Anggota Dewan Syura Perempuan Dilantik, Ulama Menggugat

Muslimahzone.com – Untuk pertama kalinya dalam sejarah Kerajaan Saudi, negeri itu membenarkan kaum perempuan duduk di Dewan Syura. Sebanyak 30 perempuan diambil sumpah dan dilantik sebagai anggota Dewan bersama anggota dewan lainnya di ibu kota Riyadh.  Anggota Dewan Syura Saudi dilantik pada hari Selasa (19/2/2013) di hadapan Raja Abdullah bin Abdul Aziz.

“Saya senang bertemu dengan Anda dalam sesi pembukaan Pertemuan Dewan Syura Keenam, pertemuan pertama di mana wanita berpartisipasi,” kata Raja Abdullah dalam sambutannya.

“Tujuan kita didasarkan pada mengaktifkan kerja dewan dengan realisasi yang didasarkan pada rasionalitas yang tidak terburu-buru yang dapat membawa perdebatan tanpa hasil,” tambahnya.

Para anggota wanita mengambil tempat duduk mereka di ruangan yang sama dengan anggota 130 laki-laki dan dilantik secara kolektif, kata televisi negara sebagaimana dilansir situs alarabiya.net.

“Perkembangan yang sedang kita kerjakan harus bertahap,” kata Raja Abdullah dalam singkat di televisi pemerintah.

Sebuah dekrit kerajaan bulan lalu mengubah dua artikel dalam undang-undang dewan yang kemudian memperkenalkan kuota 20 persen bagi perempuan di Dewan Syura negara. Dan raja menunjuk 30 perempuan untuk bergabung dengan Dewan Syura itu.

Dewan, yang anggotanya ditunjuk oleh raja ini, bekerja sebagai badan penasehat resmi Arab Saudi. Dewan dapat mengusulkan rancangan undang-undang yang akan disampaikan kepada raja, yang pada gilirannya akan meluluskan atau menolak RUU. Semua anggotanya ditunjuk oleh raja dengan masa tugas selama empat tahun.

Gugatan Ulama

Seorang ulama kontroversial Saudi menggunakan twitter untuk menghina para perempuan tersebut. Kata-kata menghina seperti “pelacur” dan “sampah masyarakat” digunakan ulama itu di akun twitternya untuk menggambarkan akademisi dan teknokrat perempuan yang baru saja disumpah oleh Raja Abdullah bin Abdulaziz untuk masuk menjadi anggota Dewan Syura.

Tweet ulama tersebut dengan cepat meluas serta menyebar melalui jejaring media social. Namun banyak aktivis twitter Saudi yang mengecam kicauan tersebut, terutama karena penghinaan itu datang dari tokoh-tokoh yang seharusnya memberitakan toleransi, kasih sayang dan kehormatan kepada masyarakat.

Di antara para ulama yang melakukan penghinaan terhadap anggota dewan syura perempuan itu adalah ulama dari Departemen Islam untuk Dakwah, Bimbingan dan Wakaf, Syaikh Ahmad Al-abdul qadir yang menyampaikan ketidak-puasannya terkait perempuan ikut ambil bagian dalam Dewan Syura melalui akun Twitternya.

“Mereka pikir mereka dapat mengejek mufti dengan memberikan legitimasi kepada para ‘pelacur’ untuk berada di kekuasaan. Saya bukan penipu, dan penipu tidak bisa menipuku. Untuk berapa lama benteng kebajikan akan dirobohkan?” ujar Syaikh Ahmad.

Setelah menuai reaksi kemarahan oleh para pengguna Twitter, Syaikh Ahmad mengatakan: “Kami telah mendengar dan membaca banyak penghinaan terhadap Allah serta ejekan terhadap shalat, nabi Muhamamd saw, dan tak satu pun dari mereka yang membela anggota dewan syura perempuan itu yang marah.”

Sementara itu, Dr Saleh al-Sugair, seorang mantan asisten dosen di King Saud University mengecam penugasan anggota perempuan di dewan syura. Dalam kicauannya di twitter ia mengatakan: “Wanita kurang ajar yang mengenakan make-up di Dewan Syura untuk mewakili masyarakat. Mereka adalah sampah masyarakat.”

 (esqiel/muslimahzone.com)

Komentar Anda

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Menikah Muda Why Not ?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Anak-anak dan Membaca
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Wanita Muslimah yang Tangguh
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Tips Kecantikan ala Aisyah Istri Nabi
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk