Bahaya yang Terkandung dalam Lipstik

Muslimahzone.com – Dari sekian banyak peralatan make-up yang dimiliki wanita, lipstik biasanya menjadi salah satu make-up yang mudah ditemukan pada tas make-up wanita selain bedak atau tabir surya. Lipstik sendiri dianggap dapat meningkatkan kepercayaan diri kaum hawa karena bisa membuat warna bibir menjadi lebih menarik dari biasanya. Lipstik yang bisa dioleskan di bibir dan dipakai dalam waktu yang lama tentu berpotensi untuk bercampur dengan makanan atau minuman mengingat bibir tentu akan bertemu langsung dengan gelas atau makanan yang digigit. Apakah hal ini bisa membahayakan kesehatan tubuh?

Sebagaimana kebanyakan bahan make-up, lipstik juga dibuat dari bahan kimia. Memang, lipstik kini diklaim banyak menggunakan bahan alami layaknya air, minyak, atau gel. Namun, lipstik tentu saja tidak bisa lepas dari bahan kimia agar dapat membuat tampilan bibir menjadi lebih baik. Bahan kimia inilah yang bisa menyebabkan masalah bagi kesehatan tubuh, khususnya pada area bibir. Sebagai contoh, bibir yang terlalu sering menggunakan lipstik bisa menjadi lebih hitam dan pucat. Bahan kimia pada lipstik bisa membuat pigmen warna pada lipstik tersebut mengendap pada permukaan bibir dan mempengaruhi warna bibir secara keseluruhan. Selain itu, banyak sekali kasus dimana bibir pun menjadi mudah pecah-pecah dan kasar karena menggunakan lipstik terus-menerus.

Disamping berakibat fatal bagi bibir, penggunaan lipstik, khususnya yang memiliki banyak kandungan bahan kimia berbahaya juga bisa menyebabkan penyakit berbahaya. Sebagai contoh, lipstik yang memiliki kandungan merkuri cukup tinggi maka dapat membuat resiko penggunanya terkena penyakit kanker. Kandungan kimia berbahaya lain layaknya methylparaben juga bisa menambah besar resiko terkena kanker ini. Disamping itu, kandungan retinyl palmitate yang terkadang dikandung lipstik juga bisa membuat gangguan pada reproduksi atau janin saat penggunanya hamil.

Jika anda tetap ingin menggunakan lipstik dengan aman, ada baiknya anda juga harus memperhatikan seberapa lama anda memakai lipstik. Jika memang benar-benar harus memakainya, segera bersihkan lipstik setelah tidak diperlukan lagi dengan pembersih yang berkualitas. Pemilihan lipstik juga menjadi hal yang krusial mengingat banyak produk lipstik palsu yang cenderung lebih murah namun mengandung banyak bahan berbahaya dan menyebabkan alergi pada bibir. Jangan asal tergiur harga murah jika memang justru nantinya akan berbahaya bagi kesehatan anda.

(doktersehat/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk