4 Bagian Tubuh Bayi Baru Lahir yang Patut Dirawat dengan Cermat

MuslimahZone.com – Melakukan perawatan pada bayi yang baru lahir memang susah-susah gampang, terutama bagi orang tua baru. Nah, selain tali pusar, perawatan bagian tubuh lain si kecil pun patut diperhatikan. Sebab, kebanyakan organ-organ bayi masih sangat sensitif. Berikut bagian tubuh bayi baru lahir yang patut dirawat dengan cermat:

  1. Mata

Pada bayi yang baru lahir, kerap terjadi belekan karena saluran kelenjar air mata bayi pada umumnya masih tertutup, demikian diutarakan dr Daulika.

“Belekan pada bayi adalah hal yang wajar. Ibu juga dapat melakukan pijatan pada wajah tetapi patut berhati-hati jika ada tanda-tanda infeksi,” tutur dr Daulika.

Tanda infeksi pada mata bayi seperti adanya kemerahan dan bengkak di sekitar mata. Infeksi juga bisa ditandai apabila belek pada mata berwarna kuning kental. Jika hal itu terjadi, dr Daulika menyarankan segeralah bawa si kecil ke dokter agar cepat ditangani.

  1. Mulut

Selain mata, mulut juga perlu mendapat perhatian khusus dalam hal merawatnya. Pada lidah bayi yang baru lahir biasanya terdapat putih-putih. Tak perlu khawatir sebab tanda putih tersebut akibat sisa air susu ibu (ASI). Lantas, bagaimana cara tepat membersihkannya?

“Bersihkan saja pakai kasa yang diusapkan ke lidah. Tapi kalau putih-putih itu cenderung tebal dan sulit dibersihkan berarti ada infeksi jamur yang memerlukan penanganan lebih lanjut oleh dokter,” lanjut dr Daulika.

  1. Kulit

Pemakaian kosmetik pada bayi seperti bedak, sampo, dan sabun harus dipastikan agar bayi tidak alergi. Sebab, umumnya kulit bayi masih sensitif. Oleh karena itu, dr Daulika berpesan hal terpenting yang harus dilakukan orang tua adalah memastikan bahwa kosmetik yang digunakan sudah terbukti aman. Jika kulit si kecil cenderung kering, sebaiknya gunakan pelembab yang aman.

Permasalahan lain pada bayi adalah tanda-tanda alergi seperti dermatitis alergi dan biang keringat. Dikatakan dr Daulika, biang keringat terjadi karena udara panas dan produksi keringat yang meningkat. Untuk mengatasinya, pada bagian yang sering berkeringat harus sering dibersihkan dengan waslap atau handuk basah.

Alergi pada bagian kepala juga bisa berupa kerak kepala atau cradle cap. Nah, cara membersihkannya cukup memakai baby oil dan diusapkan dengan lembut. Tetapi, jangan terlalu keras agar tak infeksi.

4. Kemaluan

dr. Daulika menyebutkan untuk membersihkan kemaluan pada bayi laki-laki dan perempuan memiliki cara yang berbeda. Pada laki-laki bagian kulup kemaluan harus dibuka dan dibersihkan.

Sementara pada perempuan dapat dibersihkan dari bagian atas ke bawah supaya kuman atau bakteri dari anus tidak ke saluran kencing.

“Yang terpenting pada perawatan bokong dan saluran kencing ialah rajin mengganti popok yang sifatnya iritatif dan mudah menyebabkan kulit kemerahan dan lecet,” kata dr Daulika.

(muslimdaily/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk