Asupan Makanan Untuk Kesehatan Rahim Selama Kehamilan

Muslimahzone.com – Kehamilan merupakan masa yang sangat membanggakan bagi wanita, apalagi bagi anda yang baru saja menjalani kehamilan pertama. Ibu hamil atau dikenal dengan istilah kedokteran gravida, di dalamnya terdapat embrio yang mengalami pertumbuhan hingga 42 minggu. Pada masa awal kehamilan atau dikenal dengan istilah trimester memiliki kebutuhan yang berbeda, misalnya saja pada trimester pertama yang membutuhkan makanan yang mengandung asam folat dan beberapa makanan yang dapat menguatkan janin anda dikarenakan pada bulan-bulan pertama sangat rentan terhadap keguguran.

Memasuki pada usia kandungan di trimester kedua berbagai organ tubuh sudah mulai berkembang, sehingga pertumbuhan dan perkembangannya harus disertai dengan dukungan dari asupan nutrisi yang sesuai. Pengaturan pola makan harus anda perhatikan begitu juga ketika memasuki trimester akhir dimana persalinan sangat dekat dengan anda. Beberapa makanan yang sangat membantu dalam menyediakan energi dapat anda konsumsi dengan kebutuhan yang disesuaikan. Berbagai cara dilakukan dalam menjaga tumbuh kembang janin dari mulai makanan yang menutrisi hingga latihan bagi ibu hamil.

Meskipun demikian, ibu hamil tidak hanya sekedar membutuhkan asupan nutrisi dan latihan kehamilan. Akan tetapi, ternyata ibu hamil berharap bahwa bayi yang mereka lahirkan kelak memiliki kulit yang putih dan bersih. Bahkan mitos yang beredar di masyarakat bahwa kulit bayi yang bersih dan putih dapat dilakukan dengan senantiasa menjaga kebersihan air ketuban dari asupan makanan, betulkah demikian?

Pada umumnya kulit yang putih berasal dari gen alias diwariskan dari keluarga baik dari ibu ataupun ayah sehingga beberapa makanan tidak dapat mengubah gen tersebut. Akan tetapi, dalam menjaga air ketuban yang bersih dan putih (tidak keruh) sehingga menjaga kesehatan rahim selama kehamilan dapat anda pilih beberapa makanan berikut :

1.    Air Putih

Ibu hamil memang disarankan untuk mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuhnya. Anda disarankan untuk mengkonsumsi air putih yang berpengaruh pada kejernihan air ketuban dan dapat membuat metabolisme yang lebih lancar pada tubuh anda. Beberapa ibu hamil merasakan mual ketika mengkonsumsi air putih, maka anda dapat mengkonsumsi air putih yang hangat dengan sedikit rasa dari perasaan lemon, tentu saja tanpa tambahan gula .

2.    Kacang Hijau

Kacang hijau memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk ibu hamil, nutrisi yang dibutuhkan diantaranya adalah kandungan asam folat, protein, vitamin B1 dan B2, adapula kandungan kalsium dan fosfor yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Selain itu kandungan protein nabati yang dimiliki oleh kacang hijau dapat membantu perkembangan ibu hamil. Dengan rajin mengkonsumsi kacang hijau akan membantu dalam menjaga kejernihan air ketuban dan tentunya kesehatan janin lebih terjaga.

3.    Air Kelapa Muda

Berbagai ahli kesehatan menyarankan untuk mengkonsumsi air kelapa pada usia kandungan 6 bulan ke atas. Kandungan elektrolit yang terdapat di dalam air kelapa akan membantu dalam menjaga kesehatan rahim terutama kebersihan air ketuban. Dengan terjaganya kebersihan air ketuban akan membantu anda dalam menjaga kebersihan bayi di dalam kandungan anda.

Dengan demikian, bagi anda yang sedang hamil, kandungan nutrisi yang terdapat di dalam makanan akan membantu anda dalam menjaga perkembangan bayi di dalam kandungan. Begitu juga manfaat yang dihasilkan oleh makanan yang anda konsumsi dalam menjaga beberapa faktor pendukung kesehatan termasuk makanan yang membantu anda dalam menjaga kesehatan rahim dan air ketuban yang tetap jernih.

(bidanku/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Pesta Seks Bukan Nikmat Terbesar di Surga
Secular Radicalism, The Real Blasphemy
Biasakanlah Anak Minta Izin Ketika Masuk Kamar Orangtua
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Hati-hati Merusak Kebahagiaan Orang Lain Tanpa Sadar
Berhenti Menghujat Saudara Sendiri di Sosial Media
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Nasehat Tere Liye Seputar Jodoh
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Tepuk Anak Sholeh dan Benih Radikalisme
Kerap Terlupakan Orangtua Mendidik Adab Anak
Mengapa Ayah Lebih Sabar daripada Ibu
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Jika Telah Caesar 3x, Apakah Boleh Steril/Tubektomi?
Sharing : Melahirkan Hanya 3 Kali Mengejan
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk