Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

Muslimahzone.com – Kita mungkin sudah tidak asing dengan daun yang sering dijadikan lalapan ini. Namanya daun kemangi, wangi daunnya yang khas biasanya dapat meningkatkan selera makan bagi penikmatnya.

Kemangi merupakan salah satu tanaman yang mudah ditanam di berbagai kontur tanah di Indonesia, bahkan dalam lokasi yang memiliki keadaan cuaca yang panas.

Adanya perbedaan iklim dalam suatu daerah tidak dapat menyebabkan kematian atau perbedaan tumbuh pada tanaman Kemangi, meskipun memang terdapat perbedaan dalam hal penampilan daunnya.

Daun Kemangi yang ditanam di kawasan dingin akan memiliki bentuk daun yang lebar dan warna yang lebih hijau. Sedangkan, daun Kemangi yang ditanam di kawasan panas, daunnya kecil, cenderung tipis, dan memiliki warna hijau pucat.

Tidak memerlukan waktu yang lama untuk menanam Kemangi. Terhitung dari mulai tanam sampai akhirnya daun dipanen, hanya diperlukan waktu sekitar 50 hari.

Daun Kemangi biasanya dipetik dengan metode yang tak berbeda dengan pemetikan pada kuncup daun Teh. Pemetikan daunnya akan merangsang tumbuhnya cabang-cabang baru yang memungkinkan semakin banyak tunas tumbuh.

Puncak panen Kemangi bisa dilakukan ketika usia tumbuhan Kemangi sudah tua. Dalam kehidupan sehari-hari, daun Kemangi banyak dimanfaatkan untuk bumbu masakan seperti campuran pepes, bahan membuat karedok, dan lalapan.

Kandungan senyawa yang ada di dalam Kemangi sangat bermanfaat untuk tubuh, misalnya, daun Kemangi kaya akan kandungan arginin sehingga dapat digunakan untuk menurunkan kadar gula di dalam darah dan memperpanjang masa hidup sperma sehingga dapat mencegah kemandulan pada pria.

Kemangi juga mengandung zat aktif yang berperan dalam merangsang produksi hormon estrogen dan endrogen. Kemudian, kandungan lainnya ialah vicenin dan orientin yang berperan dalam perlindungan sel tubuh.

Senyawa lainnya yang juga bermanfaat sebagai anti-peradangan dan antibiotik alami ialah cineole, eugenol, dan myrcene. Selain itu, daun Kemangi kaya akan magnesium dan betakaroten yang berfungsi dalam pemeliharaan kesehatan jantung.

Zat berguna lainnya yang dapat ditemukan dalam daun Kemangi berupa protein, fosfor, besi, belerang, dan juga minyak atsiri. Berikut di antara khasiat daun Kemangi untuk pengobatan berbagai macam penyakit yang dikutip dari deherba:

Mengatasi Panu

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan penyakit kulit seperti panu yang membandel, tidak perlu pusing lagi karena daun Kemangi juga memiliki manfaat untuk menyembuhkannya.

Bagaimana caranya? Cucilah segenggam daun Kemangi. Kemudian, tumbuklah sampai halus. Berilah air kapur sirih secukupnya. Setelah itu, gosokkan ramuan tersebut pada kulit yang terdapat panunya. Anda bisa melakukannya sebanyak 2 kali dalam sehari.

Sariawan dan Diare

Bagaimana melakukan pengobatan sariawan dengan menggunakan daun Kemangi? Sederhana sekali, yakni dengan mengunyah daun Kemangi yang sudah dicuci bersih selama lebih kurang 3 menit.

Kemudian, minumlah dengan air hangat. Anda bisa melakukan hal tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari. Mengonsumsi daun Kemangi sebagai lalapan secara rutin, juga diketahui bermanfaat untuk mengobati penyakit diare dan muntah darah.

Mengurangi Bau Keringat

Anda bau keringat? Cobalah menyantap daun Kemangi sebagai lalapan selama satu minggu secara berturut-turut dan rasakan khasiatnya!

Masih ada banyak manfaat lainnya yang dapat ditemukan dari daun Kemangi ini, makanya, jangan sampai melewatkan untuk mengonsumsinya secara konsisten.

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
MHTI Kembali Menyelenggarakan Kongres Ibu Nusantara (KIN)
Miris, Pasca Gempuran ke Aleppo Jokowi Malah Tanda Tangan Kerjasama dengan Iran
Keutamaan Ilmu
Tata Cara Mandi Haid dan Mandi Junub
Peran besar muslimah dalam dakwah Islam
Aroma Mewangi Minyak Kasturi
Neraka Jahannam Sepanjang Hidup, Surga Sepanjang Hidup
Rizki di Tangan Allah
Pada Suatu Titik
Mencari Jalan Pulang
Jodoh : Memilih Atau Dipilih ?
Ketika Istri Merasa Tidak Bisa Membahagiakan Suami
Pastikan Izin Suami Jika Ingin Menjalankan Shaum Sunnah
Satu-satunya Cinta yang Perlu Ada dalam Pernikahan bahkan dalam Kehidupan
Kenapa Anakku Susah Banget Sih Disuruh Sholat?
Aku Peduli Iman Anakku
Anak Sukses Bermula dari Bangun Pagi
Jangan Sia-Siakan “Masa SMA”
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
Kisah Si Kaya dan Si Miskin (Pemilik Dua Kebun: Surat Al-Kahfi 32-44)
Gubernur Al-Hajjaj dan Pelajaran untuk Penguasa Durja
Nilai Ketaatan Isteri pada Suami
Nenek Penjaga Wahyu Al-Qur’an
Cara Mengatasi Anak Susah Makan
Asam Lambung Naik, Coba Obat Alami Ini
Popok Bayi Sekali Pakai VS Popok Kain
Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?
Tips Merebus Telur yang Baik
Tips Meningkatkan Minat Membaca Buku
7 Tips Menyapih Anak
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
Tips Merebus Telur yang Baik
Resep Aneka Olahan Singkong
Nikmatnya Pangsit Kuah Hangat Buatan Sendiri
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga