Agar Bayi Bunda Tidur Nyenyak

Muslimahzone,com – Tidur adalah aktivitas yang sangat penting bagi bayi. Bukan tanpa alasan. Selain merangsang tumbuh kembang otak, 75% hormon pertumbuhan dikeluarkan saat si kecil tidur. Hormon ini berfungsi untuk merangsang pertumbuhan tulang dan jaringan, mengatur metabolisme tubuh, mengurangi level hormon stres, memperbaiki dan memperbaharui seluruh sel yang ada di tubuh (mulai dari sel kulit, sel darah sampai sel saraf otak). Aliran darah ke otak juga meningkat selama tahap tidur aktif (Rapid Eye Movement) sehingga mengoptimalkan tumbuh kembang otaknya.

Sebaliknya kurang tidur akan berakibat buruk bagi si kecil. Kadar sel darah putih akan menurun dan menyebabkan daya tahan tubuhnya juga menurun sehingga ia gampang sakit. Maka membantu si kecil untuk memiliki kualitas tidur nyenyak adalah tugas kita. Karena dengan tidur nyenyak, kuantitas tidur yang dibutuhkan si kecil akan terpenuhi. Adapun lama waktu tidur yang dibutuhkan bayi sesuai usianya adalah sebagai berikut: saat bayi berusia 0 – 3 bulan ia membutuhkan waktu 16 sampai 18 jam, usia 3 – 6 bulan membutuhkan waktu 16 jam, usia 6 – 12 bulan membutuhkan waktu 14 jam dan 12 bulan ke atas membutuhkan waktu 12 sampai 13 jam.

Nah, mengingat betapa penting aktivitas tidur bagi si kecil hendaknya kita membantu si kecil agar tidur nyenyak. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba untuk membuat si kecil tidur nyenyak dan pulas seperti disarankan ummionline:

1. Jauhkan dari kebisingan

Bayi memiliki refleks moro (kaget ketika tidur). Hal ini memang biasa, namun jika Bunda tidak menjaga tidurnya jauh dari suara bising, ia akan terganggu. Agar nyenyak dan pulas, tidurkan si kecil di tempat tenang yang jauh dari kebisingan.

2. Putarkan murotal Al Qur’an

Cara ini bisa kita gunakan ketika lingkungan tidak bisa jauh dari kebisingan. Dengan memutarkan murotal, si kecil tak akan kaget ketika ada suara-suara baru yang muncul dari luar kamar. Disamping itu, ketika tidur pun bayi tetap bisa belajar.

3. Bedong si kecil

Untuk bayi usia 0 – 3 bulan, membedongnya dapat membuat si kecil tidur nyenyak dan lebih lama karena ia merasa hangat, aman dan nyaman bagai di dalam pelukan ibu.

4. Pakaikan pampers

Bayi sering pipis bahkan dalam tidurnya. Dan setiap kali pipis, ia akan merasa risih sehingga membuatnya terbangun dari tidur nyenyak. Memakaikan pampers akan membuatnya merasa nyaman dan tidur lebih lama karena tak perlu sering berganti popok. Namun ada sebagian bayi yang meski diganti popoknya tetap tidur pulas.

5. Ciptakan suasana hangat dan nyaman

Siapapun akan nyenyak dan pulas dalam tidurnya ketika kondisi hangat dan nyaman. Bunda bisa menciptakan suasana kamar si kecil agar nyaman dengan membersihkan kamar setiap hari, merapikan tempat tidurnya dari berbagai benda yang tak perlu, memberikan pengharum ruangan agar udara terasa segar dan memberi ventilasi udara yang cukup agar kamar tidak pengap.

6. Nyalakan kipas/AC

Jika cuaca sedang panas, Bunda bisa menyalakan kipas angin atau AC. Namun jangan sampai si kecil kedinginan karenanya. Buat agar kondisinya berada pada suhu normal antara 36 – 37 o C.

7. Mandi 2x sehari

Kuantitas keringat bayi lebih banyak dari orang dewasa. Bahkan ketika ia tidur pun keringat seringkali menyembul dari pori-porinya. Mandi di pagi dan sore hari selain membersihkan badan dari kuman dan bakteri dapat membuat si kecil nyaman dan nyenyak dalam tidurnya.

8. Berikan pijatan

Meski aktivitas si kecil berkutat pada makan-bermain-pipis-pup-tidur, namun ia membutuhkan pijatan agar terhindar dari rasa lelah dan pegal-pegal. Bunda bisa memberikan pijatan ringan pada pagi dan sore hari saat ia mandi. Selain dapat membuat tidur si kecil nyenyak, pijatan memiliki beberapa manfaat seperti meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan peredaran darah dan pernapasan, mengurangi stres dan ketegangan, serta meningkatkan hubungan batin antara orang tua dan bayi.

9. Tidurkan dalam kondisi kenyang

Sebelum menidurkan si kecil, Bunda harus memastikan perutnya dalam kondisi kenyang. Siapapun bahkan orang dewasa tak akan bisa tidur nyenyak kala perut sedang keroncongan menahan lapar.

Nah, dengan mencoba tips-tips di atas semoga si kecil dapat tidur dengan nyenyak. Selain itu Bunda hendaknya mengenali kebiasaan tidur buah hati masing-masing. Kapan dan dalam kondisi bagaimana ia biasa tidur nyenyak lagi pulas. Selain besar manfaatnya bagi si kecil, itu akan sangat membantu Bunda untuk melakukan banyak hal seperti membereskan pekerjaan rumah. Tapi ketika si kecil tidur jangan sampai ditinggal terlalu lama ya, apalagi ketika si kecil sudah mulai bisa tengkurap dan berguling-guling sendiri. Butuh pengawasan ekstra. Takutnya bangun dari tidur ia berguling-guling dan terjatuh dari tempat tidur. Sebagai tindakan preventif, kita bisa menidurkannya di kereta dorong bersabuk, box tidur atau di lantai berkasur sehingga si kecil aman dari kecelakaan.

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
MHTI Kembali Menyelenggarakan Kongres Ibu Nusantara (KIN)
Miris, Pasca Gempuran ke Aleppo Jokowi Malah Tanda Tangan Kerjasama dengan Iran
Keutamaan Ilmu
Tata Cara Mandi Haid dan Mandi Junub
Peran besar muslimah dalam dakwah Islam
Aroma Mewangi Minyak Kasturi
Neraka Jahannam Sepanjang Hidup, Surga Sepanjang Hidup
Rizki di Tangan Allah
Pada Suatu Titik
Mencari Jalan Pulang
Jodoh : Memilih Atau Dipilih ?
Ketika Istri Merasa Tidak Bisa Membahagiakan Suami
Pastikan Izin Suami Jika Ingin Menjalankan Shaum Sunnah
Satu-satunya Cinta yang Perlu Ada dalam Pernikahan bahkan dalam Kehidupan
Kenapa Anakku Susah Banget Sih Disuruh Sholat?
Aku Peduli Iman Anakku
Anak Sukses Bermula dari Bangun Pagi
Jangan Sia-Siakan “Masa SMA”
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
Kisah Si Kaya dan Si Miskin (Pemilik Dua Kebun: Surat Al-Kahfi 32-44)
Gubernur Al-Hajjaj dan Pelajaran untuk Penguasa Durja
Nilai Ketaatan Isteri pada Suami
Nenek Penjaga Wahyu Al-Qur’an
Cara Mengatasi Anak Susah Makan
Asam Lambung Naik, Coba Obat Alami Ini
Popok Bayi Sekali Pakai VS Popok Kain
Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?
Tips Merebus Telur yang Baik
Tips Meningkatkan Minat Membaca Buku
7 Tips Menyapih Anak
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
Tips Merebus Telur yang Baik
Resep Aneka Olahan Singkong
Nikmatnya Pangsit Kuah Hangat Buatan Sendiri
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga