Alasan Dangkal Dibalik Pelarangan Kerudung dalam Foto Ijazah

Muslimahzone.com – Di tengah arus munculnya kesadaran para muslimah akan wajibnya menutup aurat, kabar tak sedap datang dari sebuah sekolah di Kabupaten Kediri. Para siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Grogol tersebut, merasa tertekan terkait ketentuan sekolah bagi para muslimah berkerudung untuk menanggalkannya saat pengambilan foto ijazah.

Kasus ini tentunya menambah rentetan kasus diskriminasi bahkan pelanggaran terhadap hak seseorang dalam melaksanakan kewajiban dalam agamanya, khususnya agama Islam.

Dan hal yang lebih menyedihkan adalah ketika pihak sekolah berdalih bahwa larangan yang diberlakukan adalah demi kebaikan siswi dimana kelak ketika mereka ingin bekerja di sebuah perusahaan dapat lebih mudah karena perusahaan biasanya mensyaratkan agar foto (siswi) terlihat telinganya. Tentu ini adalah alasan yang terlalu diada-adakan dan amat dangkal dari sisi pemikiran.

Lagi-lagi kasus ini membuktikan bahwa pola pikir masyarakat memang telah teracuni kapitalisme. Standar melakukan aktifitas bahkan menerapkan sebuah aturan hanya berlandaskan materi semata. Kehormatan muslimah yang berusaha mereka pertahankan lewat keteguhan mereka menutup auratnya dipaksa untuk dikorbankan hanya atas nama pekerjaan yang bahkan sebenarnya bukan sesuatu yang wajib bagi mereka.

Sistem kapitalisme memang telah menggeser nilai-nilai luhur masyarakat dalam beragama. Salah satunya adalah melalui eksploitasi perempuan. Perempuan yang seharusnya memiliki peran sebagai ibu dan pengatur rumah tangga dialihkan perannya menjadi para pekerja bahkan asset berharga bagi perusahaan. Seluruh tubuhnya menjadi barang dagangan yang dengan bebas dipasarkan. Laa haula walaa quwwata illa billah

Ditambah lagi faham feminis yang terus dihembuskan demi mengubah paradigma masyarakat tentang posisi perempuan. Propaganda tidak hentinya dilakukan dengan mengaruskan pemahaman masyarakat bahwa wanita sukses adalah yang memiliki karir gemilang walaupun harus mengorbankan keluarga dan kewajiban.

Maka sudah seharusnyalah kita sebagai muslimah melawan segala bentuk penyesatan tersebut. Di antara usaha yang bisa kita lakukan adalah dengan membentengi diri kita dengan akidah Islam yang kuat sehingga mampu menangkal segala bentuk serangan pemikiran kafir pada umat Islam. Selanjutnya adalah dengan memahamkan masyarakat akan pemikiran yang benar yang lahir dari ajaran Islam yang tentunya akan mengantarkan masyarakat pada kehidupan yang penuh keberkahan dan kesejahteraan. Dan terakhir adalah dengan turut serta berdakwah dan memperjuangkan tegaknya syari’at Islam dalam bingkai negara yang akan mampu menyelesaikan berbagai persoalan manusia.

Dan yang perlu juga kita sadari adalah, kebermanfaatan yang akan didapatkan dari tegaknya syari’at Islam bukanlah tujuan utama yang kita harapkan. Tapi lebih mulia daripada itu adalah keridho’an Allah yang dapat diraih karena usaha kita untuk menerapkan hukum-hukum Allah, Pemilik Semesta. Wallahu’alam.

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
Pesta Seks Bukan Nikmat Terbesar di Surga
Secular Radicalism, The Real Blasphemy
Biasakanlah Anak Minta Izin Ketika Masuk Kamar Orangtua
Meraih Sifat Qana’ah
Curahan Hati Petani
Babak Final Perjuangan Islam
Akhir Hidup Para Tiran
Jangan Sembarangan Menuduh Muslimah Sebagai Pelacur !
Nasehat Tere Liye Seputar Jodoh
Ketika Istri Marah
Mengukur Kembali Rasa Cinta
Agar Bahagia, Sesuaikan Harapan Pernikahan Anda
Mengapa Ayah Lebih Sabar daripada Ibu
Belajar Matematika Untuk Anak Usia Dini, Apa Dulu yang Diajarkan?
Pameran Kehebatan Anak
Apakah Pembicara Parenting Tak pernah Bermasalah dengan Anaknya?
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Mengenal Ulama Hadits Syu’bah bin Al-Hajjaj
Abdurrahman bin Auf ‘Manusia Bertangan Emas’
Ketika Bayi Menendang Perut Ibu
Menikmati Pengalaman Sebagai Ibu Menyusui
Dibalik Ketenaran Blewah di Bulan Ramadhan
Tetap Sehat Berpuasa Ketika Hamil
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Tips Merebus Telur yang Baik
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk