Asupan Makanan Untuk Kesehatan Rahim Selama Kehamilan

Muslimahzone.com – Kehamilan merupakan masa yang sangat membanggakan bagi wanita, apalagi bagi anda yang baru saja menjalani kehamilan pertama. Ibu hamil atau dikenal dengan istilah kedokteran gravida, di dalamnya terdapat embrio yang mengalami pertumbuhan hingga 42 minggu. Pada masa awal kehamilan atau dikenal dengan istilah trimester memiliki kebutuhan yang berbeda, misalnya saja pada trimester pertama yang membutuhkan makanan yang mengandung asam folat dan beberapa makanan yang dapat menguatkan janin anda dikarenakan pada bulan-bulan pertama sangat rentan terhadap keguguran.

Memasuki pada usia kandungan di trimester kedua berbagai organ tubuh sudah mulai berkembang, sehingga pertumbuhan dan perkembangannya harus disertai dengan dukungan dari asupan nutrisi yang sesuai. Pengaturan pola makan harus anda perhatikan begitu juga ketika memasuki trimester akhir dimana persalinan sangat dekat dengan anda. Beberapa makanan yang sangat membantu dalam menyediakan energi dapat anda konsumsi dengan kebutuhan yang disesuaikan. Berbagai cara dilakukan dalam menjaga tumbuh kembang janin dari mulai makanan yang menutrisi hingga latihan bagi ibu hamil.

Meskipun demikian, ibu hamil tidak hanya sekedar membutuhkan asupan nutrisi dan latihan kehamilan. Akan tetapi, ternyata ibu hamil berharap bahwa bayi yang mereka lahirkan kelak memiliki kulit yang putih dan bersih. Bahkan mitos yang beredar di masyarakat bahwa kulit bayi yang bersih dan putih dapat dilakukan dengan senantiasa menjaga kebersihan air ketuban dari asupan makanan, betulkah demikian?

Pada umumnya kulit yang putih berasal dari gen alias diwariskan dari keluarga baik dari ibu ataupun ayah sehingga beberapa makanan tidak dapat mengubah gen tersebut. Akan tetapi, dalam menjaga air ketuban yang bersih dan putih (tidak keruh) sehingga menjaga kesehatan rahim selama kehamilan dapat anda pilih beberapa makanan berikut :

1.    Air Putih

Ibu hamil memang disarankan untuk mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuhnya. Anda disarankan untuk mengkonsumsi air putih yang berpengaruh pada kejernihan air ketuban dan dapat membuat metabolisme yang lebih lancar pada tubuh anda. Beberapa ibu hamil merasakan mual ketika mengkonsumsi air putih, maka anda dapat mengkonsumsi air putih yang hangat dengan sedikit rasa dari perasaan lemon, tentu saja tanpa tambahan gula .

2.    Kacang Hijau

Kacang hijau memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk ibu hamil, nutrisi yang dibutuhkan diantaranya adalah kandungan asam folat, protein, vitamin B1 dan B2, adapula kandungan kalsium dan fosfor yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Selain itu kandungan protein nabati yang dimiliki oleh kacang hijau dapat membantu perkembangan ibu hamil. Dengan rajin mengkonsumsi kacang hijau akan membantu dalam menjaga kejernihan air ketuban dan tentunya kesehatan janin lebih terjaga.

3.    Air Kelapa Muda

Berbagai ahli kesehatan menyarankan untuk mengkonsumsi air kelapa pada usia kandungan 6 bulan ke atas. Kandungan elektrolit yang terdapat di dalam air kelapa akan membantu dalam menjaga kesehatan rahim terutama kebersihan air ketuban. Dengan terjaganya kebersihan air ketuban akan membantu anda dalam menjaga kebersihan bayi di dalam kandungan anda.

Dengan demikian, bagi anda yang sedang hamil, kandungan nutrisi yang terdapat di dalam makanan akan membantu anda dalam menjaga perkembangan bayi di dalam kandungan. Begitu juga manfaat yang dihasilkan oleh makanan yang anda konsumsi dalam menjaga beberapa faktor pendukung kesehatan termasuk makanan yang membantu anda dalam menjaga kesehatan rahim dan air ketuban yang tetap jernih.

(bidanku/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
MHTI Kembali Menyelenggarakan Kongres Ibu Nusantara (KIN)
Miris, Pasca Gempuran ke Aleppo Jokowi Malah Tanda Tangan Kerjasama dengan Iran
Keutamaan Ilmu
Tata Cara Mandi Haid dan Mandi Junub
Peran besar muslimah dalam dakwah Islam
Aroma Mewangi Minyak Kasturi
Neraka Jahannam Sepanjang Hidup, Surga Sepanjang Hidup
Rizki di Tangan Allah
Pada Suatu Titik
Mencari Jalan Pulang
Jodoh : Memilih Atau Dipilih ?
Ketika Istri Merasa Tidak Bisa Membahagiakan Suami
Pastikan Izin Suami Jika Ingin Menjalankan Shaum Sunnah
Satu-satunya Cinta yang Perlu Ada dalam Pernikahan bahkan dalam Kehidupan
Kenapa Anakku Susah Banget Sih Disuruh Sholat?
Aku Peduli Iman Anakku
Anak Sukses Bermula dari Bangun Pagi
Jangan Sia-Siakan “Masa SMA”
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
Kisah Si Kaya dan Si Miskin (Pemilik Dua Kebun: Surat Al-Kahfi 32-44)
Gubernur Al-Hajjaj dan Pelajaran untuk Penguasa Durja
Nilai Ketaatan Isteri pada Suami
Nenek Penjaga Wahyu Al-Qur’an
Cara Mengatasi Anak Susah Makan
Asam Lambung Naik, Coba Obat Alami Ini
Popok Bayi Sekali Pakai VS Popok Kain
Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?
Tips Merebus Telur yang Baik
Tips Meningkatkan Minat Membaca Buku
7 Tips Menyapih Anak
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
Tips Merebus Telur yang Baik
Resep Aneka Olahan Singkong
Nikmatnya Pangsit Kuah Hangat Buatan Sendiri
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga