doktersehat.com

(fauziya/muslimahzone.com)

Komentar Anda

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Menikah Muda Why Not ?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Anak-anak dan Membaca
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Wanita Muslimah yang Tangguh
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Tips Kecantikan ala Aisyah Istri Nabi
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk