17 Cara Jitu agar Merasa Lebih Muda dan Bersemangat

Muslimahzone.com – Keinginan untuk terlihat seperti berusia 21 tahun lagi mungkin tidak realistis, tapi bayangkan  jika Anda bisa merasa kembali berusia 21 tahun namun bijaksana layaknya usia 40 atau 50 tahun. Energi, metabolisme, dan kulit awet muda. Semua itu dimulai dengan keputusan dan keinginan untuk mengembalikan keremajaan jiwa Anda.

Seperti yang dikatakan oleh Franz Kafka, “Yang muda yang berbahagia karena mampu melihat keindahan. Siapapun yang memiliki kemampuan tersebut tidak pernah menua.”

Berikut adalah 17 cara jitu agar merasa lebih muda dan bersemangat:

1. Waktu istirahat yang cukup

Tidur dan bangun lebih awal dan menjaga kualitas tidur, akan mengembalikan kesegaran tubuh dan pikiran. Jauhkan semua piranti elektronik dan gadget saat tidur dimalam hari.

2. Tidak perlu merasa terlalu cemas dan jalani hidup secara positif

Ketika sedang berada pada situasi yang sulit, tarik nafas dalam-dalam, tetap tenang, dan tidak berkecil hati. Dengan mindset dan sudut pandang yang positif, semua yang dijalani akan terasa lebih ringan. Tanpa stres, tidur menjadi lebih berkualitas dan hidup pun terasa lebih baik. Berhenti mencemaskan hal-hal kecil. Stres akan membuat Anda tumbuh dan merasa tua lebih cepat.

3. Bawa kegembiraan alam ke dalam hidup Anda

Makan makanan halal, baik dan sehat. Gunakan obat-obatan dan antibiotik hanya jika diperlukan, dan sesuai saran tenaga medis. Hindari minuman berkarbonasi dan berkafein tinggi. Feel free. Jangan tergantung pada zat atau benda untuk membawakan Anda
sukacita, energi atau kegembiraan.

4. Vitamin C dan Antioksidan

Rutin mengonsumsi makanan dengan vitamin C dan antioksidan, seperti stroberi, semangka, kacang hitam, dan tomat. Jika 90 persen dari diet Anda terdiri dari makanan sehat, tubuh Anda akan meningkatkan kemampuannya untuk regenerasi dan menyembuhkan lebih cepat.

5. Menurunkan berat badan

Jika dilakukan dengan benar, dengan diet seimbang dan olahraga, setiap kilogram yang hilang menjadikan Anda lebih percaya diri, suasana hati yang lebih baik dan mampu menjalani hidup dengan lebih bersemangat. Jika Anda berpikir bahwa satu kilogram tidak banyak, coba letakkan satu kilogram mentega di hadapan Anda. Kekuatan sugesti sangat berpengaruh, bukan?

6. Olahraga

Berolahraga itu penting. Membangun otot dan meningkatkan kebugaran fisik akan menjadikan tubuh lebih fit, padat, dan terlihat lebih muda. Fokus terutama pada lengan dan kaki, karena ini adalah otot-otot yang paling banyak digunakan dalam aktifitas sehari-hari.

7. Kurangi makan daging merah

Imbangi memakan aneka daging-dagingan dengan serealia, oatmeal atau gandum utuh dan sayuran. Makanan ini akan membantu mengurangi risiko obesitas, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes dan kanker.

8. Menghabiskan hari merawat kecantikan Anda

Menggunakan pembersih wajah, merawat rambut, dan membuat diri terlihat menarik akan meningkatkan kepercayaan diri. Tidak perlu skin care dan make-up yang mahal. Bahan dari alam juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga penampilan fisik.

9. Menjaga silaturahmi dengan keluarga

Sesekali rencanakan agenda bertamasya atau piknik dengan keluarga besar dan kerabat jauh agar mempererat tali silaturahmi. Selain menjaga kedekatan emosional, hal ini bermanfaat untuk membuat diri merasa lebih hidup dan bahagia.

10. Berjalan-jalan tafakur alam

Hargailah alam, berhenti sejenak untuk mendengarkan kicauan burung, mengindera aroma bunga, dan biarkan sinar mentari pagi menghangatkan jiwa.

11. Go back in time

Sering sekali, Anda merindukan hal klasik yang hits saat Anda muda dulu. Terkadang, Anda merasa, itu jauh lebih baik daripada hal-hal kekinian. Camilan jadul, atau film vintage, buku bacaan, apa pun itu, tidak ada salahnya untuk sejenak mengenang masa-masa menyenangkan dahulu.

Namun, jangan lupa, sebagai muslimah tetap harus memperhatikan adab-adab Islam dan panduan syariat.

12. Ambil sisi positif di setiap momen

Tentukan target. Tetap berfikir dan bertindak positif, berani menerima tantangan dan perubahan dalam hidup, dan tidak mendengarkan komentar negatif dari orang sekitar. Jika Anda merasa apa yang Anda lakukan tidak melanggar syariat Allah, bermanfaat, dan menyenangkan, go ahead!

13. Sosialisasi

Aktiflah bergaul. Menelepon atau bahkan rencanakan kunjungan makan siang untuk bersenang-senang dengan teman. Jangan ragu untuk memulai percakapan dan membuka pertemanan baru. Melakukan hal ini akan membantu Anda mengurangi stres. Jangan pernah lupa, kurang stres berarti lebih sedikit kesempatan terkena serangan jantung.

14. Meningkatkan rasa humor

Cari sesuatu yang lucu dalam segala hal. Jika Anda perlu tertawa untuk menjaga diri dari menangis, tidak masalah! Tertawa dan tersenyum. Latihan otot di wajah Anda dan membantu Anda merasa lebih muda. Tersenyum dan tertawalah!

15. Mencintai

Sesekali rencanakan agenda kencan khusus dengan suami, istri, atau orang yang Anda sayangi dengan suasana baru.

16. Realistis

Apakah Anda memiliki daftar besar hal yang harus dilakukan? Aturlah jadwal dan manfaatkan waktu sebaik mungkin. Jangan membesar-besarkan hal kecil. Dan juga patut dipertimbangkan bahwasanya waktu istirahat yang cukup adalah tidak ternilai.

17. Bersyukur dan berbagi

Hidup terasa lebih indah, berkah, dan bahagia jika kita banyak bersyukur dan memberi, bukan sebaliknya. Selalu merasa cukup akan nikmat Allah Subhanahu Wa Ta’ala adalah kunci utama untuk berbahagia menjalani hidup.

Pada akhirnya, berkonsultasilah ke dokter jika diperlukan. Jadwalkan pemeriksaan medis secara berkala
untuk mencegah dan mengantisipasi penyakit yang akan datang dan dengarkanlah saran dari tenaga
medis professional. Hal ini akan membuat perubahan besar akan keseimbangan antara kesehatan fisik,
mental, dan spiritual.

(M1/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
Pesta Seks Bukan Nikmat Terbesar di Surga
Secular Radicalism, The Real Blasphemy
Biasakanlah Anak Minta Izin Ketika Masuk Kamar Orangtua
Meraih Sifat Qana’ah
Babak Final Perjuangan Islam
Akhir Hidup Para Tiran
Jangan Sembarangan Menuduh Muslimah Sebagai Pelacur !
Memurnikan Keikhlasan
Ketika Istri Marah
Mengukur Kembali Rasa Cinta
Agar Bahagia, Sesuaikan Harapan Pernikahan Anda
Tips Menjalani LDM Bagi Suami Isteri
Mengapa Ayah Lebih Sabar daripada Ibu
Belajar Matematika Untuk Anak Usia Dini, Apa Dulu yang Diajarkan?
Pameran Kehebatan Anak
Apakah Pembicara Parenting Tak pernah Bermasalah dengan Anaknya?
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Mengenal Ulama Hadits Syu’bah bin Al-Hajjaj
Abdurrahman bin Auf ‘Manusia Bertangan Emas’
Ketika Bayi Menendang Perut Ibu
Menikmati Pengalaman Sebagai Ibu Menyusui
Dibalik Ketenaran Blewah di Bulan Ramadhan
Tetap Sehat Berpuasa Ketika Hamil
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Tips Merebus Telur yang Baik
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk