8 Tips Untuk Mencuri Hati Anak Anda

Muslimahzone.com – Seorang teman bercerita bahwa susah sekali baginya untuk membuat anak menuruti kata-katanya. Apapun yang dikatakan, diperintahkan ataupun dilarangnya, anak tak mau mendengarkan. Si ibu yaitu teman yang curhat tadi, selalu dibandingkan dengan ibu gurunya di sekolah. Bagaimana perasaan bunda bila mempunyai anak demikian? Tentu sedih. Nelangsa, tepatnya. Kita yang melahirkan tapi anak tak mau menganggap kita ada.

Jangan sedih bunda salihah. Selalu ada jalan keluar bagi tiap masalah. Di bawah ini akan dipaparkan 8 langkah untuk mencuri hati anak agar ia respek bahkan jatuh cinta terhadap bundanya. Langkah ini saya kutip dari buku Jangan Tunda Mencetak Anak Hebat karya Rosa Listyandari.

  1. Minta izin pada anak saat meminjam barangnya. Dengan meminta izin, anak akan merasa dihargai bahwa dialah pemilik benda tersebut. Perasaan ini merupakan penghargaan dan pengakuan atas kepemilikan sehingga anak pun akan belajar menghargai milik orang lain.
  2. Mengamati kesukaan anak. Bila bunda tahu apa yang disukai anak dan mana yang tidak, maka anak akan merasa bahwa orang tuanya perhatian. Dia pun akan membalas dengan perasaan yang sama atau bahkan lebih perhatian yang diterimanya tersebut.
  3. Mendengarkan pendapat anak. Meskipun masih kecil, anak sudah bisa mempunyai suara atau pendapat sendiri. Dengarkan karena dari sinilah anak akan mengerti bahwa ia berarti.
  4. Jangan memaksakan ambisi pribadi. Anak adalah individu yang mempunyai kehendak sendiri. Jangan sekali-kali orang tua memaksakan sesuatu apalagi bila itu ambisi pribadi yang tidak kesampaian. Biarkan anak-anak memilih.
  5. Jangan cela kekurangan anak. Kekurangan adalah sesuatu yang manusiawi. Bila kita ingin anak percaya dan mencintai kita sebagai orang tuanya, maka cintailah anak dengan segala kelebihan dan kekurangannya.
  6. Memberikan kepercayaan kepada anak. Ini adalah langkah untuk membangun percaya diri pada anak. Berikan kepercayaan sesuai dengan perkembangan usia dan kematangan psikologisnya.
  7. Ada waktunya anak berada di pihak yang benar. Itu artinya orang tua jangan malu untuk meminta maaf bila memang diperlukan. Jangan gengsi. Karena dari sinilah anak akan belajar juga untuk meminta dan memberi maaf.
  8. Tepati janji. Poin ini adalah salah satu dari terhindarnya seorang muslim dari gelar munafik. Jadi tepatilah bila sudah berjanji terutama pada anak-anak.

Semoga 8 langkah di atas bisa meluluhkan hati anak agar lebih dekat dan percaya kepada orang tuanya terutama bundanya. Poin yang tidak disebutkan di atas tapi tak pernah lupa adalah doa. Selamat mencoba, bunda.

(dakwahmedia/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk