Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

Muslimahzone.com – Kita mungkin sudah tidak asing dengan daun yang sering dijadikan lalapan ini. Namanya daun kemangi, wangi daunnya yang khas biasanya dapat meningkatkan selera makan bagi penikmatnya.

Kemangi merupakan salah satu tanaman yang mudah ditanam di berbagai kontur tanah di Indonesia, bahkan dalam lokasi yang memiliki keadaan cuaca yang panas.

Adanya perbedaan iklim dalam suatu daerah tidak dapat menyebabkan kematian atau perbedaan tumbuh pada tanaman Kemangi, meskipun memang terdapat perbedaan dalam hal penampilan daunnya.

Daun Kemangi yang ditanam di kawasan dingin akan memiliki bentuk daun yang lebar dan warna yang lebih hijau. Sedangkan, daun Kemangi yang ditanam di kawasan panas, daunnya kecil, cenderung tipis, dan memiliki warna hijau pucat.

Tidak memerlukan waktu yang lama untuk menanam Kemangi. Terhitung dari mulai tanam sampai akhirnya daun dipanen, hanya diperlukan waktu sekitar 50 hari.

Daun Kemangi biasanya dipetik dengan metode yang tak berbeda dengan pemetikan pada kuncup daun Teh. Pemetikan daunnya akan merangsang tumbuhnya cabang-cabang baru yang memungkinkan semakin banyak tunas tumbuh.

Puncak panen Kemangi bisa dilakukan ketika usia tumbuhan Kemangi sudah tua. Dalam kehidupan sehari-hari, daun Kemangi banyak dimanfaatkan untuk bumbu masakan seperti campuran pepes, bahan membuat karedok, dan lalapan.

Kandungan senyawa yang ada di dalam Kemangi sangat bermanfaat untuk tubuh, misalnya, daun Kemangi kaya akan kandungan arginin sehingga dapat digunakan untuk menurunkan kadar gula di dalam darah dan memperpanjang masa hidup sperma sehingga dapat mencegah kemandulan pada pria.

Kemangi juga mengandung zat aktif yang berperan dalam merangsang produksi hormon estrogen dan endrogen. Kemudian, kandungan lainnya ialah vicenin dan orientin yang berperan dalam perlindungan sel tubuh.

Senyawa lainnya yang juga bermanfaat sebagai anti-peradangan dan antibiotik alami ialah cineole, eugenol, dan myrcene. Selain itu, daun Kemangi kaya akan magnesium dan betakaroten yang berfungsi dalam pemeliharaan kesehatan jantung.

Zat berguna lainnya yang dapat ditemukan dalam daun Kemangi berupa protein, fosfor, besi, belerang, dan juga minyak atsiri. Berikut di antara khasiat daun Kemangi untuk pengobatan berbagai macam penyakit yang dikutip dari deherba:

Mengatasi Panu

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan penyakit kulit seperti panu yang membandel, tidak perlu pusing lagi karena daun Kemangi juga memiliki manfaat untuk menyembuhkannya.

Bagaimana caranya? Cucilah segenggam daun Kemangi. Kemudian, tumbuklah sampai halus. Berilah air kapur sirih secukupnya. Setelah itu, gosokkan ramuan tersebut pada kulit yang terdapat panunya. Anda bisa melakukannya sebanyak 2 kali dalam sehari.

Sariawan dan Diare

Bagaimana melakukan pengobatan sariawan dengan menggunakan daun Kemangi? Sederhana sekali, yakni dengan mengunyah daun Kemangi yang sudah dicuci bersih selama lebih kurang 3 menit.

Kemudian, minumlah dengan air hangat. Anda bisa melakukan hal tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari. Mengonsumsi daun Kemangi sebagai lalapan secara rutin, juga diketahui bermanfaat untuk mengobati penyakit diare dan muntah darah.

Mengurangi Bau Keringat

Anda bau keringat? Cobalah menyantap daun Kemangi sebagai lalapan selama satu minggu secara berturut-turut dan rasakan khasiatnya!

Masih ada banyak manfaat lainnya yang dapat ditemukan dari daun Kemangi ini, makanya, jangan sampai melewatkan untuk mengonsumsinya secara konsisten.

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk