Bang Gogon: Kisah tentang Rokok, Sel Tahanan, dan Pengorbanan Istri

MuslimahZone.com – Ahmad Sumargono atau yang dikenal dengan panggilan Bang Gogon adalah seorang tokoh nasional negeri ini (rahimahullah). Beliau termasuk salahseorang aktivis Islam senior yang sempat merasakan pesantren di balik jeruji besi pada era 80-an. Seorang yang sudah membuktikan khidmatnya kehidupan kepada Islam dan kaum Muslimin Indonesia -semoga Allah memberinya ganjaran pahala yang melimpah dan memberkahi istri dan anak keturunannya, aamiin-. Kisah mengharukan tentang rokok-merokok ini terekam dalam kata-kata penutup dalam buku karangannya yang ditulis khusus untuk istri beliau tercinta, Taushiyah buat Istriku, Surat-Surat yang Tercecer dari Belakang Terali Besi.

Setelah hampir enam bulan merasakan nikmatnya ber-uzlah dan ber-’idad bersama para ikhwan dari berbagai ormas di Rumah Tahanan Guntur -mereka menyebutnya Pesantren Guntur- beliau dibebaskan. Banyak hikmah yang beliau dapatkan ketika dalam tahanan, katanya, “Yang jelas ilmu saya bertambah, dari mulai bertambahya hafalan Al Quran sampai dengan ilmu da’ah yang saya dapati dari para ikhwan seperjuangan, baik mereka dari NU, Muhammadiyah, sampai dengan PERSIS.” Di dalam tahanan pula kebiasaan beliau merokok sudah berhenti, namun sayangnya ketika di luar sel beliau mulai lagi, meski kebiasaan berpuasa Senin-Kamis ketika di dalam sel tetap bertahan.

Saat itu baru sebulan ia keluar dari tahanan. Kerinduan masih amat menyelimuti hari-hari keluarganya. Namun, ketika menjelang penyelenggaraan haji, sang istri membujuk sang suami agar mengizinkannya ikut tugas dalam Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) karena istri beliau adalah dokter senior yang dipercaya lagi. Meski masih kangen, tapi karena merasa simpati pada keadaaan istri yang hampir enam bulan dalam keadaan prihatin, maka dengan ikhlas beliau mengizinkan sang istri untuk berangkat haji lagi.

Setelah istri beliau berangkat, beliau bercerita, “Ternyata kali ini saya betul-betul merasa kehilangan, hidup sendiri lagi, bahkan kali ini harus mengurus anak-anak, betapa terasa bagaimana hidup tanpa istri. Pada saat itulah saya bernazar  kepada Allah, apabila istri saya selamat dan jodoh kami dipanjangkan, maka saya akan berhenti merokok.”

Beliau melanjutkan, “Usai –istri, red.- melaksanakan ibadah haji, saya jemput di Bandara Halim Perdana Kusuma sambil asyik merokok. Setiap jama’ah yang kembali saya tanyakan, Dokter Joon sudah kembali?, kemudian ada yang menjawab, sudah Pak, ibu dokter sedang ngurus jama’ah haji yang meninggal.”

“Alhamdulillah, begitu saya melihat dia keluar –istri beliau,red.- keluar dari embarkasi sambil mendorong barang-barang bawaannya, maka nazar saya berhenti merokok dimulai, langsung secara sponta saya jatuhkan rokok saya sambil menginjaknya, dan sisa rokok yang masih di kantong sebanyak delapan batang lagi, saya buang dan saya injak pula. Sejak itulah saya berhenti total merokok, sampai saat ini.”

Subhanallah, ternyata bukan perihnya sel tahanan yang membuat seorang suami mampu menghilangkan kebiasaan negatif yang kerap berulang, melainkan pengorbanan tulus seorang istri. (esqiel/muslimahzone.com)

Komentar Anda

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Menikah Muda Why Not ?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Anak-anak dan Membaca
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Wanita Muslimah yang Tangguh
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Tips Kecantikan ala Aisyah Istri Nabi
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk